Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Samosir Launching Pemberian Bibit Sayuran dan Sarana Produksi

2 Jun 2020 | 17:09 WIB Last Updated 2020-06-02T12:34:39Z
Bupati Samosir Rapidin Simbolon (tengah) memberikan bantuan kepada warga Desa Hutanamora yang tempatnya bergambar dirinya sebagai Bupati dan Wakil Bupati Samosir
SAMOSIR,GREENBERITA.com- Pemerintah Kabupaten Samosir melakukan launching pemberian bibit sayuran dan sarana produksi dalam rangka meningkatkan kesiapsediaan warga untuk menghadapi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Aula Kantor Kepala Desa Hutanamora, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara pada Selasa, 2 Juni 2020.

Dana bantuan percepatan penanganan Covid-19 ini diambil dari Dana Tak Terduga Pemkab Samosir dengan anggaran total sekitar 600 juta rupiah dan ditujukan 134 Desa/Kelurahan.

Launching pemberian bantuan ini langsung disampaikan langsung oleh Bupati Samosir Rapidin Simbolon dan Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga dan Sekretaris Daerah Kabupaten Samosir Jabiat Sagala.

Tampak pada kantongan bantuan yang diberikan kepada warga Desa Hutanamora tertera photo Bupati Samosir Rapidin Simbolon dan Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga.

Dalam sambutannya Bupati Samosir, Rapidin Simbolon menyambut baik kegiatan ini yang merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Samosir mengatasi kelangkaan sayur mayur untuk kebutuhan keluarga. 

"Saya mengharapkan koordinasi lintas SKPD untuk memberhasilkan program ini terutama para aparat dan Tim PKK Desa mulai dari penanaman hingga pemanenan," ujar Rapidin.

Selain itu, Rapidin juga menekankan agar program ini berhasil guna untuk mengatasi dampak COVID-19 selama pandemi.

Dalam laporannya sebagai penyelenggara kegiatan, Kadis Ketahanan Pangan Kabupaten Samosir, Rawati Simbolon menyampaikan pemberian ini bertujuan agar masyarakat memanfaatkan lingkungan dan pekarangan rumah menjadi tempat budi daya tanaman sayuran melalui media polybag selama pandemi COVID-19 dalam mengatasi kebutuhan sayur untuk konsumsi gizi yang seimbang.

"Sasaran pemberian bibit sayuran dan sarana produksi ini mencakup 9 kecamatan, 128 desa, 6 kelurahan dengan total 6.000 KK atas usulan kepala desa dan diketahui oleh camat," ujar Rawati Simbolon.

Seluruh bantuan akan segera didistribusikan keseluruh desa sampai tanggal 15 Juni 2020 mendatang.

Adapun bantuan yang diberikan berupa:  kompos 10kg/KK,  pupuk NPK 16:16:16 (1kg/KK), pupuk urea (0,5kg/KK),  polybag (1kg/KK),  bibit sayuran sawi manis (1 sachet @25 gram/KK), bibit sayuran bayam (1 sachet @26.000 butir/KK),  bibit sayuran kangkung (1 sachet @1.500 butir/KK).

Dinas Ketapang Pemkab Samosir juga melakukan pemutaran film cara menanam bibit sayuran dan perawatannya hingga panen yang disaksikan oleh seluruh peserta launching. 

Saut Martua Tamba, Ketua DPRD Samosir, mewakili FKPD dalam sambutannya mendukung kegiatan ini.

"Bantuan ini harus berhasil dengan pengawasan para pihak terkait disertai edukasi dari Dinas Pertanian Samosir mulai dari penanaman hingga pemanenan," ujar Saut Tamba.

Di akhir acara, Kepala Desa Hutanamora, Ihut Irencius Malau, menyampaikan terima kasih atas program pemberian bibit sayuran dan sarana produksi. Dia juga mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung program Pemkab Samosir ini agar berhasil guna. Mari kita bekerja keras,  agar hidup kita lebih baik dan maju dengan melakukan program-program Pemkab Samosir untuk mensejahterakan masyarakat, pungkasnya.

Hadir juga perwakilan dari Koramil Pangururan, Polres Samosir, Kejari Samosir, para Asisten Sekdakab Samosir, pimpinan OPD, para Camat dan Kepala Desa, serta perwakilan masyarakat penerima manfaat dari Desa Hutanamora.

(gb-Angga/Kominfo)