Jaga Ketersediaan Ikan Konsumsi, Bupati Samosir Tabur 35000 Benih Ikan di Salaon -->

VIDEO

Jaga Ketersediaan Ikan Konsumsi, Bupati Samosir Tabur 35000 Benih Ikan di Salaon

Radio samoir Green
Kamis, 30 September 2021

upati Samosir Vandiko Timotius Gultom

SAMOSIR, GREENBERITA.com -
Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom melakukan re-stocking benih ikan di Desa Salaon Tonga-tonga, Kecamatan Ronggurnihuta, Kabupaten Samosir Kamis 30 September 2021.


Pelaksanaan restocking ikan ini merupakan salah satu wujud pengelolaan perikanan di perairan umum daratan yang bertujuan untuk menjaga keberlanjutan sumber daya ikan dan meningkatkan ketersediaan ikan konsumsi di Danau Sipea-pea umum termasuk pea Sihombing dan pea-pea yang ada di Desa Salaon tonga-tonga yang dapat di manfaatkan masyarakat sekitar.


Hal ini disampaikan Bupati Samosir Vandiko Gultom usai melakukan penaburan 35000 benih ikan di Pea (danau, red) kebanggaan warga ini.


"Restocking ini bertujuan untuk meningkatkan persediaan ikan yang ada di Kabupaten Samosir termasuk untuk Desa Salaon Tonga karena ikan merupakan zat protein yang tinggi dan baik untuk anak-anak," ujar Vandiko Gultom.


Vandiko Gultom juga menghimbau kepada kepala desa dan masyarakat Salaon Tonga agar tidak memanen ikan sebelum empat bulan kedepan agar benih ikan berkembang biak.


"Adapun  benih ikan yang kita tabur hari ini adalah ikan jenis Nila yang berjumlah 35.000 benih ikan yang di sebarkan di Pea-pea yang ada di Desa Salon Tonga dan  merupakan dari APBD Kabupatenabupaten Samosir," jelasnya lagi.


Dalam pelaksanaan re-stocking ini turut hadir Bupati Samosir Vandiko Gultom, Camat Ronggurnihuta Sitor Silalahi, Kadis Ketapang, Asisten lll Lemen Manurung, Kadis Pertanian Junelis Sinaga, Kepala Desa Salaon Tonga serta unsur SKPD lainnya.


Turut hadir tokoh masyarakat, adat, agama dan tokoh-tokoh pemuda yang ada di Desa Salaon Tonga-tonga.


(Gb-ambosius12)

Loading...