Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Samosir dan Lamhot Sinaga Dampingi Kadep Marturia Resmikan Gedung Sopo dan Gereja Bolon HKBP Pangururan

26 Des 2023 | 20:02 WIB Last Updated 2023-12-26T16:24:16Z


GREENBERITA.com- Bupati Samosir, Vandiko Timotius Gultom bersama Anggota DPR RI Lamhot Sinaga menghadiri Natal hari kedua di Gereja HKBP Bolon Pangururan, Selasa (26/12/2023). 


Perayaan Natal kedua, HKBP Pangururan dirangkai dengan peresmian Gedung Gereja Bolon setelah dibangun kembali pasca kebakaran pada tahun 2011, serta peresmian Sopo Bolon HKBP yang ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh Kepala Departemen Marturia Pdt. Daniel Taruli Asi Harahap didampingi Bupati Samosir dan Lamhot Sinaga serta pengurus Gereja Bolon. 


Setelah peresmian, dilanjutkan dengan Perayaan Natal II dengan renungan dibawakan Kepala Departemen Marturia Pdt. Daniel Taruli Asi Harahap dengan mengangkat Nats Alkitab dari Psalmen 96:1-13. 


Pdt. Daniel Taruli Asi Harahap menyampaikan 3 hal penting dalam pesta Natal kedua, yang pertama mengajak seluruh jemaat HKBP untuk bernyanyi, memuji dan memuliakan Tuhan dari segenap hati yang palingkan tulus, karena Tuhan sudah melepaskan manusia dari dosa dan kematian dengan kelahiran Yesus. 


"Jika kita percaya maka akan sanggup melawan dosa. Tuhan telah menyerahkan hidupnya sendiri, kehidupan yang tidak pernah berakhir, " pesan Daniel.


Kedua, mengajak jemaat HKBP untuk menyembah dan memuliakan Tuhan serta memberikan persembahan sebagai ucapan syukur atas dosa yang sudah ditebus.


Dan yang ketiga, menjadi saksi bahwa Kristus telah lahir di Betlehem, yang sudah mati menebus dosa manusia. Menjadi penyebar firman Tuhan dalam kehidupan sehari-hari baik dalam kehidupan rumah tangga, menjadikan rumah tangga sebagai ibadah. 


"Pesta Natal sangat penting, karena dengan kelahiran Yesus kita akan menerima kehidupan yang kekal. Tidak terbalaskan apa yang diberikan Tuhan melalui anaknya Yesus Kristus. Untuk itu jemaat HKBP jangan lagi malas-malasan bernyanyi, bernyanyilah memuji Tuhan," kata Daniel Taruli Asi Harahap.


Diakhir Khotbahnya, Pdt. Daniel mengajak jemaat Gereja Bolon untuk menjaga kebersihan sebagai satu tanda terima kasih berdirinya kembali HKBP ini.


"Dan mendukung kepariwisataan Kabupaten Samosir sehingga orang yang datang ke Samosir akan mampir dan berdoa berterima kasih kepada Tuhan di Gereja Bolon," pungkas Pdt. Daniel Taruli Asi Harahap. 


Sementara itu, Bupati Samosir atas nama Pemerintah Kabupaten mengucapkan selamat atas pesta syukuran HKBP ini dan grand opening Sopo Bolon HKBP. 


"Bisa berdiri megah, harus disyukuri, dengan gereja yang megah, pengingat bagi kita semua untuk meningkatkan iman. 


Gereja megah maka iman juga harus sebanding didepan Tuhan, " ujar Bupati Samosir, Vandiko Gultom . 


Bupati Samosir kembali mengajak jemaat Kristen di Kabupaten Samosir khususnya jemaat gereja Bolon untuk meningkatkan ibadah dalam gereja. 


"Guna mengantisipasi degradasi kehadiran jemaat di gereja," jelas Vandiko. 


Sebagai pimpinan daerah, Vandiko Gultom mengatakan ia tidak membeda-bedakan gereja, berkunjung dan beribadah pada gereja di Kabupaten Samosir secara bergiliran dan telah mengintruksikan jajarannya untuk beribadah dan menjadi contoh ditempat masing-masing sebagai tanggung jawab meningkatkan partisipasi jemaat untuk beribadah. 


"Selamat Natal untuk kita Semua, Tuhan Yesus telah lahir, damai natal dan semoga sukacita Natal ada dalam hati kita. Selamat datang di Samosir bagi para perantau, selamat berkunjung bersama keluarga dan semoga Tuhan melindungi dan kembali ke Tanah Rantau" ucap Vandiko 


Terkait event nasional Pemilu 2024, tak luput Bupati Samosir mengajak seluruh masyarakat untuk ikut serta menyukseskan, menggunakan hak pilih guna menentukan kesejahteraan kedepannya. 


"Saya titip 3 pesan yakni jaga pikiran dalam menentukan pilihan, Jaga Mulut dan jaga jari-jari, ingat Samosir sebagai titik awal Peradaban Batak, mari kita jauhkan fitnah dan hoax dalam menentukan pilihan," tutup Vandiko Gultom. 


Sementara itu, Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Lamhot Sinaga memberiku apresiasi kepada seluruh jemaat HKBP di Samosir khususnya HKBP Bolon Pangururan. 


"Pembangunan Sopo Bolon HKBP seperti ini sangat baik untuk pertumbuhan pelayanan gereja kedepannya sehingga dapat lebih mandiri untuk melayani seluruh jemaat nya," ujar Lamhot Sinaga. 



Turut hadir Asisten I Tunggul Sinaga dan para pimpinan OPD, Anggota DPRD Kabupaten Samosir, Nasib Simbolon, Polma Gurning, Parluhutan Sinaga, Forkopimda Kab. Samosir, Praeses Distrik VII Samosir, Pdt. Rein Justin Gultom, Pendeta Resort HKBP Pangururan, Pdt. Frans Vevo Hutajulu, Camat Pangururan, Robintang Naibaho dan Guru Huria Fulltimer serta Jemaat Gereja HKBP Bolon. 


(Gb-Alek01)