Arkeolog Israel Pecahkan Misteri Ukiran Salib Kuno di Gereja Makam Suci -->

VIDEO

Arkeolog Israel Pecahkan Misteri Ukiran Salib Kuno di Gereja Makam Suci

Radio samoir Green
Jumat, 02 April 2021

Para arkeolog dari Israel Antiquities Authority mengatakan mereka telah memecahkan misteri ribuan ukiran salib di dinding Gereja Makam Suci Yerusalem

GREENBERITA.com
- Para arkeolog dari Israel Antiquities Authority mengatakan mereka telah memecahkan misteri ribuan ukiran salib di dinding Gereja Makam Suci Yerusalem, tempat Yesus diyakini disalib.


Para peneliti menduga para peziarah di masa lalu mengukir salib-salib ini ketika mereka datang ke sana. Hal ini untuk menandakan bahwa mereka pernah ke sana atau seperti orang yang mengukir namanya di batang pohon. 


"Fenomena unik ini selalu membingungkan kami. Apakah itu ukiran para peziarah, atau lebih tepatnya, sesuatu yang lain," kata Amit Re'em, kepala Distrik Yerusalem IAA, kepada Reuters dikutip dari Times of Israel, Jumat, 2 April 2021, rilis tempo.co 

Pekerjaan renovasi di gereja memungkinkan para arkeolog untuk memeriksa ukiran itu dari dekat. Mereka menggunakan pencitraan 3D dan sarana digital untuk memeriksa dan menentukan kapan ukiran-ukiran itu dibuat.


Para arkeolog menyadari ribuan salib ininsemuanya dibuat oleh segelintir orang. “Kami melihat bahwa semua salib memiliki kedalaman yang sama dan bahkan penandaan tukang batu,” ucap Re'em.


Ia menuturkan di zaman dulu mungkin ada dua atau tiga orang yang bertugas mengukir salib-salib itu. "Jadi ini bukan grafiti, ini sesuatu yang lebih terorganisir".


Menurut Re'em sudah menjadi kebiasaan bagi para peziarah saat itu membayar tukang untuk membuat ukiran salib tersebut


"Katakanlah anda adalah seorang peziarah Armenia, jadi anda membayar sesuatu kepada pendeta, kepada seniman khusus ini dan dia mengukir salib untuk anda, untuk kepentingan jiwa Anda dan jiwa kerabat anda. Salib khusus di tempat yang paling suci bagi agama Kristen di bumi," kata Re'em.

(gb-rizal/rel)

Loading...