Antisipasi Bencana Alam, Polres Samosir Apel Pasukan Aman Nusa II Toba -->

VIDEO

Antisipasi Bencana Alam, Polres Samosir Apel Pasukan Aman Nusa II Toba

Green Berita
Kamis, 09 Januari 2020

Polres Samosir lakukan gelar pasukan Aman Nusa-II Toba 2020 dihalaman Mako Polres Samosir, pada Kamis, 9 Januari 2020.

PANGURURAN,GREENBERITA.com- Polres Samosir melakukan gelar pasukan Aman Nusa-II Toba 2020 dihalaman Mako Polres Samosir, pada Kamis, 9 Januari 2020.

Apel gelar pasukan yang dikomandani Iptu Salomo Sagala ini digelar guna mengantisipasi terjadinya bencana alam diwilayah Kabupaten Samosir. 

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kapolres Samosir AKBP M. Saleh dalam arahannya mengajak serta menghimbau seluruh lapisan masyarakat bersama-sama menjaga kelestarian hutan serta tidak melakukan penebangan hutan secara ilegal. 

“Polres Samosir sepakat bahwa TNI-Polri serta Instansi terkait akan bersinergi dalam penanggulangan bencana alam di kabupaten Samosir dan  Apel Gelar Pasukan Aman Nusa Toba II ini merupakan bagian dari langkah antisipasi terjadinya bencana alam seperti di wilayah Jabodetabek yang menelan korban 66 jiwa orang meninggal dunia diakibatkan tanah longsor, hipertermia, tenggelam, dan kesalahan listrik," ujar AKBP.M. Saleh.

Kapolres yang dikenal sangat berbaur dengan warga ini berharap personel untuk memaksimalkan kesiapsediaan dalam menanganai bencana alam seperti yang terjadi beberapa waktu lalu di wilayah Kabupaten Samosir.

“Dengan terjadinya bencana alam di wilayah kabupaten Samosir antara lain banjir bandang di kecamatan Sitio-tio pada tanggal 8 Desember 2019, longsor yang terjadi di dusun III Sigarantung, kecamatan Simanindo dan kebakaran lahan yang sering terjadi sehingga dituntut kesiapsedian kita dalam tanggap bencana alam,” tambahnya.

AKBP Muhammad Saleh juga meminta personel untuk senantiasa siap sedia dan siap mental dan fisik dengan ​​komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat secara optimal.

Pemetaan lokasi rawan bencana alam di wilayah Kabupaten Samosir merupakan hal mutlak selain aktif berkoordinasi dengan instansi terkait untuk langkah antisipasi.

“Guna memaksimalkan kinerja, diminta kepada personel untuk menigkatkan koordinasi dan komunikasi dengan TNI, Basarnas, BPBD, Dinas PU, Dinas Kehutanan, tokoh masyarakat, adat, agama, pemuda serta media untuk penanggulangan bencana alam yang optimal serta melakukan pengawasan terhadap operasional perusahaan dan masyarakat yang berkaitan dengan lingkungan,” harapnya.

perahu karet, peralatan pendukung bencana alam
Turut hadir mengikuti Apel Gelar Pasukan Aman Nusa II Toba 2020 Polres Samosir antara lain personil TNI, personel Polres Samosir, Dinas BPBD, Dinas Sosial yaitu Tim Tagana Kabupaten Samosir dan personel dari Dinas Perhubungan setempat serta pihak terkait lainnya.

Dalam apel ini juga turut diperagakan peralatan pendukung seperti petahu karet, kantong mayat, save jaket, deteksi identifikasi, dll.

(gb-andrey siregar)

Loading...