Notification

×

Iklan

Iklan

Serahkan Bansos di Onan Runggu, Vandiko Gultom: Semoga Dapat Perkuat Daya Beli Masyarakat

14 Des 2022 | 21:20 WIB Last Updated 2022-12-14T14:20:02Z
GREENBERITA.com- Bupati Samosir Vandiko Timotous Gultom, ST menyerahkan secara simbolis Bantuan Sosial Dampak Inflasi Kenaikan BBM di Kantor Kecamatan Onan Runggu dan Kantor Kecamatan Nainggolan pada Selasa (13/12/2022).

Penyaluran bantuan sosial sebanyak 119 penerima se-Kecamatan Onan Runggu dan sebanyak 345 penerima Se-Kecamatan Nainggolan. Adapun besaran bantuan yang diberikan adalah sebesar Rp. 150.000/bulan diserahkan sekaligus selama 3 bulan (Oktober, November, Desember) dengan total sebesar Rp. 450.000 per penerima.

Mewakili Forkopimda, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Samosir Tulus Tampubolon, menyampaikan bahwa pihaknya mengapresiasi Pemkab Samosir yang telah melibatkan Kejaksaan Negeri Samosir dalam penyaluran bansos ini, mulai dari mendampingi validasi data untuk penerima bantuan sampai dengan penyaluran Bantuan Sosial kepada penerima manfaat.

"Kami pastikan bahwa penyaluran bansos ini sudah sesuai aturan yang berlaku dan data penerima bantuan tidak ada yang ganda", kata Tulus Tampubolon. 

Dirinya berharap agar penerima bansos dapat memanfaatkan sebaik-baiknya untuk kebutuhan sehari-hari.

Senada dengan hal tersebut, mewakili Dandim 0210/TU Danramil Pangururan Kapten Inf. Sugino menyampaikan agar masyarakat penerima dapat mempergunakan bantuan ini untuk keperluan rumah tangga. 

"Jangan dipergunakan untuk mabuk-mabukan, apalagi bermain judi", tegas Danramil Pangururan Kapten Inf. Sugino. 

Bupati Samosir Vandiko Gultom, ST dalam arahannya menyampaikan bahwa dalam rangka pengendalian dan antisipasi dampak kenaikan harga BBM beberapa waktu yang lalu Pemerintah pusat maupun daerah melaksanakan berbagai kebijakan strategis agar dampak inflasi di daerah dapat diantisipasi untuk melindungi kelompok masyarakat rentan dan menjaga daya beli masyarakat, salah satunya dengan pemberian bantuan sosial.

"Pergunakanlah bantuan ini sebaik mungkin. Apalagi ini suasana menyambut Nataru, kiranya bantuan ini dapat bermanfaat dalam meringankan permasalahan ekonomi untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari", ujar Vandiko Gultom. 

Bupati menambahkan, bahwa selama libur Natal dan Tahun Baru ini, diprediksi kunjungan wisatawan dan perantau akan membludak, dan pandemi Covid-19 belum sepenuhnya pulih. 

"Oleh karenanya diminta kepada seluruh Kepala Desa dan Camat agar betul-betul mengawasi terutama pendatang yang datang berkunjung, jika belum vaksin agar dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapat vaksinasi," tambah Vandiko Gultom. 

Pada hari yang sama, Selasa (13/12), juga disalurkan Bansos Dampak Inflasi Kenaikan BBM di Kecamatan Palipi kepada 225 penerima dan di Kecamatan Sitiotio sebanyak 105 penerima.

Hadir pada kegiatan tersebut didampingi Kasi Intel Kejari Samosir Tulus Tampubolon, Danramil Pangururan Kapten Inf. Sugino, SAB Bidang Tata Kelola Pemerintahan Rudi SM. Siahaan, Inspektur Kabupaten Marudut Tua Sitinjak, Kepala BPBD Sarimpol Simanihuruk


(Gb-Aksel02)