Notification

×

Iklan

Iklan

Erupsi Lagi, Ketinggian Kolom Abu Sinabung Capai 2.100 Meter

14 Agu 2020 | 11:35 WIB Last Updated 2020-08-14T08:03:53Z


Gunung Api Sinabung yang tampak kembali erupsi pada Jum'at pagi (/foto : ist)

KARO, GREENBERITA.com || Geliat Gunung Api Sinabung di Kab. Karo, Sumatera Utara, masih terus berlangsung. Hingga Jumat pagi (14/8), aktivitas gunung setingi 2460 mdpl itu, masih cukup tinggi.

Hal itu dibuktikan erupsi yang terjadi secara terus menerus. Catatan Pos Pengamatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), erupsi masih terjadi pada pukul 10.30 WIB tadi.

"Tinggi kolom abu teramati lebih kurang 2.100 m di atas puncak atau sekitar 4.560 mete4 di atas permukaan laut. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang condong ke arah tenggara dan selatan. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 64 mm dan durasi ± 1 menit 40 detik," papar Armen Putra, Kepala Pos Pengamatan via grup whatsapp.

Atas situasi tersrbut, Armen terus menerus menyampaikan bahwa saat ini Gunung Sinabung berada pada Status Level III (Siaga) dengan rekomendasi:
1. Masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.
2. Jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.
3. Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di G. Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar. (Fai)