Salut, Giliran Desa Sinaga Uruk Pandiangan Dapatkan Bantuan Vandiko-Raun

VIDEO

Salut, Giliran Desa Sinaga Uruk Pandiangan Dapatkan Bantuan Vandiko-Raun

Green Berita
Minggu, 10 Mei 2020

Relawan Vandiko-Raun Berbagi Sembako Kepada Warga Desa di Samosir
SAMOSIR,GREENBERITA.com- Pada masa pandemi Covid-19 yang melumpuhkan perekonomian warga terutama masyarakat desa, Vandiko Gultom terus melakukan aksi kemanusiaan dengan memberikan bantuan berupa sembako kepada berbagai elemen dan komunitas masyarakatdi Kabupaten Samosir.

Tidak kurang dari 60.000 zak beras akan terus dibagikantim relawan Vandiko Gultom kepada seluruh komunitas rakyat di Samosir. Sampai saat ini tercatat pembagian beras ini sudah dilakukan di Kecamatan Pangururan,Palipi, Sianjurmula, Nainggolan.

Kali ini pada pada Kamis, 07 Mei 2020 relawan Vandiko Gultom membagikan beras kepada masyarakat di Desa Sinaga Uruk Pandiangan, Kecamatan Nainggolan, Kabupaten Samosir.

Rombongan tersebut berkeliling didesa untuk memberikan beras kepada masyarakat yang ditemuinya baik itu yang sedang berada dirumah maupun yang berada diatas kendaraan tanpa dibeda-bedakan. 

Tulus Lumban Tungkup selaku koordinator Sahabat Vandiko-Raun untuk Kecamatan Nainggolan mengatakan hal ini dilakukan karena Vandiko Gultom turut merasa prihatin dan ingin membantu meringankan beban masyarakat akibat wabah.

"Ini sesuai pesan Vandiko, kegiatan ini sudah kami lakukan selama 4 hari dan bantuan ini ditujukan bagi siapa saja masyarakat yang membutuhkan dan mau menerimanya sesuai dengan wilayahnya masing-masing," ujar Tulus Lumban Tungkup.

Ditempat yangsama, seorang pemuda desa tersebut, Manatap Sinaga merasa bersyukur atas bantuan yang diberikan sekaligus berharap jika kelak Vandiko-Raun dipercaya oleh masyarakat menjadi pemimpin Samosir bisa melaksanakan visi Misinya bagi petani khususnya terkait pengairan sawah. 

"Persawahan sipako yang menjadi lumbung didesa ini mengalami gagal panen dan berharap ada perhatian dari pemerintah agar kejadian serupa tidak terulang kembali kedepannya," tegas manatap.

Aksi Kemanusiaan yang dimulai pukul 13.00 wib inipun berakhir pukul 17.00 wib dan penyaluran beras tersebut dilakukan dengan menggunakan 2 unit mobil pick up.

Sebelumnya, pada Sabtu, 2 Mei 2020, relawan Vandiko Gultom melakukan aksinya di Desa Toguan Galung, sebuah desa yang berada didaerah perbukitan Kecamatan Nainggolan dan akibat pandemi Corona, masyarakat desa inisangat kesulitan memenuhi kebutuhan kehidupan sehari-hari.

Tidak kurang ada 1,5 ton beras diberikan relawan Vandiko Gultom kepada para perangkat desa Toguan Galung untuk dibagikan kepada penduduk didesa tersebut. 

Pernyataan ini dibenarkan oleh Tulus Lumban Tungkup, salah seorang relawan Vandiko Gultom ketika dikonfirmasi greenberita pada Minggu, 3 Mei 2020 di Kecamatan Nainggolan.

"Benar, kita telah melakukan aksi berbagi sembako kepada warga Desa Toguan Galung," tegas Tulus Lumban Tungkup.

Menurutnya, peyerahan 1,5 ton beras langsung kepada perangkat desa untuk menghindarkan terjadinya kerumunan masaa di desa. "Ini sesuai dengan himbauan pemerintah, biarlah perangkat desa yang membagikannya," tambah Tulus, mantan anggota DPRD Samosir ini.

Sementara itu, Relawan Vandiko Gultom juga melakukan pembagian kepada posko Tim Relawan Pencegahan Cobid-19 di Desa Aek Sipitudai, Kecamatan Sanjurmula, Samosir.

