Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Petani Cabe Sekitar PLTA Peusangan 88 MW Menuai Hasil Nyata Usai Mendapat Dukungan TJSL PLN

Kamis, 01 Desember 2022, 22:57 WIB Last Updated 2023-01-23T10:49:54Z

 


Aktivitas Kelompok Tani Kala Silih Nara di Aceh Tengah dalam membudidayakan cabe bantuan TJSL PLN/foto : ist


GREENBERITA.com-Takengon || Manfaat TJSL tahun 2022 Semester I untuk Program Budidaya dan Pelatihan Tanaman Cabe Kelompok Tani Kala Silih Nara yang disalurkan PLN UPP2 PLTA Peusangan di Kabupaten Aceh Tengah, menuai hasil nyata. 


Berkat keseriusan mereka mengelola bantuan TJSL  kelompok tani di Desa Semelit Mutiara, Kecamatan Silih Nara, Kabupaten Aceh Tengah, Prov Aceh yang mulai mandiri dan menikmatinya. 


Ketua Kelompok Tani Kala Silih Nara Sudirman menjelaskan, sebanyak 15 orang dari total keseluruhan 16 orang petani anggota kelompok, sangat termotivasi ketika PLN memberikan dukungan. 


"Hasil dari proses pelatihan, penyemaian, pembibitan dan penanaman yang telah diperoleh  dalam tempo 7 bulan berbuah hasil. Kami bisa memanen cabe yang kita tanam usai memahami semua tahapan tersebut," ungkapnya, Kamis (1/12/2022). 


"Alhamdulillah TJSL Bantuan Modal Usaha dan Pelatihan Penanaman Cabe Kelompok Tani Kala Silih Nara tahun 2022 sudah masuk masa panen. Mudah- mudahan bermanfaat bagi seluruh penerima manfaat. Kami sangat bersyukur," imbuhnya. 


Bahkan berkat bantuan PLN tersebut, lanjut Sudirman, hasil yang diperoleh turut mampu mendongkrak omset setiap kali musim panen tiba. 


"Dulu penghasilan petani cabe ini dibawah Rp10 juta perorang. Namun setelah ada bantuan TJSL PLN, omset kami melonjak tajam mencapai Rp50 juta perorang. Bahkan ada anggota kami yang mampu membeli sepeda motor baru secara tunai dari hasil cabe ini," tuturnya. 


Menanggapi hasil positif itu, Plt Asisten Manager Perijinan dan Umum PLN UPP2 Rizka Afri Kiniko mengaku sangat senang karena TJSL yang mereka salurkan bermanfaat bagi penerima. 


"Ini merupakan target kita. Apa yang kita berikan bisa bermanfaat bagi orang banyak dan mampu mendongkrak perekonomian penerima manfaat. Tentunya hal ini sangat menggembirakan," ucapnya. (Aa)

Iklan