Bahagianya Senyum Warga Ronggurnihuta Terima Bantuan dari VR

VIDEO

Bahagianya Senyum Warga Ronggurnihuta Terima Bantuan dari VR

Green Berita
Sabtu, 30 Mei 2020

Para Ibu di Desa Sijambur Kecamatan Ronggurnihuta tersenyum bahagia terima bantuan dari VR
SAMOSIR,GREENBERITA.com- Meskipun Samosir masih masuk dalam katagori hijau, namun akibat banyaknya kegiatan ekonomi yang terhenti menyebabkan lumpuhnya ekonomi masyarakat sehingga menyulitkan warga untuk memenuhi kebutuhan pokoknya. 

Melihat kondisi tersebut timbul kepedulian dari pasangan Vandiko-Raun untuk membantu meringankan beban masyarakat terus dilakukan melalui para sahabat-sahabatnya dengan melakukan berbagai aksi sosial yaitu memberikan bantuan beras kepada masyarakat guna meringankan beban tersebut. 

Para sahabat Vandiko-Raun ini pada Sabtu, 30 Mei 2020 di desa Sijambur, Kecamatan Ronggur Nihuta Kabupaten Samosir membagikan kurang lebih 500 sak yang masing-masing sak berisi 5 kg beras.

"Ini adalah bentuk keperdulian dan perhatian Vandiko-Raun kepada masyarakat yang terkena dampak ekonomi akibat wabah virus corona dan beras tersebut tidak dibagikan untuk per keluarga, namun untuk setiap orang dewasa," ujar Ketua Tim Pemenagan VR, Pahaltua Simbolon.

Warga yang menerima bantuan tersebut tanpa tersenyum dengan bahagia sembari mendoakan VR untuk selalu diberkati menjadi pemimpin Kabupaten Samosir. "Mauliate ma Vandiko naburju, sai dipasu-pasu Tuhan i ma hamu gabe pemimpin kabupaten on amang," ujar seorang ibu boru Naibaho.

Hadir dalam kegiatan sosial tersebut sahabat Vandiko-Raun lainnya seperti Sasnaek Naibaho, Nahum Naibaho, Belman Naibaho dan lainnya.

Sebelumnya diberitakan, ratusan ibu di kenegerian Sihotang Kecamatan Harian Kabupaten Samosir, tersenyum sukacita pada Jumat, 29 Desember 2020 juga tersenyum bahagia dan merasa bersyukur atas bantuan pangan yang didapatkan dari Vandiko Gultom dan Raun Sitanggang yang sering disapa VR ini.

Warga di kenegerian Sihotang ini secara spontan mendoakan Vandiko-Raun agar sehat selalu dan menjadi pemimpin perubahan di Kabupaten Samosir.

Sebelumnya di Desa Unjur, Tim Relawan VR juga memberikan bantuan pangan dalam bentuk beras.

Hal ini dibenarkan oleh warga Desa Unjur, Melda boru Sialagan ketika ditemui greenberita setelah mendapatkan bantuan dari relawan Vandiko-Raun pada Selasa, 19 Mei 2020.

"Kita senang dapat bantuan ini, kami berdoa Vandiko Gultom semoga dapat menjadi Bupati Samosir dan menjadi perubahan bagi Samosir untuk lebih maju," jelas Melda.

Menurutnya, bantuan ini seperti sepercik air dimasa sulitnya perekonomian warga ditengah pandemi Covid-19 ini. "Untuk sementara ini bisalah membantu makan kami selama seminggu ini," ujarnya.

Ditempat yang sama, Raya boru Nainggolan juga berharap Vandiko dapat membangkitkan Samosir.

"Terimakasih pak Vandiko, semoga Vandiko dapat membangkitkan Samosir dan memajukan Samosir," tegasnya.

Sementara itu, Koordinator Relawan Vandiko-Gultom Kecamatan Simanindo Herdon Samosir menyatakan bahwa bantuan pangan di Kecamatan Simanindo telah disampaikan di 5 desa dan satu kelurahan.

"Warga sangat antusias dan berterimakasih kepada Vandiko-Raun," jelas Herdon Samosir.

Bantuan pangan beras itu diberikan kepada setiap orang dewasa dengan usia minimal 17 tahun per satu sak yang berisi 5 kilogram.

Sebelumnya diberitakan, Relawan Vandiko-Raun telah membagikan bantuan pangan ke Desa Hasinggahan dan Desa Bonan Dolok, Kecamatan Sianjurmula, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Tim Relawan Vandiko-Raun menyeberang ke desa di pulau Sumatera yang ada dipinggiran pantai Danau Toba dengan melakukan pembagian beras dan masker di Desa Hasinggahan pada Sabtu, 16 Mei 2020 dengan menggunakan armada Kapal Aksi Kemanusiaan Vandiko-Raun dari pelabuhan Simanindo menuju Desa Hasinggahan.

Ada Dua Desa yang dikunjungi relawan Vandiko-Raun yaitu Desa Hasinggahan dan Desa Bonan Dolok. Di Desa Hasinggahan ada 3 dusun yang dilakukan pembagian beras yaitu dusun 3 Binangara, dusun 2 Final dan dusun 1 dari Lagundi serta Desa Bonan Dolok.

Relawan Vandiko-Raun dipimpin Raun Sitanggang yang didampingi Ober Gultom, dan tercatat ada 684 sak beras dan ratusan masker.

"Kedatangan kami untuk membantu warga akibat wabah covid 19, karena bagi kami bebagi itu penting untuk sesama "ucap Raun Sitanggang.

