Samosir Mulai Tandus, KSPS Tanam Ribuan Pohon di Tele -->

VIDEO

Samosir Mulai Tandus, KSPS Tanam Ribuan Pohon di Tele

angga sagala
Kamis, 30 September 2021

Ketua KSPS Ria Gurning

SAMOSIR, GREENBERITA.com || 
Maraknya penebangan pohon di Kabupaten Samosir menyebabkan semakin tandusnya alam terutama bebukitannya.

Menyikapinya, KSPS Samosir (Komunitas Samosir Peduli Sesama) melakukan penanaman pohon di 5 titik disekitaran Tele yang dianggap curam dan mulai kosong pepohonan nya yaitu Simpang Sianjurmula, Simpang Gotting, Simpang Halambean, Dolok Bumi Bersaudara dan Pinus Wisata Tele.

Pernyataan itu disampaikan Ketua KSPS Samosir, Ria Gurning ketika menyampaikan sambutannya sebelum melakukan penanaman di Simpang Gotting, Desa Harian Boho, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Kamis 30 September 2021.

"Menyikapi semakin tandusnya Samosir khususnya disekitaran Tele, kita bersama-sama melakukan 6000 pohon disekitaran Tele serta daerah lainnya di Samosir kita ini," ujar Ria Gurning.

Menurutnya, kegiatan penanaman ini adalah bentuk seremonial dan merupakan puncak dari penanaman dari kegiatan yang sudah dilakukan sebelumnya.

"Sebelum kegiatan hari ini, 5000 pohon lainnya sudah ditanami oleh teman teman OKP seperti PBB, FBI, IWO dan lainnya," terang Ria Gurning.

Ketua DPC PBB Samosir Roland Sitanggang sebagai pelaksana kegiatan menyatakan bahwa seluruh pemuda Batak bersatu di Kabupaten Samosir dikerahkan untuk melakukan penanaman.


"Dari awal kita mendorong ketua KSPS Samosir Kak Ria untuk mengusahakan bibit yang berbuah untuk ditanami sebagai bagian penghijauan di Samosir," ujar Roland Sitanggang.

Ketua Bhayangkari PC Samosir, Kejari Samosir dan seluruh stakeholder lakukan penanaman pohon di sekitaran Tele, (30/9/2021)

Sementara itu, Kasubagmin Kejari Samosir Renalto Situmorang mengamini kenyataan bahwa saat ini Samosir memerlukan lebih banyak pohon untuk ditanami.

"Secara tersirat kita melihat memang Samosir saat ini sangatlah memerlukan lebih banyak lagi pepohonan untuk ditanam agar Samosir lebih asri," jelas Renalto Situmorang.

Sementara itu, Ketua Bhayangkari PC Samosir, Yuli Josua Tampubolon br Nainggolan menyambut baik kegiatan KSPS Samosir dan siap bersinergi.

"Terimakasih atas undangannya dan segala kegiatan yang membuat Samosir lebih baik, kami siap bersinergi dan membantu KSPS," ujar Yuli Nainggolan.

Sementara itu, Bupati Samosir diwakili Kadis Pariwisata Samosir Dumosch Pandiangan mengapresiasi kegiatan yang sudah dilakukan penanamannya beberapa waktu lalu.

"Kegiatan ini bukan hanya sekedar penanaman tapi lebih kepada niat mulia untuk Samosir yang lebih baik sehingga ketika Samosir lebih hijau maka akan semakin lebih meningkatkan kenyamanan wisatawan ke Samosir," pungkas Dumosch Pandiangan sekaligus membuka resmi kegiatan penanaman 6000 pohon oleh KSPS Samosir.

Bersama perwakilan Kajari Samosir Renalto Situmorang, ibu Bhayangkari dan PBB melakukan penanaman pohon.

KSPS menggandeng berbagai stakeholder dari mulai Kadis Lingkungan Hidup Samosir, Sudion Tamba, Kesbangpol Samosir, Kabid Dinas Budpora Samosir Pascha Aprini Anggina Manihuruk, Kabid PSP Dinas Pertanian, Torris Naibaho, Sekretaris Kecamatan Harian, Naibaho, Babinsa Koramil Harian, SMA Sianjurmula, Keluarga Besar Tuktuk Bersatu, organisasi perempuan Siboru Toba dan organisasi pemuda DPC PBB Samosir.

(GB-ferndt01)

Loading...