Notification

×

Iklan

Iklan

Pelantikan Pengurus Maporina, Parlindungan Purba: Tanaman Pupuk Organik Lebih Sehat dan Untungkan Petani

6 Okt 2023 | 09:15 WIB Last Updated 2023-10-06T06:50:48Z
Tokoh Masyarakat Sumatera Utara Dr Parlindungan Purba


GREENBERITA.com - Tokoh Masyarakat Sumatera Utara Dr Parlindungan Purba menyatakan bahwa penggunaan pupuk organik pada tanaman dapat menghasilkan buah yang sehat dan menguntungkan Petani.


Pernyataan tersebut disampaikan Dr Parlindungan Purba pada pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Masyarakat Pertanian Organik Indonesia (Maporina) Kabupaten Simalungun pada Kamis (5/10/23) di Nagori Rukun Mulyo, Kecamatan Panombeian Panei, Kabupaten Simalungun.


Menurut Anggota DPD RI periode 2004-2019 ini menyatakan bahwa tanaman dengan pupuk organik sangat dibutuhkan masyarakat , selain sehat relatif juga lebih hemat.


"Dan ini sangat menguntungkan pata petani, karenanya perlu ada payung hukum seperti di Bali telah ada Perda tentang tanaman organik, kita usulkan supaya ada di Sumatera Utara," ujar Parlindungan Purba.


Sementara itu, Pangulu Rukun Mulyo Fitria Siallagan mengatakan bahwa pertanian organik berpengaruh kepada kehidupan masa depan. Kesadaran akan kesehatan, ekologi, keadilan, dan kepedulian menjadi kesadaran baru masyarakat.


“Saya atas nama Pemerintah Nagori Rukun Mulyo, mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh panitia dan seluruh pihak yang terkait, sehingga acara berjalan dengan sukses dan lancar,” ujar pangulu yang termasuk termuda dilantik pada Juni 2023 lalu.


Selain itu, Fitria juga berharap kepada seluruh yang terlibat di dalam Maporina dapat mengajak generasi muda untuk turut mengembangkan pertanian berkelanjutan. 


“Semoga itu dimulai dari Nagori Rukun Mulyo,” tandasnya.


Fitria juga menyampaikan terimakasih  kepada Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga beserta seluruh rombongan dan tokoh masyarakat yang bersedia meluangkan waktu untuk hadir pada kegiatan tersebut.


“Selamat atas dilantiknya seluruh pengurus DPD Maporina yang diketuai Arbanus Sinaga. Semoga selalu sukses dalam membangun pertanian organik menjadi lebih baik lagi,” tutupnya.


Tampak hadir Bupati Simalungun Radiopoh Sinaga, Bupati Serdang Bedagai 2014-2020 Soekirman dan Anggota DPRD Provinsi Sumut Gusmiyadi, Calon Anggota DPD RI perwakilan Sumut Parlindungan Purba, Rektor Universitas Simalungun Sarintan Damanik, beserta tokoh-tokoh lainnya.



(Gb-Ferndt01)