Notification

×

Iklan

Iklan

Banjir Rusak Puluhan Hektar Tanaman Siap Panen di Sianjurmula, Bupati Samosir Perintahkan Kadis ke Lapangan

25 Nov 2023 | 17:08 WIB Last Updated 2023-11-25T10:15:32Z

Banjir Rusak Puluhan Hektar Tanaman Siap Panen Petani Sianjurmula, Bupati Samosir Perintahkan Kadis Turun ke Lapangan (24/11/2023)


GREENBERITA.com- Hujan lebat dan banjir kembali melanda pertanian para petani di Kecamatan Sianjurmula-mula Kabupaten Samosir pada Jumat dini hari, 24 November 2023.

Sekitar 10 hektar lahan petani yang siap dipanen seperti padi, cabai dan jahe serta lainnya rusak dihantam banjir sehingga terancam tidak dapat dipanen Kembali.


Kesedihan para petani semakin lengkap karena sejak banjir bandang di Kecamatan Harian yang turut menerpa pertanian masyarakat Kecamatan Sianjurmula-mula beberapa waktu lalu sampai saat ini (Jumat 24 November 2023) belum ada dikunjungi penyuluh pertanian Dinas Pertanian Samosir serta dari Kantor Camat Sianjurmula-mula untuk melakukan pendataan kerusakan lahan para petani.


"Dari mulai banjir bandang yang menimpa Sihotang kan sampai juga ke Sianjurmula sampai banjir hari ini, penyuluh pertanian Dinas Pertanian Samosir tidak hadir mendampingi kami dan mendata kerusakan pertanian kami, nggak taulah kalau sudah naik berita ini nanti ya," ujar Ruslan br Pardede, salah satu petani yang dikenal kritis tentang lingkungan dan pertanian warga.


Para petani juga mengklaim bahwa banjir yang melanda pertanian warga 2 kali berturut-turut ini diduga diakibatkan penebangan pohon yang dilakukan PT Toba Pulp Lestari atau TPL di daerah Tele serta penderesan pohon pinus oleh orang yang tidak bertanggungjawab.


"Penebangan PT TPL di Tele dan penderesan Pohon Pinus yang merusak pohonnya disekitar bebukitan Sianjurmula ini kami duga sebagai penyebab banjir ini selain semakin menyempit nya anak sungai di lahan pertanian warga," tambah Ruslan Pardede.


Anggota DPRD Samosir Jhony Sagala yang langsung turun ke Pertanian warga ketika dikonfirmasi greenberita berjanji akan menyampaikan persoalan ini kepada Pemerintah Kabupaten Samosir.


"Bila rakyat bersehati, kita siap menurunkan alat berat untuk memperlebar dan perdalam sungai dengan alat berat sambil membersihkan sampahnya," tegas Jhoni Sagala.


Terpisah, ketika dikonfirmasi kepada Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom usai memberangkatkan Pj Gubernur Sumatera Utara ke Balige pada Sabtu, 25 November 2023, mengaku terkejut dan langsung mengkonfirmasi kepada Kadis Petanian Samosir Tumiur Gultom yang kebetulan ada disampingnya dan membenarkan informasi tersebut.


"Wah, ini harus segera ditindaklanjuti, saya minta Bu Kadis untuk turun langsung ke lapangan dan membantu para petani di Sianjurmula ya," perintah Bupati Samosir Vandiko Gultom kepada sang kadis.


Dirinya juga meminta Dinas Pertanian mencarikan solusi membantu para petani yang hasil pertaniannya rusak karena Banjir tersebut.


"Tolong upayakan untuk bisa membantu petani di sana ya, apalagi ini sudah menjelang Natal dan Tahun Baru," ujar Vandiko Gultom. (Gb-Ferndt01)


Simak pernyataan lengkapnya di reportase YouTube GreenberitaTv Channel berikut ini,