Notification

×

Iklan

Iklan

Vandiko Gultom Kerahkan Kapal Kemanusiaan Bantu Warga Samosir

14 Apr 2020 | 13:13 WIB Last Updated 2020-04-19T10:17:48Z
Kapal Kemanusia dari Vandiko Gultom Untuk Bagikan Masker ke Pelosok Samosir
SAMOSIR,GREENBERITA.com- Akibat pandemi Covid-19 menimbulkan kekhawatiran mendalam di seluruh Indonesia dan tak terkecuali di Kabupaten Samosir.
Berdasarkan rekomendasi badan kesehatan Dunia serta masih tingginya penyebaran virus corona, akhirnya pemerintah Indonesia melalui Gugus Tugas Penanganan Covid-19 mengeluarkan himbauan wajib pakai masker kepada seluruh masyarakat termasuk Samosir.

Namun kenyataannya tidak semua lapisan masyarakat khususnya di Samosir dapat memenuhi himbauan tersebut karena masker masih menjadi barang langka atau sulit didapat di Samosir. 

Hal ini menggugah hati seorang tokoh muda Vandiko Gultom untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan akan masker. 

Dalam intruksinya, Vandiko meminta para relawannya untuk membagi-bagikan puluhan ribu masker yang dipesannya kepada sebagian masyarakat Samosir. 

Bahkan, metode pembagian dilakukan dengan menggunakan mobil berkeliling dari satu desa ke desa yang lainnya. Dirasa pembagian masker dengan menggunakan mobil masih belum cukup untuk bisa menjangkau semua desa, Vandiko pun mulai membagi masker dengan menggunakan alat transportasi danau yang disebutnya Kapal Kemanusiaan. 

Kapal Kemanusiaan ini mengarungi pinggiran Danau Toba untuk menjangkau daerah-daerah terpencil sehingga dapat mempercepat para relawan untuk mempercepat waktu pembagian masker ini. 

Kapal ini sudah mulai bergerak sejak Sabtu, 11 April 2020 yang dimulai bergerak dari perairan Danau Toba Onanrunggu dan direncanakan akan terus berlayar selama seminggu penuh. 

"Masker yang akan kita bagikan sebanyak 50 ribuan lembar dan ditargetkan dapat dibagi diseluruh desa di Samosir," jelas Vandiko Gultom

Selain bantuan masker,Vandiko Gultom juga membagi-bagikan wastafel portable dan sudah ditempatkan di puluhan desa di Samosir.

Terpisah, seorang ibu boru Sinaga di Desa Buntu Mauli Kecamatan Sitiotio menyampaikan rasa terimakasih atas kepedulian dari Vandiko Gultom untukmencegah penularan wabah Corona di Samosir.

"Saya berterimakasih buat Vandiko Gultom yangtelah membagikan masker kepada kami warga Buntu Mauli ini, semoga Vandiko Gultom sehat selalu dan dapat jadi panutan di Samosir kita ini" ujar Boru Sinaga.

Ditempat yang sama, Renta seorang anak muda di desa Buntu Mauli mengapresiasi misi kemanusiaan yang di usung Vandiko Gultom untuk mencegah penularan Covid-19 di Samosir.

"Kiranya hal yang positif yang dilakukan Vandiko menjadi contoh dan bermanfaat bagi masyarakat khususnya kaum muda," ujar Renta.

Simak Video Gerakan Vandiko :


(gb-AS01)