Pemkab Samosir Gandeng Investor Berdayakan Petani Tanam Bawang Putih

VIDEO

Pemkab Samosir Gandeng Investor Berdayakan Petani Tanam Bawang Putih

Green Berita
Minggu, 01 September 2019

greenberita.com
Pemkab Samosir Gandeng Petani Harian Galakkan Tanam Bawang Putih di Tele, Samosir
SAMOSIR,GREENBERITA.COM- Setelah menjajaki kerjasama dengan PT Wings terkait pemberdayaan petani untukmelakukan penanaman bibit kentang rendah kalori, Pemkab Samosir juga melakukan kerjasama dengan PT Niaga Global Modern. Kerjasama dengan sistem swakelola pertanaman bawang putih dengan para petani ini dilakukan di Desa Hariara Pintu, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara.
“Setahun lalu kita telah melakukan pertemuan dan kerjasama dengan PT. Niaga Global Modern dengan sistem swakelola, yaitu pihak investor menyediakan bibit unggul bawang putih untuk areal pertanaman seluas 12 hektare disana,” ujar Bupati Kabupaten Samosir Rapidin Simbolon melalui rilisnya kepada greenberita.com pada Sabtu (31/8/2019).
greenberita
Bupati Samosir Rapidin Simbolon dan Mr.Onaki dari PT. Niaga Global Modern Lakukan Penanaman Perdana di Desa Hariara Pittu, Samosir
Menurut Bupati, selain menyiapkan bibit unggul, pihak perusahaan juga menyiapkan dana operasional mulai dari menanam, perawatan sampai panen. Setelah itu hasil panen akan dibeli oleh investor dengan harga pasar yang berlaku pada saat itu sehingga petani tetap diuntungkan.
“Para petani tersebut hanya berkewajiban menyiapkan lahan dan tenaga kerja untuk mengolah lahan,” tambah Rapidin Simbolon.
Pada peresmian itu, Direktur PT.Niaga Global Modern Indonesi, Mr. Onaki turut hadir langsung di Desa Hariara Pintu, Kecamatan Harian."Kita siap melakukan investasi dengan luas area yang lebih luas dari yang 12 hektar saat ini bila para petani bersedia," ujar Onaki.
Bupati Rapidin Simbolon berharap kerjasama ini sukses dan bawang yang ditanam tumbuh dengan baik sehingga pada panen nanti menuai hasil yang melimpah.
(gb-fet)
loading...