Notification

×

Iklan

Iklan

Eks Menko Kemaritiman Rizal Ramli Meninggal Dunia. Akibat Kanker Pankreas Stadium 4

3 Jan 2024 | 02:13 WIB Last Updated 2024-01-02T19:19:01Z

 

Rizal Ramli meniggal karen akanker pangkreas stadium4

GREENBERITA.com-Eks Menko Kemaritiman Rizal Ramli meninggal dunia. Rizal meninggal di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat akibat mengidap Kanker Pankreas stadium 4 yang dideritanya pada Selasa (2/1/2023)


 Pukul 11.49 WIB, suasana rumah duka mendiang Rizal Ramli yang berada di Jalan Bangka IX, Jakarta Selatan tampak ramai didatangi oleh sahabat dan kerabat. Diantaranya politisi senior PDI Perjuangan, Hendrawan Supratikno dan Beathor Suryadi.


Kemudian juru bicara Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid, Adhie M Massardi, Ketua Umum KSPSI Jumhur Hidayat, Aiman Witjaksono, Ekonom Ichsanuddin Noorsy, Budayawan Eros Djarot, hingga Aktivis Eggi Sudjana di kutip dari detikcom


Sahabat Rizal, Eggi Sudjana mengaku sudah mengetahui kondisi sakit yang diderita sahabatnya. Dia menilai sosok Rizal sebagai tokoh oposisi yang tegas.


"Baru denger tadi (meninggalnya) sehingga ke sini (rumah duka). Padahal dia sudah sakit dua bulan katanya, tapi nggak ada yang tau karena amanah keluarga jangan dikasih tau," kata Eggi Sudjana kepada wartawan di rumah duka.


"Kita patut berduka karena orang yang berani oposisi terang-terangan kan Pak Rizal. Tegas, jelas. Kita sangat sedih, kita sangat kehilangan beliau. Tokoh demokrat yang sangat dibanggakan. Bang Rizal yang saya kenal istiqomah, pemberani dan tidak pernah menjilat," sambung Eggi.


Sementara, Hendrawan Supratikno, mengaku masih menjalin komunikasi melalui pesan singkat dengan almarhum Rizal Ramli pada bulan November 2023. Dia pun merasa kaget dengan kabar kepergian Rizal.


"Kemudian terakhir tahun ini saya bertemu Pak Rizal Ramli bulan Maret 2023 dan masih bertukar WA sampai November 2023, kepergiannya cukup mengejutkan saya," ungkap Hendrawan.


Hingga saat ini, kondisi rumah duka almarhum Rizal Ramli pun banyak mendapat kiriman bunga. Mulai dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar hingga Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.


Seperti diketahui, Rizal Ramli menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Kabar Rizal Ramli meninggal dunia itu diketahui dari pesan singkat keluarga. Rizal Ramli meninggal pada malam ini pukul 19.30 WIB.


"Telah berpulang, bapak/kakek/mertua kami, Rizal Ramli pada tanggal 2 Januari 2024 pukul 19.30 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Kami segenap keluarga memohon maaf jika ada kesalahan beliau selama hidupnya," demikian bunyi pesan singkat tersebut.


Staf Rizal Ramli, Tri Wibowo Santoso, mengungkap Rizal Rami telah menjalani perawatan di RSCM hampir 2 bulan.


"Hampir 2 bulan," kata Tri saat dihubungi, Selasa (2/1/2024).


Tri lantas mengungkap sakit yang diidap Rizal Ramli. Dia mengatakan Rizal Ramli mengidap kanker pankreas stadium 4.


"Karena kanker pankreas stadium 4," ujarnya.


(GB-RizalDM04)