Notification

×

Iklan

Iklan

Mengaku Wabub Asahan Tipu Pengurus Mesjid

14 Apr 2021 | 10:33 WIB Last Updated 2021-04-14T03:33:28Z

Beberapa pengurus masjid di Kisaran, Asahan Sumatra Utara mengaku mendapat pesan WhatsApp (WA) mengaku sebagai Wakil Bupati (Wabup) Asahan Taufik Zainal Abidin

GREENBERITA.com
- Beberapa pengurus masjid di Kisaran, Asahan Sumatra Utara mengaku mendapat pesan WhatsApp (WA) dari orang mengaku sebagai Wakil Bupati (Wabup) Asahan Taufik Zainal Abidin. Pemkab Asahan mengatakan pesan itu bukan berasal dari Taufik.



Dihimpun detik.com Selasa (13/4/2021), modus yang dilakukan pelaku adalah memakai foto profil Wabup Asahan untuk membuat korban percaya dan menghubungi pengurus Masjid menggunakan pesan aplikasi di WA. Pesan itu berisi permintaan nomor rekening pengurus masjid. 



Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Asahan Rahmad Hidayat Siregar mengatakan pihaknya menerima laporan masyarakat soal nomor yang mengatasnamakan Wabup Asahan tersebut. Rahmad meminta warga mewaspadai penipuan.


"Iya benar, ada oknum mengatasnamakan Wakil Bupati Asahan yang menghubungi beberapa pengurus masjid modus penyaluran donasi bantuan pemerintah dengan meminta nomor rekening," kata Rahmad.


Dia mengatakan terduga pelaku penipuan itu berjanji memberi bantuan ke pengurus masjid melalui Sekretaris Daerah. Syaratnya, pengurus masjid harus memberi nomor rekening.


"Kepada seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Asahan, kami berharap waspada agar tidak menjadi korban penipuan tersebut. Di bulan suci Ramadhan ini, seharusnya tidak ada oknum yang tega melakukan penipuan seperti ini, apalagi berkaitan tentang pembagian donasi ke masjid," ujarnya.


Dia mengatakan Pemkab Asahan ataupun Wabup Taufik belum berencana melaporkan hal tersebut ke Kepolisian. Meski demikian, dia mempersilakan warga yang merasa dirugikan untuk melapor ke polisi.


"Untuk saat ini belum (lapor ke polisi). Tapi jika sudah ada korban masyarakat yang dirugikan maka akan diambil langkah hukum," ujarnya.

(gb-rizal/rel)