Pembagian beras dilakukan dengan cara mendata secara merata tanpa terkecuali mulai dari kalangan milenial tanpa berdasarkan data kartu keluarga.

Menurut rencana, tim Relawan Vandico-Raun akan datang kembali kedesa Hasinggahan untuk memberikan bantuan beras tanpa terkecuali.

Warga Desa Hasinggaan yang mendapatkan bantuan mengaku sangat terbantu dengan bantuan berupa beras dan masker ini ditengah wabah Covid-19 yang melumpuhkan ekonomi mereka.

"Sebagai warga hasinggaan berharap agar listrik bisa merata di Desa Hasinggaan dan bila Vandiko-Raun menang, saya berharap mereka mengabulkan janji menyalurkan aliran listrik termasuk di sibahal-bahal dusun 2 Desa Hasinggaan ini," ujar warga bermarga Sagala.

Sebelumnya juga tim relawan Vandiko-Raun juga melakukan pembagian ke Desa Silima Lombu yang berada di Kecamatan Onan Runggu Kabupaten Samosir.

Masyarakat desa yang pernah dikunjungi oleh Raja dan Ratu Belanda ini mulai merasa kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pokoknya, dan sahabat Vandiko-Raun tergerak hatinya mengunjungi desa ini, guna memberikan bantuan beras pada Kamis, 14 Mei 2020.

Kordinator Sahabat Vandiko-Raun di Kecamatan Onanrunggu, Japudan Samosir menjelaskan bahwa pembagian Sembako di Onan Runggu dilakukan secara bertahap.

"Hari ini kita membagikan beras di desa Silimalombu, besok kita akan mendistribusikan beras di desa Pakpahan dan akan dilanjutkan ke desa lainnya. Hal ini dilakukan guna menghindari kerumunan massa," ujar Japudan Samosir.

Sementara itu, Herdon Samosir yang turut hadir ke Silima Lombu mengatakan pembagian kebutuhan pangan kepada warga tidak lepas dari kepedulian dari Vandiko yang pulang untuk melayani dan mengabdi di Bona Pasogit Samosir.

"Sebelumnya, dalam menghadapi situasi ini, relawan Vandiko telah membagikan ratusan ribu masker kepada masyarakat dan saat ini, kita membagikan kebutuhan pangan," ujar Herdon Samosir.

Sahabat Vandiko Gultom memberikan beras sebesar 5 kilogram persaknya untuk masing-masing orang dewasa.

Kemudian, Vandiko-Raun juga terus bergerak melakukan aksi kemanusiaan dan yang terakhir bertempat di pinggir pantai dan Huta Baringin Desa Sitolu Huta Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir.

Kegiatan sosial yang dilaksanakan pada Jum'at 08 Mei 2020 ditujukan kepada para Partonun (penenun ulos,red) yang ada di desa tersebut. Adapun bantuan yang diberikan berupa beras, minyak goreng dan gula ini diserahkan langsung Raun Sitanggang, yang merupakan pasangan Vandiko Timotius Gultom.

Ketika dikonfirmasi greenberita, alasan pemberian prioritas kepada para Partonun, Raun Sitanggang mengatakan bahwa sebenarnya semua lapisan warga terkena dampak dari covid-19 .

"Namun ada pertimbangan dimana para partonun ini sudah melakukan kegiatannya, tapi  hasilnya tidak laku dijual dipasar sehingga modalnya ikut terbenam. Sehingga bantuan ini diharapkan dapat memberikan kemampuan warga memenuhi kebutuhan dasar di keluarganya masing-masing sambil menunggu perekonomian akibat Corona ini pulih kembali," tegas Raun Sitanggang.

Raun juga menyatakan kedepannya komunitas ini juga akan dapat bantuan program peduli Vandiko-Raun kembali berupa satu karung untuk satu orang dewasa nantinya. 

Didalam kegiatan ini Raun didampingi oleh sahabat Vandiko-Raun lainnya seperti Sasnaek Naibaho, Asden Sitanggang, Diki Gultom, Rosinta Sitanggang, Belman Naibaho dan lainnya.

Turut hadir dalam acara tersebut beberapa tokoh pemuda dari kalangan Pomparan Raja Sitempang diantaranya Hatoguan Sitanggang. 

"Secara pribadi saya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut yang memberikan bantuan kepada rakyat Samosir," tegasnya.

Menurut Hatoguan Sitanggang ketika dimintai sikap politik keturunan dari Raja Sitempang yang akan diusung pada Pilkada 2020 nanti, mengatakan akan mendukung siapapun itu orangnya dari turunan Raja Sitempang yang secara resmi didaftarkan ke KPU Samosir.

Kemudian pada Sabtu, 2 Mei  2020, relawan Vandiko Gultom juga melakukan aksinya di Desa Toguan Galung, sebuah desa yang berada didaerah perbukitan Kecamatan Nainggolan dan akibat pandemi Corona, masyarakat desa inisangat kesulitan memenuhi kebutuhan kehidupan sehari-hari.

Tidak kurang ada 1,5 ton beras diberikan relawan Vandiko Gultom kepada para perangkat desa Toguan Galung untuk dibagikan kepada penduduk didesa tersebut. 

Pernyataan ini dibenarkan oleh Tulus Lumban Tungkup, salah seorang relawan Vandiko Gultom ketika dikonfirmasi greenberita pada Minggu, 3 Mei 2020 di Kecamatan Nainggolan.

"Benar, kita telah melakukan aksi berbagi sembako kepada warga Desa Toguan Galung," pungkas Tulus Lumban Tungkup.


(gb-Aa01)


Loading...