Marhuale Simbolon: Saya Akan Ubah Blueprint Samosir -->

VIDEO

Marhuale Simbolon: Saya Akan Ubah Blueprint Samosir

Green Berita
Kamis, 23 Januari 2020

Balon Bupati Samosir, Laksma (Purn) Marhualen Simbolon
PANGURURAN,GRENBERITA.com- Marhuale Simbolon mengaku akan mengubah blueprint Samosir bila dipercaya rakyat Samosir menjadi Bupati Samosir kedepannya. 

Purnawirawan jendral angkatan laut berpangkat Laksamana Pertama ini menyatakan hal tersebut ketika melakukan pendaftaran sebagai calon Bupati Samosir ke DPC Partai Demokrat Kabupaten Samosir pada Kamis, 23 Januari 2020 di Pangururan, Samosir Sumatera Utara.

"Saya Marhuale, akan merubah blueprint Samosir dengan tegas dari berbasiskan pariwisata menjadi berbasiskan pertanian karena mayoritas warga Samosir adalah 85 persen petani," ujarnya tegas.

Blueprint adalah kerangka kerja terperinci sebagai landasan dalam pembuatan kebijakan yang meliputi penetapan tujuan dan sasaran, penyusunan strategi, pelaksanaan program dan fokus kegiatan serta langkah-langkah atau implementasi yang harus dilaksanakan oleh sebuah kabupaten/kota.

Menurutnya, perubahan blueprint Samosir dari pariwisata ke pertanian sangat diperlukan untuk meningkatkan perekonomiannya melalui pertanian yang dikelola rakyat. "Selama 15 tahun (kabupaten Samosir,red) tidak terperhatikan dan tidak tersentuh program pemkab Samosir (bidang pertanian, red) dengan mereka membuat blueprint Samosir ini berbasiskan pariwisata," tambahnya.

Marhuale meyakini dengan memprioritaskan APBD Samosir untuk pertanian maka akan mensejahterakan rakyat mayoritas petani dan tidak terpinggirkan seperti seperti selama ini. 

Akibat prioritas pembangunan yang tidak memihak kepada para petani,selama 15 tahun ini mengakibatkan banyak petani yang tidak produktif dan profesional.

"Saat ini saya banyak melihat warga yang tadinya adalah petani tapi penghasilan pertaniannya tidak cukup lagi membayar hutang, beli pupuk dan beli bibit sehingga mereka malas jadi petani sehingga tidak produktif dan profesional. Molo hata batakna mandokkon molo salelengon nunga pangula saunari gabe pangula-ngula," tegasnya.

Pendaftaran Marhuale Simbolon yang didampingi teamnya diterima oleh Sekretaris Penjaringan Calon Bupati Samosir Partai Demokrat, Mikronesia Sinaga dan Parluhutan Samosir yang juga anggota DPRD Samosir.

Setelah melalui verifikasi dan pemeriksaan administrasi, berkas pendaftaran Marhuale Simbolon pun diterima dan dinyatakan lengkap. 

"Kami hanya sebatas memeriksa dan mengusulkan para balon yg mendaftar untuk diteruskan ke DPP Partai Demokrat. Terkait keputusan siapa yag akan di rekomendasikan partai untuk menjadi calon bupati dari Partai demokrat, sepenuhnya akan diputuskan oleh DPP" ungkap Parluhutan Samosir.***


(gb-andrey siregar)

Loading...