Notification

×

Iklan

Iklan

Vandiko Gultom Bicara Lantang di Palipi, Ini Videonya

31 Jul 2020 | 19:34 WIB Last Updated 2020-07-31T15:54:06Z
Vandiko Gultom sampaikan programnya di Desa Sigaol Simbolon Palipi
SAMOSIR, GREENBERITA.com- Baru beberapa jam tiba di Samosir setelah kembali dari Jakarta untuk menjemput rekomendasi dari Partai Demokrat, Vandiko Gultom langsung menemui rakyatnya di Desa Sigaol Simbolon, Kecamatan Palipi pada Jumat, 31 Juli 2020.

Tokoh milenial ini seperti tanpa lelah tetap semangat turun menemui rakyatnya untuk terus berbagi bantuan pangan ditengah kesulitan perekonomian warga dimasa Covid-19 ini.

Kali ini Vandiko Gultom secara lantang bicara tentang struktur dan penggunaan APBD Samosir yang akan digunakan hanya untuk membantu para petani dan rakyat untuk kesejahteraan masyarakat Samosir.

"Saya yakin 100 persen bila saya jadi Bupati Samosir dapat menawarkan paradigma baru dengan membawa APBN untuk infrastruktur Samosir sehingga APBD hanya untuk petani dan rakyat guna kesejahteraan masyarakat Samosir," ujar Vandiko Gultom.

Khusus untuk meningkatkan kualitas harga hasil pertanian maka Vandiko Gultom kedepannya akan membuat peraturan daerah (perda) terkait hasil pertanian.

"Dengan perda ini kita akan buat hasil pertanian tidak dijual mentah tapi diolah dulu untuk barang jadi dengan harga yang lebih tinggi melalui UMKM dengan bantuan BUMD nantinya," ujar Vandiko Gultom.

Penjualan produk mentah seperti bawang, jagung dan kacang langsung kepada pembeli dari luar tidak akan mampu meningkatkan pendapatan petani.

"Oleh Bupati yang visioner, itu harus diolah dengan mengubahnya menjadi produk yang tinggi nilai seperti bawang jadi bawang goreng, jagung menjadi jajanan yang harga tinggi serta kacang dalam bentuk seperti selai roti dan lainnya," jelas Vandiko.

Untuk Infrastruktur, Vandiko bertekad akan membangunya melalui APBN dari pusat dengan kemampuan jaringan yang dimilikinya.

"Pembiayaan pembangunan infrastruktur jalan yang biasa nya dari APBD Samosir kita tiadakan, tapi kita ambil dari APBN untuk pembangunan jalan sampai ke desa-desa," jelasnya.

Tonton Video Vandiko disini:

Sebelum memberikan tali-kasih sebanyak 570 karung beras di Desa Sigaol Simbolon ini, Vandiko juga bicara tentang pembangunan Samosir di bidang Infrastruktur, Pertanian, Irigasi, Pariwisata dan Air Bersih.

Vandiko yakin dapat memperbaiki seluruh infrastruktur seperti Pertanian, Irigasi, Pariwisata dan Air Bersih di Samosir karena sudah berpengalaman karena dibidang tersebut ketika bekerja di Kementrian PUPR dan menangangani 38 daerah Yang ada di Provinsi Jawa Barat.

Persoalan banyaknya pemuda Samosir yang banyak merantau keluar Samosir karena tidak adanya lowongan kerja di kampungnya juga menjadi kekhawatirannya.

"Saya khawatir ketika mereka pergi ke rantau orang akan melupakan kampung halamannya termasuk bahasa daerah sendiri serta adat istiadat di daerahnya, sehingga harus ada perubahan di Samosir untuk meningkatkan perekonomian rakyat sehingga para generasi muda ini dapat kembali ke Samosir," ujar Vandiko.

Dari sisi pendidikan, Vandiko Gultom melihat perlunya peningkatan sumber daya manusia di Samosir dengan memberikan beasiswa sekolah kepada para mahasiswa.

"Bagi mahasiswa yang mempunyai IP 3, kita akan berikan beasiswa untuk sekolah sampai selesai," ujarnya.

Pada bidang kesehatan, Vandiko Gultom berjanji memberikan BPJS kesehatan kepada seluruh warga Samosir.

"Kita gratiskan BPJS untuk menjamin kesehatan warga Samosir," tegasnya.

Pembiayaan untuk itu dilakukan dengan pemberdayaan APBD Samosir yang lebih terkhusus kepada kesejahteraan rakyat sehingga APBD Samosir kedepan lebih dikhususkan kepada pendidikan, pertanian dan kesehatan warga untuk menciptakan sumber daya manusia seutuhnya sehingga kesejahteraan rakyat semakin meningkat.

"Sebagai orang muda, saya tidak punya keinginan apapun dan hanya untuk mengabdi kepada rakyat, berikan saya kesempatan dan hidup saya sepenuhnya saya serahkan pada rakyat Samosir," tegasnya.

Usai menyampaikan visi dan misi serta bantuan pangan kepada warga, Vandiko Gultom mengajak rakyat Pintu Sona bernyanyi bersama Nauli Sister.

Dalam aksi berbagi ini juga hadir para tokoh Pangururan seperti Jogar Simbolon, Pahalatua Simbolon dan Komunitas Siboru Toba.


(gb-amb03)