Para Dokter Gigi Samosir Akan Lakukan Bakti Sosial di Desa Hutarihit -->

VIDEO

Para Dokter Gigi Samosir Akan Lakukan Bakti Sosial di Desa Hutarihit

Green Berita
Kamis, 14 November 2019

PDGI Samosir Akan Lakukan Aksi Sosial pada Anak Usia Muda
PANGURURAN,GREENBERITA.com- Saat ini masalah kesehatan gigi dan mulut pada anak merupakan salah satu komponen masalah kesehatan yang harus diperbaiki dan tidak dapat diabaikan terutama pada tingkat sekolah dasar yang merupakan generasi muda.

Karenanya dalam rangka Hari Kesehatan Nasional, Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Samosir akan melakukan bakti sosial Penyuuhan Kesehatan Gigi dan Mulut serta Demonstrasi Sikat Gigi Bersama dan Pencabutan Gigi Susu untuk seluruh siswa kelas I sampai kelas VI diseluruh Desa Hutarihit, Kecamatan Nainggolan yang merupakan wilayah kerja Puskesmas Sirait pada Sabtu, 16 November 2019 mendatang. 

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Samosir, Dr.Nimpan Karokaro ketika berbincang tentang Hari Kesehatan Nasional (HKN) dengan greenberita.com pada Kamis, (14/11/2019).

"Benar, dalam rangka hari kesehatan nasional, PDGI Samosir melakukan gerakan bakti sosial untuk anak sekolah dasar di Desa Sari Marihit,Nainggolan.Dari dinas kesehatan, kami mendukungnya karena ini timbul dari nurani adek-adek dokter gigi yang rindu untuk melayani warga," tegas Nimpan Karokaro.

Terpisah, hal itu juga dibenarkan Ketua PDGI Samosir, drg. S.T.T Subarta Sagala ketika dikonfirmasi media ini melalui selulernya.

"Masalah kesehatan gigi dan mulut menjadi perhatian yang sangat penting dalam pembangunan kesehatan yang salah satunya disebabkan oleh rentannya kelompok anak usia sekolah dari gangguan kesehatan gigi. Karenanya, kami secara spontan dan terencana akan melakukan bakti soial ini untuk ana-anak generasi muda bangsa ini," tegas Subarta Sagala.

Menurutnya, usia sekolah merupakan masa untuk meletakkan landasan kokoh bagi terwujudnya manusia yang berkualitas dan kesehatan merupakan faktor penting menentukan kualitas sumber daya manusia. "Dalam rangka meningkatkan kesehatan gigi dan mulut anak-anak usia sekolah khususnya  dimasa pergantian dan pertumbuhan gigi dari gigi susu ke gigi tetap, harus dilakukan upaya preventif dan promotif dengan menanamkan sikap dan perilaku yang baik terhadap kesehatan gigi dan mulut lewat kegiatan penyuluhan dan pendidikan kesehatan serta tindakan dan perawatan yang ada," tambah Subarta.

Pada Bakti Sosial yang akan diikuti SD Negeri 22 Hutarihit, SD Negeri 07 Hutarihit, dan SD Negeri 09 Situri-turi dengan jumlah siswa sekitar 167 orang ini, akan diajarkan juga tindakan preventive dan promotif,  penyuluhan tentang kesehatan gigi dan mulut serta demonstrasi sikat gigi yang baik secara bersama dengan cara menyikat gigi yang benar dan pasta gigi yang mengandung flour. 

(gb-pardo)

Loading...