Anggiat Sinaga: Berharap Keterlibatan Aktif Insan Pers Awasi Pilkada 2020 -->

VIDEO

Anggiat Sinaga: Berharap Keterlibatan Aktif Insan Pers Awasi Pilkada 2020

Radio samoir Green
Rabu, 30 Desember 2020

Suasana Sosialisasi Pengawasan Partisifatif Dalam Rangka Pengawasan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Samosir Tahun 2020 di Aula Hotel Marina, Desa Situngkir, Sabtu (14/11/2020).

SAMOSIR, GREENBERITA.com || 
Sabtu, (14/11/2020) Bawaslu Kabupaten Samosir menggelar Sosialisasi Pengawasan Partisifatif Dalam Rangka Pengawasan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Samosir Tahun 2020 di Aula Hotel Marina, Desa Situngkir, Sabtu (14/11/2020).


Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Samosir, Anggiat Sinaga tersebut menghadirkan narasumber, Tigor Munthe, Ketua AJI Siantar/Redaktur Tagar.Id, dan mengundang Jurnalistik Media Online, Media Cetak,Lembaga Swadaya Masyarakat serta Pemilih Radio Siaran se-Kabupaten Samosir.


Informasi yang dilansir dari samosir.bawaslu.go.id, Anggiat Sinaga pada saat buka acara mengatakan bahwa tugas Bawaslu itu ada 4 yaitu, Pencegahan, Pengawasan, Penindakan dan Penyelesaian Sengketa. Dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan amanat Undang- Undang, Bawaslu membutuhkan adanya keterlibatan aktif masyarakat dalam hal mengawasi setiap proses pelaksanaan tahapan pemilihan, demi tercapainya pemilihan yang berintegritas.


Menyambut pernyataan Ketua Bawaslu Samosir tersebut, Tigor Munthe mengatakan partisipasi masyarakat yang bisa dilakukan antara lain membangun tradisi demokrasi dikeluarga dan di masyarakat, tidak menjadi aktor atau pelaku pelanggaran, Kemudian menginformasikan atau melaporkan jika menemukan indikasi pelanggaran pemilihan dan lain sebagainya. Dalam hal melaporkan dugaan pelanggaran, masyarakat juga bisa mengirimkan laporan informasi ke Bawaslu Samosir melalui Whatshapp ataupun SMS.


“Rekan-rekan pers dan pegiat LSM yang tentunya banyak berinteraksi dengan masyarakat supaya secara bersama-sama memberitahu kepada masyarakat supaya berpatisipasi mengawasi Pilkada.” tutur Tigor saat memaparkan materinya, Sabtu (14/11/2020).


Sosialisasi yang telaksana ini diharapkan dapat membangun sinergitas antara Bawaslu dengan masyrakat khususnya insan pers.


(gb-ars/rel_

Loading...