Kabupaten Samosir di Sumatera Utara Memiliki Banyak Objek Wisata Menarik Untuk Dikunjungi -->

VIDEO

Kabupaten Samosir di Sumatera Utara Memiliki Banyak Objek Wisata Menarik Untuk Dikunjungi

Radio samoir Green
Jumat, 02 April 2021

Pusuk Buhit Samosir 
GREENBERITA.com
Kabupaten Samosir di Sumatera Utara memiliki beragam pilihan tempat wisata menarik yang patut dikunjungi.

Pulau vulkanik yang berada di tengah-tengah Danau Toba, Sumatra Utara ini memiliki daya tarik tersendiri bagi Toppers yang ingin menjelajahi keindahan wisata alam di kawasan Danau Toba ataupun mengenal lebih dekat kebudayaan Batak di Sumatera Utara.


Samosir di kenal dengan Negri Kepingan Surga, karena keindahan alamnya yang tiada duanya . Alam yang belok penduduk yang ramah dan udaranya yang sejuk dan segar membuat siapa saja yang sudah sampai ke Samosir akan enggan pulang.


Sehingga wisatawan yang pernah datang keSamosir akan kembali lagi dan kembali lagi ke Samosir selain Alam , Budaya daqn keindahan bahasa serta ornamen Batak di setiap sudut kota membuat kita berasa di negri lain saat berada di Samosir, kita seperti memasuki sebuah tempat yang spesial di bumi ini, begitulah keindahan Samosir 

Mari kita Simak satu persatu tempat yang akan membuat kita tidak berhenti berdecak kagum bila sampai ke lokasi tersebut.


Bukit HolbungSumber gambar: Mi Community
Bukit Holbung, berlokasi di Desa Janji Marhatan, Pulau Samosir, Bukit Holbung merupakan salah satu destinasi wisata di Samosir yang paling tepat untuk menikmati keindahan alam Danau Toba dari ketinggian. Dari bukit nan asri ini, Toppers bisa melihat aktivitas nelayan yang tengah mencari ikan di perairan Danau Toba ataupun eksotisme bentang alam di Samosir dan sekitarnya.


Ketika memasuki musim penghujan, obyek wisata Samosir ini akan dipenuhi rerumputan hijau yang menyegarkan sehingga tak jarang jika tempat wisata ini juga dijuluku “Bukit Teletubbies”-nya Pulau Samosir.

Pusuk Buhit Sumber gambar: MerahPutih

Pusuk Buhit, Tak cuma memiliki nuansa alami yang menyegarkan, destinasi tempat wisata di Samosir selanjutnya ini memiliki kisah legenda yang sangat menarik. Daerah perbukitan yang dikenal dengan nama Pusuk Buhit ini dipercaya sebagai tempat asal muasal orang-orang Batak yang ada sekarang.


Berkunjung ke tempat wisata di Pulau Samosir ini, Toppers bisa menemukan artefak kuno seperti totem-totem dan ukiran patung-patung yang menceritakan mengenai sejarah dari orang Batak.

Desa Tomok Sumber gambar: MerahPutih

Desa Tomok, Untuk mengenal lebih dalam budaya Batak, selain Pusuk Buhit Toppers bisa juga mengunjungi Desa Tomok yang berada di jalur masuk dari Pulau Samosir. Di Desa Wisata ini, Toppers masih bisa mengunjungi rumah-rumah adat khas Batak yang dilengkapi dekorasi boneka sigale-gale.


Pada saat-saat tertentu, Toppers juga bisa menyaksikan pertunjukan dan juga upacara khas Batak di tempat wisata Samosir ini. Selain itu, di Desa Tomok, Toppers bisa menemukan berbagai obyek wisata menarik lainnya seperti Museum Batak dan juga kompleks pemakanan raja-raja Batak kuno.

Bukit Beta Sumber gambar: Flickr
Bukit Beta, adalah obyek wisata di Pulau Samosir lainnya yang terletak di Tuk-Tuk Siadong. Tuk Tuk sendiri terkenal sebagai salah satu pusat dari pariwisata di Pulau Samosir karena pesona alamnya yang sangat memukau. Keindahan alam inilah yang bisa Toppers temukan dengan mengunjungi Bukit Beta.


Bukit kecil ini menjadi salah satu spot berburu foto favorit para penggemar fotografi, termasuk tempat pengambilan foto pre-wedding favorit.

Menawarkan pemandangan indah mulai dari bentang alam nan asri, persawahan warga, dan perbukitan lainnya, dijamin Toppers takkan menyesal mengunjungi destinasi tempat wisata di Samosir satu ini.

Desa Lumban Suhi-suhi Sumber gambar: LionMag

Desa Lumban Suhi Suhi, Salah satu kekhasan lainnya dari kebudayaan Batak adalah Kain Ulos. Kain tenun tradisional yang menjadi salah satu kebanggaan Batak ini telah memiliki popularitas yang mendunia.


