Pelaku dan Wisatawan Keluhkan Rusaknya Fasilitas Wisata di Parbaba Samosir -->

VIDEO

Pelaku dan Wisatawan Keluhkan Rusaknya Fasilitas Wisata di Parbaba Samosir

Green Berita
Senin, 31 Agustus 2020

Fasilitas Wisata Pemkab Samosir Tampak Rusak dan Tak Terurus
SAMOSIR,GREENBERITA.com- Pasca dibukanya lokasi wisata di Samosir untuk wisatawan domestik, kembali para lokasi wisata ramai dikunjungi dan salah satunya objek wisata Pantai Pasir Putih Parbaba yang merupakan lokasi  wisata pantai pertama di Samosir.

Namun para pelaku wisata di Pasir Putih Parbaba mengeluhkan buruknya serta tidak terurusnya fasilitas wisata yang dibangun Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir.

Hal tersebut disampaikan pengelola Pantai Pasir Putih Parbaba, Mangoloi Sihaloho ketika dikonfirmasi greenberita pada Minggu, 30 Agustus 2020. Dia berharap objek wisata Pasir Putih Parbaba lebih mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten Samosir.

"Iya, agar menjadi lebih baik lagi saya berharap dari pihak pemerintah kabupaten Samosir terkhusus dinas Pariwisata, agar lebih memberikan perhatiannya kepada objek wisata ini, dan bukan hanya mengutip retribusi masuk ke areal objek wisata ini." ujar Mangoloi Sihaloho

Mangoloi Sihaloho yang sering disapa Pak Tommy ini juga mengeluhkan rusaknya bangunan altar wisata yang beberapa waktu lalu dibangun Dinas wisata Samosir.

"Selain kurangnya sosialisasi ataupun pelatihan dari dinas Pariwisata, terus tolonglah diperbaiki fasilitas yang dibangun pemerintah. Contohnya bangunan ini," ujar Mangoloi Sihaloho sembari menunjukkan bangunan yang sudah rusak.

Saluran air juga pembuangan yang langsung ke Danau Toba juga menjadi hal yang dikeluhkan baik wisatawan maupun pelaku wisata.

Salah satunya Josua Renaldi Doli Purba (22), seorang wisatawan mahasiswa Universitas Negeri Medan mengaku menikmati liburan sambil merayakan perpisahan KKN (Kuliah Kerja Nyata) bersama teman-temannya.

"Tujuan kita liburan sekalian perpisahan KKN bang, dan kita kecewa dengan saluran pembuangan air yang langsung ke danau toba ini," ujar Josua

Menurutnya, warga Samosir harusnya bangga karena kabupaten ini masuk dalam kawasan wisata Super Prioritas dan menjaga kebersihan lingkungannya

"Dengan programnya pak Jokowi yang menjadikan danau toba, terkhusus Samosir menjadi kawasan wisata super prioritas kita harus bangga dan menjaga lingkungan Danau Toba tetap bersih," tambah Josua.

Wisatawan dari KKN Unimed Medan Kunjungi Pasput  Parbaba
Selain itu, Josua juga mengatakan bahwa salah satu yang dapat dibanggakan bisa berkunjung ke danau toba adalah karena danau Toba merupakan danau vulkanik terbesar di Asia Tenggara.

"Hal yang juga harus dibanggakan dari danau Toba karena danau Toba merupakan danau vulkanik terbesar di Asia Tenggara dan kita tidak akan menyesal datang kesini," tegasnya.

Selain itu, untuk meningkatkan kepariwisataan di Samosir, Josua berharap agar pemerintah daerah lebih meningkatkan UMKM.

"Kalau dari saya selaku pengunjung, kalau bisa pemerintah daerah supaya lebih meningkatkan UMKM, sebagai pelengkap kepariwisataan. Misal dari pengrajin souvenir" harap Josua.

Ia menambahkan, supaya pemerintah juga lebih giat lagi melakukan penyuluhan tentang sampah.

"Kalau terkait kebersihan, saya berharap pemerintah agar lebih rutin melakukan penyuluhan tentang Sampah" tambah Josua di akhir pembicaraan. *** (gb-elim09)

Tonton Videonya Keindahan Pasir Putih disini:


Loading...