Notification

×

Iklan

Iklan

Di Palipi, Vandiko Gultom Bicara Penguatan Ekonomi Petani

6 Jul 2020 | 16:03 WIB Last Updated 2020-07-19T12:41:35Z
Vandiko Gultom bicara tentang penguatan perekonomian petani di Samosir
SAMOSIR, GREENBERITA.com || Dalam kunjungannya pada 2 desa di Kecamatan Palipi, Vandiko Gultom bicara tentang bagaimana menguatkan perekonomian para petani di Samosir kedepannya.

Bertempat di Desa Parsaoran Urat dan Huta Sosor Dolok Desa Urat Timur pada Senin, 06 Juli 2020, Vandiko Gultom menyatakan penguatan ekonomi petani dapat dilakukan dengan berbagai cara dari mulai pemberdayaan hasil pertanian sehingga meningkatkan nilai jual hasil.

"Dan ini hanya bisa dilakukan oleh seorang Bupati Samosir yang mempunyai visi dan misi untuk sejahterakan kepada petani," ujar Vandiko Gultom.

Penjualan produk mentah seperti bawang, jagung dan kacang langsung kepada pembeli dari luar tidak akan mampu meningkatkan pendapatan petani.

"Oleh Bupati yang visioner, itu harus diolah dengan mengubahnya menjadi produk yang tinggi nilai seperti bawang jadi bawang goreng, jagung menjadi jajanan yang harga tinggi serta kacang dalam bentuk seperti selai roti dan lainnya," jelas Vandiko.

Dari sisi pendidikan, Vandiko Gultom melihat perlunya peningkatan sumber daya manusia di Samosir dengan memberikan beasiswa sekolah kepada para mahasiswa.

"Bagi mahasiswa yang mempunyai IP 3, kita akan berikan beasiswa untuk sekolah sampai selesai," ujarnya.

Pada bidang kesehatan, Vandiko Gultom berjanji memberikan BPJS kesehatan kepada seluruh warga Samosir.

"Kita gratiskan BPJS untuk menjamin kesehatan warga Samosir," tegasnya.

Pembiayaan untuk itu dilakukan dengan pemberdayaan APBD Samosir yang lebih terkhusus kepada kesejahteraan rakyat.

"Pembiayaan pembangunan infrastruktur jalan yang biasa nya dari APBD Samosir kita tiadakan, tapi kita ambil dari APBN untuk pembangunan jalan sampai ke desa-desa," jelasnya.

APBD Samosir kedepannya lebih dikhususkan kepada pendidikan, pertanian dan kesehatan warga untuk menciptakan sumber daya manusia seutuhnya sehingga kesejahteraan rakyat semakin meningkat.

"Sebagai orang muda, saya tidak punya keinginan apapun dan hanya untuk mengabdi kepada rakyat, berikan saya kesempatan dan hidup saya sepenuhnya saya serahkan pada rakyat Samosir," tegasnya.

Pada acara tersebut, Vandiko Gultom juga memberikan tali asih dengan berbagi bantuan pangan serta mengajak warga bernyanyi bersama Nauli Sister sehingga membuat Rakyat Desa Urat Timur bersuka cita dan imun semakin sehat.

Hadir pada kegiatan tersebut Sasnaek Naibaho, Jogar Simbolon, Lindon Sihombing serta para tetua desa.

(Gb-asi05)