Untuk Toppers yang ingin mengenal lebih dekat dengan kain ulos khas batak, cobalah mampir ke Desa Lumban Suhi Suhi dimana masih banyak terdapat pengrajin Ulos tradisional. Dijajakan dengan berbagai rentang harga, obyek wisata di Samosir satu ini adalah tujuan tepat berburu oleh-oleh Kain Ulos saat berkunjung ke Pulau Samosir.

Air Terjun Situmurun Binangalom Sumber gambar: Detik Travel

Air Terjun Situmurun Binangalom, tarik wisata Pulau Samosir lainnya tak hanya keindahan dari Danau Toba, tetapi juga beragam air terjun yang bisa Toppers temukan di Samosir. Salah satunya adalah Air Terjun Situmurun Binangalom.


Berlokasi di Desa Binangalom, Samosir, keunikan dari wisata air terjun satu ini adalah aliran airnya yang mengalir deras langsung ke Danau Toba. Pemandangan unik yang jarang ditawarkan oleh wisata-wisata air terjun lainnya.

Air Terjin Binanga Bolon, Sumber gambar: Indozone
Air Terjin Binanga Bolon, wisata air terjun lainnya di Pulau Samosir adalah Binanga Bolon yang berada di Kabupaten Simalungun. 


Berada di tepian Danau Toba, untuk bisa mencapai lokasi air terjun ini Toppers akan disuguhkan panorama nan asri yang menawan sehingga membuat obyek wisata Samosir satu ini takkan mengecewakanmu.

Aek Sipitu Dai Sumber gambar: Kopisiantar
Aek Sipitu Dai berlokasi di Desa Aek Sipitu Dai, Toppers bisa mengunjungi sebuah mata air alami yang menghasilkan air dengan tujuh rasa berbeda. Asal muasal dari sumber mata air ini sendiri sangat erat dengan legenda masyarakat lokal.


Konon, dahulu Ompung Langgat Limbong yang merupakan generasi kedua dari marga Limbong tengah mencari sumber air. Setelah ia berdoa, ia menancapkan tongkatnya sebanyak tujuh kali ke tanah. 


Namun upayanya ini tidak berhasil. Setelah berdoa sekali lagi, ketujuh lubang yang ia buat dengan menancapkan tongkatnya itu mulai mengeluarkan air dan menjadi sumber air yang masih ada hingga saat ini.

Air Terjun Sampuran Elfrata,Sumber gambar: Harian Nasional
Air Terjun Sampuran Elfrata, satu lagi destinasi wisata air terjun di Samosir yang tak boleh sampai terlewat adalah Air Terjun Sampuran Efrata. 


Destinasi tempat wisata di Samosir ini terkenal dengan pancuran airnya yang sangat menyegarkan. Kawasan sekitar obyek wisata ini juga terkenal sebagai tempat berkemah favorit. 

Jika Toppers ini melepas kepenatan, Air Terjun Sampuran Efrata bisa jadi salah satu tujuan wisata yang tepat.
Danau Sidihoni, Sumber gambar: Akurat

Danau Sidihoni berada di tengah-tengah Danau Toba, siapa sangka di Pulau Samosir juga terdapat Danau lainnya. 


Dijuluki danau di dalam danau, Danau Sidihoni merupakan salah satu destnasi wisata yang menarik di Pulau Samosir. 


Fenomena danau di dalam danau ini sendiri tak ada banyak di dunia sehingga sangat sayang untuk dilewatkan saat Toppers berkunjung ke Samosir.

Menara Pandang Tele,  Sumber gambar: Pariwisata Sumut


Menara Pandang Tele adalah tujuan wisata Samosir selanjutnya yang berlokasi di Lumban Pinggol. 


Tempat wisata yang menawarkan pesona bentang alam Samosir dari ketinggian ini juga terkenal sebagai salah satu tempat berburu foto-foto pemandangan alam yang instagramable.

Pemandian air panas Rianiate Sumber gambar: Tribunnews
Pemandian air panas Rianiate, puas berkeliling menjelajahi berbagai destinasi wisata di Samosir, Toppers bisa beristirahat sejenak di Pemandian Air Panas Rianiate. 


Sumber air panas di kolam-kolam pemandian air panas ini berasal langsung dari gunung dan dipercaya mampu memberikan efek relaksasi dan juga kesehatan.



Pulau Samosir memang merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat unik dan menarik dari Sumatera Utara. 


Jika mempunyai waktu libur, tentu berbagai wisata di Pulau Samosir tersebut wajib masuk dalam tujuan traveling mu. 


Destinasi wisata di Samosir mana yang menjadi pilihan favoritmu ?

Loading...