BP Geopark Kardera Toba Tandatangan Kesepahaman Dengan Unika St.Thomas -->

VIDEO

BP Geopark Kardera Toba Tandatangan Kesepahaman Dengan Unika St.Thomas

Radio samoir Green
Jumat, 16 April 2021

Badan Pengelola Geopark Kardera Toba (BPGKT) kembali menandatangani Nota Kesepahaman

GREENBERITA.com
- Setelah melakukan kerjasama dengan beberapa Universitas dan lembaga pendidikan tinggi di Sumatra Utara, Badan Pengelola Geopark Kardera Toba (BPGKT) kembali menandatangani Nota Kesepahaman Kerjasama antara BPGKT dengan Universitas Katolik (Unika) Santo Thomas.


Sebelumnya Badan Pengelola Geopark Kardera Toba (BPGKT) juga telah melakukan Nota Kerjasama dengan Universitas Negeri Medan (Unimed) dan Institut Dell Lagu Boti. 

Penandatanganan Nota digelar di ruang rapat rektorat lantai tiga Unika dan dihadiri oleh Rektor Unika, Prof, Dr, Drs, Sihol Situngkir, MBA dan keempat pembantu rektor Unika, Dr Zakarias Situmorang, Romasi Lumban Gaol, Dr Yohannes Suhardin dan Pastor Godlib Sianipar, Ph.D, Jumat (16/4/2021).


Sementara itu, dari Badan Pengelola Geopark Kardera Toba (BPGKT), diwakili Ketua Harian, Mangindar Simbolon dan Sekretariat (BPGKT), Debby Panjaitan dan Tiar Simarmata.


Sebelum penandatanganan, Ketua Harian, Mangindar Simbolon memaparkan tentang Geopark yang saat ini berfokus pada Konservasi, Edukasi dan Pemberdayaan Ekonomi masyarakat. Sehingga, peran para lembaga pendidikan salah satunya Unika Santo Thomas akan berperan dalam edukasi.


Mangindar juga menerangkan, tentang proses terjadinya Kaldera Toba dengan proses letusan dari beberapa titik letusan mulai dari Porsea, Haranggaol hingga terbentuk Danau Toba sejak 74 ribu tahun lalu.


Sementara itu, Rektor Unika, Prof, Dr, Drs, Sihol Situngkir, MBA menjelaskan, pihak Unika Santo Thomas akan terus melibatkan diri dalam suksesnya Geopark Kaldera Danau Toba.


"Kami melihat pemerintah pusat sangat serius untuk memajukan Danau Toba salah satu buktinya hadirnya Presiden Jokowi di Danau Toba, Samosir. Dan, bukan itu saja para pastor dari Unika Santo Thomaa juga sangat berkonsentrasi untuk kemajuan Danau Toba salah satu membuat kampung Inggris di Lumban Suhi di Pangururan," katanya.


Tidak itu saja, Prof Sihol berencana akan membuka program studi Antropologi Sosial di Unika Santo Thomas dengan tujuan para mahasiswa lokal dan  mahasiswa dari luar negeri melakukan riset-riset dibidang antropologi dan budaya.


Di akhir acara, Unika Santo Thomas juga bertukar cendra mata dengan Badan Pengelola Geopark Kardera Toba (BPGKT) dan diakhiri foto bersama. 

(GB-fres11)

Loading...