Notification

×

Iklan

Iklan

Jelang Pemilu, Kapolres Samosir Pimpin Apel Pergeseran Pasukan Operasi Mantap Brata Toba

12 Feb 2024 | 11:20 WIB Last Updated 2024-02-12T04:20:19Z
 
Kapolres  Samosir AKBP Yogie Hardiman, SIK, MH Melaksanakan Apel Pergeseran Pasukan Operasi Mantap Brata Toba (12/02/24)

GREENBERITA.com- Menjelang pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Samosir, Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman, SIK, MH menggelar Apel Pergeseran Pasukan Operasi Mantap Brata Toba 2023 - 2024 pada Senin, 12 Februari 2024 di Lapangan Mako Polres Samosir. 

Menurut Kapolres Samosir, kegiatan ini digelar sebagai bagian akhir persiapan pengamanan Pemungutan Suara Pemilu Tahun 2024 di Wilayah Kabupaten Samosir.

"Pengamanan pemungutan dan penghitungan Suara hingga Rekapitulasi Suara Adalah Tahapan Pemilu Serentak Tahun 2024 yang memiliki nilai yang spesifik dalam pesta demokrasi. Petugas Polri dituntut mencegah potensi rawan yang ada di sekitar area TPS sehingga tidak menjadi gangguan nyata yang dapat mengganggu stabilitas Pemilihan Umum Serentak 2024 yang berdemokrasi dan berkualitas," ujar AKBP Yogie Hardiman. 

Hal yang perlu digarisbawahi dan merupakan kewajiban petugas Polri dalam pengamanan TPS, termasuk langkah-langkah pengamanan, penggunaan seragam, serta prioritas keamanan wilayah TPS.

"Pengamanan dilakukan di 465 TPS dengan kekuatan personel 93 orang dari Polres Samosir dan 37 orang dari BKO Polda Sumut," ujar AKBP Yogie Hardiman. 

Langkah ini diambil untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas yang mungkin terjadi selama pelaksanaan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024. Selain itu, personel Dalmas juga disiagakan di dua wilayah, yakni di Kecamatan Pangururan dan Kecamatan Palipi.

"Pelaksanaan Apel Pergeseran Pasukan Operasi Mantap Brata Toba 2023 - 2024 adalah tahapan terakhir persiapan kita dalam melaksanakan pengamanan Pemungutan Suara Pemilu Tahun 2024. Kita akan lanjutkan dengan pengamanan pendistribusian logistik pemilu dari gudang logistik KPU Kabupaten Samosir ke masing-masing PPK se Kabupaten Samosir," pungkas Kapolres Samosir.

Dalam apel tersebut, hadir Waka Ops Res Karendal Ops, para Kasatgas, Personil Dalmas / Personil Siaga Wilayah, serta seluruh personel pengamanan di PPK dan TPS wilayah hukum Polres Samosir. 

Kapolres Samosir tampak menyerahkan tas perlengkapan kepada seluruh petugas pengamanan TPS.

Usai apel, dilakukan pemeriksaan kesehatan terhadap personel pengamanan Pemungutan Suara Pemilu 2024 di wilayah Kabupaten Samosir, disertai dengan penyerahan multi vitamin dan obat.




(Gb-Ribka05)