Notification

×

Iklan

Iklan

JAM dan Semangatnya Sejahterakan Rakyat sebagai 'Anak Guru dari Desa'

25 Nov 2023 | 17:21 WIB Last Updated 2023-11-25T10:21:08Z



GREENBERITA.com- Hari Guru diperingati setiap 25 November di seluruh Indonesia.

Salah satu cara untuk memperingatinya adalah dengan membagikan ucapan Hari Guru Nasional 2023.


Bicara penghargaan kepada jasa para guru, tak ketinggalan kisah inspiratif seorang anak guru yang terus memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para guru di Indonesia khususnya masyarakat guru di Kawasan Danau Toba.



Kisah Inspiratif tersebut adalah 

drh. Jhoni Allen Marbun atau sering disapa JAM, seorang 

"Anak Guru dari Desa."



Mantan Birokrat dan Politisi Senior yang pernah menjabat 4 Periode sebagai Anggota DPR RI ini mengatakan bahwa Kebanggaan dirinya yang terdalam adalah sebagai Anak Guru dari salah satu desa di Kabupaten Samosir


"Kenangan yang paling melekat dalam pikiran saya adalah sosok ayah yang merupakan guru sekolah dasar dan ibu seorang parengge-rengge, tapi terus bekerja keras untuk menyekolahkan kami," ujar Jhoni Allen Marbun.



Alasan bahwa "Anak Guru dari Desa" begitu melekat dengan sosok JAM, karena itu menimbulkan semangat yang terus menyala di sanubari nya sehingga terus menggunakan tagline ini dalam perjuangan Politik untuk mensejahterakan para guru ketika dirinya menjadi seorang anggota DPR RI selama 4 periode.


Bagaimana Perjalanan kehidupan Pak JAM dari masa kecil hingga saat ini? 


Jhoni Allen Marbun bersekolah di SD Teladan Negeri 2 Pangururan Samosir (1973) kemudian berlanjut ke SMP Negeri 2 Pangururan Samosir (1976) dan SMA Negeri 4 Medan (1979).


Ia meraih gelar dokter hewan di Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (1984). 


JAM lalu meraih gelar Magister Manajemen di Pascasarjana IPWI Jakarta (2000).


Dari buah pernikahannya dengan Sara Silalahi, Jhoni Allen dikaruniai tujuh orang anak. Anak pertama, perempuan bernama Ramoti, anak kedua laki-laki bernama Daniel Ranbon, anak ketiga dan Joshua yang merupakan Alumni Taruna Akpol.


Lalu ada Lidya dari Fakultas Kedokteran Universitas UPNVJ, lalu Hanna dan anak bungsu bernama Gong Xi, seort anak laki-laki yang lahir bertepatan dengan Gong Xi Fat Cai.



Sebagai Politisi Senior, dibenak seorang JAM adalah bagaimana Pembangunan Bangsa dan Negara khususnya Provinsi Sumatera Utara dan terkhusus lagi Kawasan Danau Toba mampu mensejahterakan rakyatnya.


Selama 4 Periode sebagai Anggota DPR RI, JAM dikenal luas sangat memperjuangkan BSPS atau Bedah Rumah, Jaringan Irigasi Masyarakat Petani melalui program P3TGAI, Pembangunan Jalan dan Infrastruktur antar Desa melalui Program PISEW dan Kotaku, getol memperjuangkan pembangunan Jalan Lingkar Luar Danau Toba yaitu Jalan Menuju Sibea-bea, Sihotang, Sabulan, Baktiraja menuju Bandara Silangit dari sisi Danau Toba.


JAM juga dikenal luas memperjuangkan pembangunan Radar Iklim dan Cuaca di Danau Toba untuk keperluan Penerbangan dan Pertanian.


Keberpihakannya pada pedagang kecil sangat terlihat pada misinya, seperti mendorong pembangunan pasar termasuk mendesak pemerintah pusat memperbaiki pembangunan Pasar Balerong Balige yang sempat mendapat protes dari pedagang namun akhirnya memberikan kebaikan kepada warga.


Dia begitu banyak memperjuangkan pembangunan jembatan gantung untuk keperluan petani dan masyarakat di Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara dan Kepulauan Nias.


Tercatat, total Bedah Rumah yang telah di Perjuangan Jhoni Allen Marbun adalah sebesar 12.056 Unit di Dapil Sumatera Utara II.


Tentang perkembangan pembangunan Kawasan Danau Toba, JAM selalu berpikir apa yang jadi prioritas untuk benahi.


Presiden Jokowi dan Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan (LBP) pernah mengajak JAM meresmikan Jalan Lingkar Luar Balige serta Peresmian Dermaga di Danau Toba dan peresmian fasilitas untuk mendukung Pariwisata Danau Toba di Samosir, Humbahas dan Toba.


Merupakan sebuah kehormatan bagi JAM diajak bersama dalam kunjungan presiden, sesuatu hal yang tak pernah terjadi di masa pemerintahan SBY padahal JAM sangat dekat bahkan salah satu pendiri partai yang mengusung dan mendukung SBY.


Guna menuntaskan perjuangan untuk masyarakat yang tertunda, saat ini Partai Golkar menjadi pilihan Partai Politik JAM.


Perjuangannya yang paling menonjol saat ini adalah bagaimana berbuat untuk peningkatan kesejahteraan Guru atau bahkan Pensiunan Guru



"Semangat yang tulus untuk kebaikan rakyat menjadikan nya tetap senantiasa bugar dan termotivasi," ujar Jhoni Allen Marbun.



Selamat Hari Guru_