Antispasi Rusuh Dampak Corona, Polres Samosir Gelar Simulasi TFG

VIDEO

Antispasi Rusuh Dampak Corona, Polres Samosir Gelar Simulasi TFG

Green Berita
Selasa, 21 April 2020

Situasi Pelaksanaan Tactical Floor Game di Polres Samosir
SAMOSIR,GREENBERITA.com- Guna melakukan antisipasi kerusuhan akibat dampak pandemi Corona, Pollisi Resor Samosir menggelar Simulasi Tactical Floor Game (TFG) Simpam Kota pada Senin, 20 April 2020 di halaman Mako Polres, Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.
Kegiatan yang dimoderatori Kabag Ops Polres Samosir Kompol Bernad Naibaho ini dilakukan pasca kebijakan pemerintah mengeluarkan PP 21 tahun 2020 tentang pembatasan sosial berskala besar dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 sehingga dikhawatirkan terjadi rusuh massa yang berujung tindakan anarkis.
Hal ini dibenarkan Kapolres Samosir AKBP.M.Saleh ketika dikonfirmasi greenberita pada Senin, 20 April di MakoPolres Samosir.
"Ini adalah kegiatan tactical floor game dalam rangka mengantisipasi terjadinya chaos atau penjarahan akibat permasalahan covid-19 yang tetap berlanjut," tegas AKBP. M. Saleh.
Dalam Tactical Game Floor yang dihadiri unsur TNI ini digambarkan bagaimana mempermudah dalam memberikan gambaran kepada anggota sehingga dapat memahami tugas pokok, fungsi dan perannya masing-masing dalam keamanan antisipasi kerusuhan. "Ini masih latihan pertama, pada saat simulasinya kita akan mengundang seluruh instansi terkait," tambah M.Saleh.
Menurutnya, saat ini situasi keamanan di Kabupaten Samosir dinyatakan aman dan belum ada potensi yang mengganggu.
"Tapi Polri harus siap dan tidak under estimate, kami wajib mempersiapkan diri apapun yang terjadi," tegas Kapolres yang dikenal sangat berbaur ditengah warga Samosir.
Dalamt TGF ini pemetaan dilakukan di titik rawan seperti bank, pasar tradisonal, supermarket dan tempat lainnya disetiap kecamatan se-kabupaten Samosir yang mempunyai potensi terjadi kerusuhan.
Kapolres Samosir berharap seluruh unsur masyarakat khususnya tokoh masyarakat dn tokoh agama dapat berperan dalam menciptakan situasi aman dan damai ditengah lingkungan masing-masing.
"Saya sangat percaya bahwa kita warga batak mempunyai sifat gentleman dan tidak punya sifat penjarah sehingga saya yakin dan percaya Samosir akan aman dibanding tempat lainnya," tegasnya.
Setelahnya, Kapolres Samosir AKBP. M. Saleh juga melakukan pembagian ratusan paket sembako kepada masyarakat serta bantuan lainnya.
"Hari ini kita telah memberikan bantuan dari Kapolres Samosir berupa dua mesin jahit listrik ke Desa Sihusapi guna pembuatan masker oleh masyarakat untuk mengantisipasi dan pencegahan Covid-19 di Samosir," tegas Kapolsek Simanindo AKP. TL.Tobing.
Hadir dalam kegiatan TGF tersebut seluruh kasat serta Kabag yang ada di Polres Samosir serta unsur TNI yang dipimpin Danramil Pangururan Kapten Panjaitan.

Simak Pernyataan Lengkap Kapolres Samosir, AKBP. M.Saleh:

(gb-AS02)

Loading...