Aman di Kunjungi, Kota Wisata Samosir Bebas Virus Corona

VIDEO

Aman di Kunjungi, Kota Wisata Samosir Bebas Virus Corona

Green Berita
Kamis, 30 Januari 2020

Sekretaris Dinas Kesehatan Samosir, Jalamar Sitanggang
PANGURURAN,GREENBERITA.com- Kabupaten Samosir sebagai salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi wisatawan asing ini dinyatakan bebas Virus Corona.

Pernyataan tersebut disampaikan Kadis Kesehatan Samosir melalui Sekretaris Dinas Kesehatan Samosir, Jalamar Sitanggang, SSi.Apt ketika dikonfirmasi wartawan pada Kamis,30 Januari 2020 di RS. Hadrianus Sinaga.

"Sampai saat ini Kabupaten Samosir sebagai destinasi wisata bebas dari virus Corona," ujar Jalamar Sitanggang.

Menurutnya, walaupun dinyatakan bebas dari virus yang mematikan ini namun protap pencegahan penularan virus Corona tetap dilakukan.

"Kita sudah menyurati puskesmas sebagai ujung tombak kita dikecamatan dan menyarankan supaya ketika terjadi kejadian pneumonia berat termasuk batuk dan panas segera melaporkan ke dinas," tambah Jalamar.

Dan bila ditemukan pasien dengan indikasi tersebut maka setiap puskesmas langsung merujuk pasien tersebut ke RSUD.Hadrianus Sinaga.

Untuk puskesmas yang ada disekitaran lokasi wisata yang banyak wisatawan asing menginap, Dinas Kesehatan Samosir mengaku tidak menyediakan peralatan khusus untuk melakukan pengecekan penderita virus corona ini. "Kita tidak menyediakan, biasa saja seperti pemeriksaan pneumonia biasa," jelasnya.

Puskesmas juga ditekankan untuk melakukan penyuluhan kepada masyarakat untuk melakukan pola hidup sehat dalam pekerjaan dan rumah tangga nya.

"Ciri penderita virus corona adalah biasanya dia akan mengalamai demam dan batuk serta sesak dalam waktu yang lama," ujar Jalamar.

Namun disayangkan sampai saat ini ruang isolasi untuk pasien terindikasi Virus Corona yang memenuhi standard belum tersedia di RSUD. Hadrianus Sinaga.

"Sampai saat ini di RSUD.Hadrianus Sinaga memang ruang isolasi yang memisahkan antara pasien yang terindikasi virus corona belum ada,namun kita akan komunikasi dengan direktur RS Harianus Sinaga," jelasnya.

Hal yang berbeda justru disampaikan oleh Direktur RSUD Hadrianus Sinaga, Dr. Friska Situmorang ketika dikonfirmasi melalui selulernya, yang mengatakan bahwa pihaknya sudah menyediakan ruang isolasi.

"Kita sudah punya ruang isolasi di RS. Hadrianus, jelasnya silahkan menghubungi KTU rumah sakit ya," ujar Friska.

Kepala Tata USaha (KTU) RSUD Hadrianus Sinaga, Hara Sigalingging membenarkan bahwa pihaknya sudah menyediakan ruang isolasi di rumah sakit kebanggan warga Samosir ini.

"Kita sudah ada ruang isolasi diruang K12 didekat perumahan dokter yang disudut, dengan 2 tempat tidur. Karena kebetulan hanya itu ruangan yang kosong," pungkas Hara Sigalingging.

Tonton Videonya yah :





(gb-andrey siregar)

Loading...