"Benar, kita telah melakukan aksi berbagi sembako kepada komunitas relawan yang ada di Sianjurmula," tegas Pahala Simbolon.

Senada, Jaharap Habeahan menyampaikan apresiasi kepada Vandiko Gultom yang terus melakukan Aksi Kemanusiaan untuk warga Samosir tanpa motif politik apapun.

"Kita apresiasi gerakan murni Vandiko Gultom yang terus melakukan aksi kemanusiaan kepada rakyat Samosir," ujar Jaharap Habeahan, seorang warga Sianjurmula.

Terbaru, pasangan Vandiko Timotius Gultom-Raun Sitanggang kembali membagikan kebutuhan pangan berupa beras di kecamatan Nainggolan tepatnya di Desa Sinaga Uruk Pandiangan dan desa Nainggolan pada Kamis, 07 Mei 2020.

Ketua kordinator kecamatan pemenangan Vandiko Gultom-Raun Sitanggang wilayah kecamatan nainggolan, Freddy Tulus Lumban Tungkup mengatakan bahwa pembagian beras (kebutuhan pangan) kepada masyarakat sudah dilakukan sejak empat hari yang lalu.

"Guna meringankan beban masyarakat akan dampak Virus Corona, pasangan Vandiko-Raun telah membagikan beras kepada warga. Untuk wilayah kecamatan Nainggolan pendistribusian beras sudah kita lakukan sejak tanggal 04 mei lalu," ungkap Tulus Lumba Tungkup.

Adapun desa yang telah di disalurkan dinainggolan yakni desa Sinaga Uruk Pandiangan, Toguan Galung, Pangaloan, Sipinggan Lumban Siantar, desa Nainggolan dan kelurahan Siruma Hombar.

"Seluruh desa yang di Nainggolan, akan kita salurkan, hanya saja kita lakukan secara bertahap, serta pendistribusian nya kita lakukan ketiap tiap dusun desa  dan door to door ke rumah warga, guna menghindari kerumunan massa," lanjutnya.

Adapun kriteria warga yang menerima beras, Tulus Lumban Tungkup menjelaskan bahwa kebutuhan pangan dari Vandiko Raun terbuka untuk masyarakat umum.

"Pembagian Sembako terbuka untuk masyarakat Samosir, tanpa pandang bulu dengan catatan telah mendaftarkan diri ke kordinator desa. Sembako yang di distribusikan, diperuntukkan kepada orang tua dan desawa yang telah berumur 17 tahun ke atas," terang Tulus Lumban Tungkup.

Terpisah, salah satu warga desa Sinaga Uruk Pandiangan, Manatap Juara Sinaga mengapresiasi atas kepedulian dari Vandiko Gultom, kepada masyarakat yang terdampak wabah Virus Corona.

"Kami masyarakat berterima kasih atas kepedulian dari Vandiko Gultom-Raun Sitanggang yang telah memberikan beras kepada masyarakat," ungkapnya.

Sebelum ada wabah Virus Corona, Manatap Juara Sinaga, menjelaskan bahwa di desanya tersebut para petani mengalami gagal panen.

"Terlepas dari dampak covid-19 yang mengakibatkan ekonomi masyarakat lemah, sebelumnya juga warga desa Sinaga uruk pandiangan, khususnya warga yang bertani di persawahan sipakko telah mengalami gagal panen akibat musim kemarau yang berkepanjangan pada beberapa bulan lalu," lanjutnya.

Manatap Juara Sinaga juga berharap kepada pasangan Vandiko-Raun untuk menjalankan program visi dan misi mereka ketika dipercaya dalam memimpin Samosir mendatang.

"Program visi misi Vandiko-Raun yakni pembangunan saluran irigasi dan air bersih sangat menyentuh hati juga merupakan kebutuhan masyarakat. Harapan kami kepada Vandiko-Raun, visi tersebut menjadi program prioritas bagi mereka ketika memimpin Samosir mendatang, demi kesejahteraan masyarakat, khususnya dikalangan petani," tuturnya.

Tampak pembagian sembako kepada warga desa Sinaga Uruk Pandiangan dan desa Nainggolan juga dihadiri ibunda Vandiko Timotius Gultom, ibu B. Panjaitan yang di dampingi Nauli Sister.


Simak Terus Video Aksi Kemanusiaan Vandiko Gultom:



Loading...