Dari Mulai Raihan WTP dan Beasiswa, Ini Klaim Keberhasilan Bupati Samosir pada Pidato HUT RI ke-77 -->

VIDEO

Dari Mulai Raihan WTP dan Beasiswa, Ini Klaim Keberhasilan Bupati Samosir pada Pidato HUT RI ke-77

Kamis, 18 Agustus 2022

GREENBERITA.com- Bupati Samosir Vandiko Timotous Gultom, ST melakukan pidato resmi sebagai Inspektur Upacara pada peringatan hari Kemerdekaan Ke-77 Republik Indonesia tingkat Kabupaten Samosir di Tanah Lapang Pangururan, Rabu (17/08/2022). 

Turut hadir dalam upacara Wakil Bupati Samosir Drs. Martua Sitanggang, MM, Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon, MM, Ketua DPRD Kab. Samosir Sorta E. Siahaan, Kasdim 0210/TU Mayor Arh. AS Butar Butar SH, Kajari Samosir Andi Andikawira Putera, SH, MH, Pj. Sekda Hotraja Sitanggang, ST, MM, Kalapas Pangururan Julius Barus, SE, MH, Para SAB, Para Asisten Setda Kab. Samosir, Para Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Samosir, Para Kabag, Camat Pangururan, Pimpinan BUMD/BUMN, Ketua dan Wakil Ketua TP-PKK, DWP, Pimpinan Ormas dan OKP.

Dalam pidatonya, Bupati Samosir Vandiko Gultom, ST menyampaikan beberapa capaian keberhasilan dan prestasi yang diraih Pemkab Samosir.

"Dalam pelaksanaan program pengelolaan keuangan daerah Tahun Anggaran 2021, Pemkab Samosir mendapat penilaian dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)," ujar Bupati Samosir Vandiko Gultom. 

Pada bidang kesehatan, Pemkab Samosir meraih peringkat terbaik ketiga di Sumut sebagai penyelenggara imunisasi rutin dengan ketepatan dan kelengkapan laporan cakupan imunisasi. 

"Pada tanggal 22 Juli 2022 yang lalu, Pemkab Samosir mendapat piagam penghargaan dari Kementerian Kesehatan RI dalam kategori kabupaten yang telah mencapai target cakupan pelaksanaan bulan imunisasi nasional tahap I," tegas Vandiko Gultom. 

Pada bidang pendidikan, salah satu siswa dari Kabupaten Samosir yaitu Siswa dari SMPN 2 Pangururan meraih prestasi Juara 1 Se-Indonesia Lomba Menulis surat terbuka untuk Kapolri pada HUT Bhayangkara Ke-79 Tingkat SMP atas nama Carlo Sinurat. 

"Pada kegiatan FORNAS VI Tahun 2021 pada tanggal 4-5 Juli 2022 di Palembang, Kontingen Samosir meraih 1 medali Emas, 2 Perak san 1 Peringgu," tambahnya. 

Pada Tahun 2022 ini, Pemkab Samosir akan memberikan Beasiswa kepada siswa/i dan Mahasiswa berprestasi se-Kabupaten Samosir dengan jumlah total sebesar Rp. 3.700.000.000,- 

"Pada bidang pertanian, Kabupaten Samosir telah menetapkan lahan pertanian pangan berkelanjutan seluas 17.558 Ha di 9 Kecamatan. Pada tanggal 12 Agustus 2022, Pemkab Samosir telah melaksanakan Launching serentak di 6 kecamatan dengan kegiatan Pangula Na Ture "Bertani Selaras Alam" dengan aktifitas pembuatan dan penggunaan pupuk pestisida organik, pengaturan pola tanam berdasarkan kajian ilmiah dan kerafian lokal," jelas Vandiko Gultom. 

Pada kegiatan pembinaan kepada perempuan di desa, Pemkab Samosir meraih prestasi sebagai perempuan berjasa dan berprestasi di bidang pertanian dalam rangka memperingati Hari Kartini.

"Pada bidang Infrastruktur bahwa berbagai kegiatan strategis nasional yang kita laksanakan terintegrasi antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan Kabupaten Samosir sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP). Sampai dengan saat ini telah kita laksanakan pembukaan akses jalan deaa, pelebaran jalan desa dan peningkatan jalan melalui sertunisasi yaitu pembukaan jalan sepanjang 26.530 meter, pelebaran jalan sepanjang 13.900 meter dan sertunisasi sepanjang 20.565 meter yang tersebar di seluruh Kabupaten Samosir," ujarnya, 

Pada bidang Koperasi, UMKM, Tenaga Kerja dan Perindustrian Perdagangan, Kabupaten Samosir sejak Januari 2022, telah menerbitkan rekomendasi bagi pencari kerja ke luar negeri sebanyak 128. Telah menerbitakan juga surat keterangan kemampuan pelayanan tera dan tera ulang secara mandiri melalui kerjasama dengan pihak unit metrologi legal Provsu. Untuk meningkatkan sektor pariwisata, telah dilaksanakan pelatihan dalam pengembangan SDM pelaku UMKM.

"Pada tanggal 2 Pebruari 2022, Kabupaten Samosir telah meresmikan Revitalisasi Pembangunan Huta Siallagan dan Kampung Ulos Huta Raja oleh Presiden RI Joko Widodo. Dalam mendukung pembangunan pariwisata Samosir dengan melibatkan para pemuda dan masyarakat, kita telah meraih berbagai penghargaan antara lain Desa Wisata Huta Tinggi Kecamatan Pangururan meraih Desa Wisata Terbaik Nomor 5 di Indonesia kategori Konten Kreatif pada Anugerah Desa Wisata Indonesia yang ditetapkan Menparekraf," paparnya. 

Pada bidang kerjasama daerah, Pemkab Samosir telah dilaksanakan kerjasama dengan berbagai pihak sebanyak 11 perjanjian/ MoU, dengan tujuan dalam percepatan pembangunan Kabupaten Samosir.

"Pada bidang penyelenggaraan pemerintahan, Samosir meraih peringkat pertama dalam penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Sumatera Utara dengan Indeks SPBE 3,16," jelasnya bangga. 

Dalam bidang lingkungan hidup, Samosir ikut ambil bagian dalam rekor MURI penanaman spesies pohon terbanyak dan penanaman secara serentak di 23 Kebun Raya yang ada di Indonesia.

"Dalam bidang Inovasi, Pemerintah Kabupaten Samosir meraih Indeks Inovasi dengan Kategori INOVATIF dengan nilai 49,57," tuturnya. 

Dalam bidang perhubungan, momentum peringatan 77 Tahun Kemerdekaan RI tingkat Kabupaten Samosir, akan dilaunching Online 
Tiket Ferry, sehingga akan dapat mengurangi kemacetan di pelabuhan saat berkunjung ke dan dari Kabupaten Samosir.

Mengakhiri pidatonya, Bupati Samosir mengharapkan dukungan penuh, kerja nyata dan kerja ikhlas dari seluruh pihak, untuk mengambil peran baik sebagai motivator, fasilitator maupun sebagai pelaksana dengan tindakan nyata untuk kemajuan Kabupaten Samosir, sesuai dengan Visi "Terwujudnya Masyarakat Samosir yang Sejahtera dan Bermartabat secara Ekonomi, Kesehatan dan Pendidikan".

(Gb-ferndt 01)

Loading...