Juang Sinaga: Apresiasilah Yang Menang, Sayangi Yang Kalah

VIDEO

Juang Sinaga: Apresiasilah Yang Menang, Sayangi Yang Kalah

Green Berita
Sabtu, 26 Oktober 2019

Juang Sinaga Minta Calon Siap Menang dan Kalah serta MengapresiasiYang Menang dan Sayangi Yang Kalah Untuk Ciptakan Pilkades Damai di Samosir
PANGURURAN,GREENBERITA.com- Jelang pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Samosir, Polres Samosir bersama Pemkab Samosir bersama unsur muspida melakukan Rapat Koordinasi dan Deklarasi Damai Pemilihan Kepala Desa untuk Wilayah Kecamatan Pangururan pada Kamis, (24/10/2019).

Pelaksanaan Rakor dan Deklarasi Damai ini diikuti oleh seluruh calon kepada desa dan P2KDse-Kecamatan Pangururan serta dihadiri Danramil Pangururan, Wakapolres Samosir serta Camat Pangururan.

Dalam sambutannya, Wakil Bulati Samosir meminta kepada seluruh pihak untuk bersama mensukseskan pelaksanaan kepala desa serentak di Samosir pada Kamis,31 Desember 2019 mendatang.

"Mari bersama kita mensukseskan pilkades serentak ini. Khusus kepada calon kades, jangan tercemar dengan kebencian karena kita semua masih bersaudara. Maka siapaun yang menang berarti warga desa mau dia bekerja dan bukan untuk harajaon. Karenanya mari kita apresiasi yang menang dan sayangi yang kalah," tegas Juang Sinaga.

Juang Sinaga mencontohkan ketika dirinya harus bersaing dengan Rapidin Simbolon ketika hendak merebut posisi PAW Wakil Bupati Samosir periode 2010-2015 lalu. "Dulu saya bertanding dengan Rapidin Simbolon, dan ketika akhirnya anggota DPRD Samosir memberikan suara terbanyak kepada beliau, saya langsung menyalami dan mengucapkan selamat kepada Pak Rapidin Simbolon," tambahnya yang disambut tawa peserta rakor.

Bahkan, Juang Sinaga langsung menemui para pendukungnya yang dikawal ketat pihak kepolisian, dan menyatakan pengakuan atas kemenangan Rapidin Simbolon sambil memberikan apresiasi dan meminta pendukungnya untuk pulang dengan damai.

Menurutnya, pembangun dan politik desa hampir sama dengan membangun Kabupaten Samosir yang dipenuhi banyak intrik dan persoalan. "Namun kita tetap harus tulus dan ikhlas dan merelakan jiwa dan raga kita membangun Samosir khususnya desa. Menang dan kalah itu adalah hal yang biasa tapi kita tetap harus menjaga keharmonisan kita bersama, jangan hanya karena pemilihan ini kita tidak saling bercakapan bahkan bertemu digereja tidak saling menegur hanya karena pilkades dan calon bupati. Itu bukan kemenangan sesungguhnya, kemenangan sesungguhnya adalah damai," Ujar Juang Sinaga.

Juang Sinaga juga menantang para kepala desa yang kalah mau untuk datang dan menemui calon kepala desa yang menang untuk menciptakan suasana kondusifitas dan bersama dengan damai membangun desa kedepannya.

Calon Kades Panampangan Martiwan Sitanggang Menghadiri Penandatanganan Kesepakatan Damai Pada Rakor Pilkades di Aula Pemkab Samosir, Kamis,(24/10)
Namun disayangkan ketika pelaksanaan penandatanganan kesepakatan damai, masih banyak calon kades dari beberapa desa tidak hadir untuk menandatangani kesepakatan tersebut.

(gb-pardo)

Loading...