Sinergitas Amankan Aset Negara, PLN Regional Sumbagut Dukung Sarpras Kanwil BPN dan Kantah se-Sumut -->

VIDEO

Sinergitas Amankan Aset Negara, PLN Regional Sumbagut Dukung Sarpras Kanwil BPN dan Kantah se-Sumut

Jumat, 24 Desember 2021

 


GM PLN UIP Sumbagut Octavianus Padudung bersama Kakanwil BPN Dadang Suhendi berfoto bersama jajaran Kakantah se-Sumut/foto : yan


GREENBERITA.com || PT PLN (Persero) Regional Sumbagut bersama Kanwil Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Sumatera Utara dan jajaran Kantor Pertanahan (Kantah) yang ada di provinsi ini, terus meningkatkan sinergitas yang harmonis. 


Bahkan sebagai bentuk dukungan kepada Kanwil BPN Sumut dan Kantah dijajarannya dalam menyelesaikan proses sertipikasi, PLN Regional Sumbagut memberikan dukungan nyata berupa perlengkapan sarana dan prasarana (Sarpras), terdiri dari monitor komputer, PC dan printer. 


Bentuk dukungan itu langsung dilakukan GM PLN UIP Sumbagut Octavianus Padudung yang mewakili PLN Regional Sumbagut, kepada Kepala Kanwil BPN Sumut Dr. Dadang Suhendi dalam kegiatan  bertajuk 'Penyerahan Bantuan Sarana dan Prasarana serta Penyerahan Sertipikat' yang berlangsung di Aula Kanwil BPN Sumut, Jalan Brigjen Katamso, Medan, Jumat (24/12/2021). 


Selain Kanwil BPN Sumut, dukungan Sarpras itu juga diberikan kepada 24 Kantah diantaranya Kantah Medan, Deliserdang, Serdangbedagai, Binjai, Langkat, Tebingtinggi, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Asahan, Tanjungbalai, Labuhanbatu, Simalungun, Pematangsiantar, Samosir, Toba, Humbanghasundutan, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Padangsidimpuan, Mandailingnatal, Sibolga, Nias dan Nias Selatan. 


GM PLN UIP Sumbagut Octavianus Padudung dalam kata sambutannya, sangat mengapresiasi apa yang selama ini dilakukan Kanwil BPN Sumut dengan Kantah jajarannya serta Supervisi KPK, yang sangat berkomitmen dalam mendukung pihaknya untuk mengamankan aset negara. 


Dijelaskannya, sebelum adanya perjanjian kerjasama (PKS) antara PLN dan Kementerian ATR/BPN, aset negara yang dipercayakan kepada BUMN itu hanya terbit 132 sertifikat. 


Lalu, setelah terjadi PKS yang ditandatangani akhir tahun 2019 dan mulai dijalankan pada Juli 2020, terjadi progress sertipikat yang sangat signifikan. 


"Bahkan capaian sertipikasi di Sumatera Utara pada tahun 2021 ini sudah melebihi ekspektasi kami. Karena terjadi progress yang sangat signifikan di periode 2020-2021 ini. Jika di tahun 2020 jumlahnya 1.367 sertipikat terbit namun kini di penghujung tahun 2021 sebanyak 1.279 sertipikat yang terbit Artinya, dalam kurun waktu 2 tahun terakhir, totalnya sudah mencapai 2.644," urainya. 


Dengan adanya dukungan sarpras ini, sambung Padudung, kiranya pada tahun 2022 mendatang, bisa membuat kinerja pihak BPN Sumut dan Kantah semakin meningkat. 


"Apa yang kami berikan ini merupakan bentuk dari dukungan kami sekaligus wujud dari sinergitas yang sudah terbangun antara Kementerian ATR/BPN dengan PT PLN (Persero)," tandasnya. 


Sementara, Kepala Kanwil BPN Sumut Dr. Dadang Suhendi menuturkan, sudah menjadi komitmen pihaknya untuk mendukung PLN dalam mengamankan aset negara yang diamanahkan kepada BUMN tersebut. 


"Ini memang komitmen BPN sesuai arahan Kementerian ATR/BPN meski sebenarnya banyak instansi pemerintah yang baru menyadarai untuk menjaga asetnya dalam kurun waktu 5 tahun terakhir," sebutnya. 


Dukungan untuk sertipikasi ini juga, lanjut Dadang, paling utama untuk menghindari konflik agraria dengan masyarakat penggarap. 


"Tapi pesan kami, PLN hendaknya benar-benar menjaga asetnya secara tertib. Ibarat pernikahan, BPN ini tugasnya seperti menikahkan orang. Ilustrasinya, untuk menjaga dan merawat istri yang dinikahinya, itu tugas suami. Begitu juga dengan PLN, setelah mendapat sertipikasi, mohon aset itu dijaga betul, agar tidak terjadi sengketa di kemudian hari," imbaunya. 


Dadang juga menyampaikan, sertipikasi aset negara yang dikelola berbagai instansi pemerintah ini juga bagian dari program Pemerintahan Joko Widodo. 


"Kami juga berharap kepada PLN, jangan hanya sekadar sertipikasi, tapi juga harus memikirkan setiap yang dilakukan dalam menjaga aset negara tetap disertai edukasi dan solusi. BPN akan mendukungnya lewat program Gratis atau 

Gerakan Tertib Data Yuridis yang akan kita gencarkan pada tahun 2022 mendatang," pungkasnya. 


Tampak hadir dalam kegiatan tersebut jajaran manajemen PLN UIP Sumbagut diantaranya Manager UPP Sumbagut 1 Alfredo Pakpahan, PLN UIP3BS yang diwakli Manajer UPT Pematangsiantar Juli Sembiring bersama Staf UPT Medan, MSB Pertanahan dan ROW Andi Rizky serta Assistant Manager Komunikasi dan TJSL Effiaty Polapa. (Yan)

Loading...