Dinas Pertanian Kembangkan Kampung Buah, Vandiko Gultom Serahkan Bibit Alpukat -->

VIDEO

Dinas Pertanian Kembangkan Kampung Buah, Vandiko Gultom Serahkan Bibit Alpukat

Rabu, 23 November 2022



GREENBERITA.com- Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom didampingi Kadis Ketapang dan Pertanian Dr Tumiur Gultom dan Camat Onan Runggu menyerahkan 1.000 Bibit Alpukat kepada Kelompok Tani Satahi 2 di Desa Pardomuan Kecamatan Onan Runggu, Selasa (22/11/2022).


Program Pengembangan Kampung Buah Alpukat ini merupakan bantuan dari Ditjen Hortikultura Kementan RI TA. 2022. 


Adapun bantuan yang diserahkan adalah Bibit Alpukat 1.000 batang, Pupuk Trikoderma 150 Kg, Pupuk Organik 5,15 Ton, NPK 200 Kg dan Dolomit 1 Ton.


"Ini adalah bentuk nyata dari sinergitas yang kita bangun selama ini dengan Pemerintah Pusat, dalam hal ini Kementerian Pertanian", ujar Bupati Samosir Vandiko Gultom. 


Sebelumnya diberitakan Vandiko Timotius Gultom juga melakukan panen bawang merah varietas batu ijo bersama dengan Kelompok Tani Siriaon Desa Pardomuan, Kecamatan Onan Runggu, Sumatera Utara pada Selasa, (22/11/2022). 


Panen tersebut merupakan program Pemkab Samosir melalui Dinas Ketapang dan Pertanian dengan Kegiatan penumbuhan penangkar bawang merah APBD tahun 2022. 


"Sebelumnya Dinas Ketapang dan Pertanian memberikan bantuan berupa bibit penangkar bawang merah, dengan bibit tersebut kelompok tani Siriaon menghasilkan panen 28,35 ton/ha," ujar Kadis Ketapang dan Pertanian Samosir, Dr Tumiur Gultom. 




Sementara itu, Bupati Samosir, Vandiko Gultom berharap, hasil panen tersebut dapat digunakan untuk penangkar/bibit dan tidak untuk dikonsumsi. 


"Saya harap hasil panen ini dapat digunakan untuk pemenuhan bibit di Kecamatan Onan Runggu, semoga hasil panen dapat mensejahterakan petani, dan petani tidak lagi tergantung dari luar dan petani bisa jadi penangkar bibit untuk Kabupaten Samosir, "

jelas Vandiko Gultom. 


(Gb-Aksel02)

Loading...