Notification

×

Iklan

Iklan

Rektor USU Sah jadi Profesor, Pj Sekda Samosir: Semoga Dukungan IPTEK ke Samosir Meningkat

6 Mar 2023 | 17:15 WIB Last Updated 2023-03-06T12:55:14Z

Pj Sekda Samosir Waston Simbolon hadiri Pengukuhan Rektor USU Dr Muryanto Amin sebagai Profesor di Auditorium USU


GREENBERITA.com- Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si dikukuhkan sebagai Guru Besar pada Fakultas Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara (USU) di gedung Auditorium kampus ini pada Senin, 6 Maret 2023.


Rektor USU yang ke-16 itu resmi menyandang gelar akademik profesor berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI.


"Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI Nomor 6307/M/07/2023," jelas Wakil Rektor I, Edy Ikhsan.


Pada pengukuhan tersebut, Prof.Muryanto menyajikan pidato berjudul 'Politik Digital: Transformasi Partai Politik menjadi Organisasi Partai di Era Digital untuk Penguatan Demokrasi'.


"Kecepatan perubahan peradaban itu terjadi karena kemajuan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. Mencermati kondisi tersebut, mengharuskan Presiden Jokowi, selalu menyampaikan pesan tentang pentingnya kesiapan Indonesia menghadapi digitalisasi," ujar Muryanto.


Dekan FISIP USU 2016-2021 itu juga mengatakan transformasi partai politik menjadi organisasi partai di era digital.


"Tidak hanya diperlukan untuk memberi penguatan kelembagaan partai menjalankan fungsinya tetapi sekaligus memperkuat demokrasi di Indonesia," katanya.


Dengan adanya pengukuhan itu, maka hari ini USU telah memiliki 139 guru besar aktif. 


Pengukuhan itu dihadiri pejabat publik seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo; Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Wagub Sumut Ijeck; Wali Kota Medan Bobby Nasution dan Pj Sekda Samosir Waston Simbolon.


Secara khusus Waston Simbolon memberikan apresiasi atas pengukuhan seorang rektor yang masih dibawah usia 50 tahun ini menjadi seorang profesor.


"Kita apresiasi beliau yang masih dibawah usia 50 tahun sudah menjadi rektor dan menyandang gelar profesor," jelas Waston Simbolon.


Dirinya berharap kedepannya kerjasama USU dengan Pemkab Samosir semakin terjalin dengan dukungan yang lebih baik untuk kebaikan masyarakat.


"Terutama penerapan ilmu dan teknologi di bidang pariwisata dan pertanian di Kabupaten Samosir," pungkas Waston Simbolon.


(Gb-Ferndt01)