Notification

×

Iklan

Iklan

Dalam Rangka Haornas, Besok PMI Samosir Lakukan Aksi Donor Darah

19 Sep 2019 | 09:49 WIB Last Updated 2019-11-10T13:31:30Z
Ketua PMI Samosir, Juang Sinaga Usai Menerima Media dan Panitia Aksi Donor Darah, Rabu (11/9/2019) 
SAMOSIR,GREENBERITA.com- Palang Merah Indonesia Cabang Kabupaten Samosir, Sumatera Utara menggelar aksi donor darah dalam rangka mensukseskan kegiatan Hari Olah Raga Nasional (Haornas) yang akan dilakukan pada Jumat, 20 September 2019 mulai pukul 08. 30 Wib di Tanah Lapang Pangururan.

Hal ini disampaikan Ketua PMI Samosir Juang Sinaga ketika dikonfirmasi greenberita melalui selulernya pada Rabu, (18/9/2019).

"Mendonorkan darah itu membantu sesama yang membutuhkan dan merupakan bagian dari ibadah. Karenanya kami mengundang seluruh warga untuk mengikuti aksi donor darah yang diselenggarakan PMI Samosir bekerjasama dengan Panitia Haornas Pemkab Samosir," ujar Juang Sinaga.


Menurut Juang Sinaga yang juga Wakil Bupati Samosir ini, Aksi Donor Darah ini dilakukan karena banyaknya kekurangan darah yang dialami warga Samosir baik itu ketika dalam perawatan di RS. Hadrianus Sinaga maupun di Puskesmas diwilayah Kabupaten Samosir. "Karenanya, secara pribadi saya mohon bantuan seluruh warga untuk berkenan menyumbangkan darahnya," harap Juang.

Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan

Sementara itu, Wakil Ketua PMI Samosir Dr. Nimpan Karokaro menyampaikan bahwa Donor Darah ternyata selain dapat bermanfaat bagi orang lain ternyata juga memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh pendonor itu sendiri.

Ketika dikonfirmasi greenberita.com pada Rabu, (18/9/2019), Nimpan Karokaro yang juga Kadis Kesehatan Kabupaten Samosir ini menyatakan mendonor sangat baik untuk kesehatan jantung bagi para penderita gangguan jantung. 

"Juga untuk para perempuan, sangat baik untuk kecantikan kulit karena donor darah mampu menunda penuaan diri serta menurunkan berat badan," ujarnya.

Berikut hal-hal yang baik dari kegiatan aksi donor darah, yaitu :

1. Kesehatan Jantung

Penelitian telah menunjukkan bahwa salah satu manfaat donor darah bagi kesehatan adalah membantu mengurangi kelebihan kadar zat besi dalam darah. Kelebihan zat besi dalam darah bisa berbahaya, karena hal ini berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular. Zat besi yang berlebihan bisa menyebabkan oksidasi kolesterol.
Produk oksidasi tersebut akan menumpuk pada dinding arteri dan ini sangat berpotensi terhadap serangan jantung dan stroke. Dengan mendonorkan darah, maka jumlah zat besi dalam darah akan lebih stabil.

2. Merangsang Produksi Sel Darah Merah

Selain zat besi, ternyata manfaat donor darah juga dapat membantu tubuh untuk menstabilkan jumlah sel darah merah. Anda tidak perlu panik dengan berkurangnya sel darah merah karena sumsum tulang belakang akan segera mengisi kembali sel darah merah yang hilang.
Sebagai pendonor, Anda akan mendapatkan pasokan sel darah merah baru setiap kali Anda mendonorkan darah. Hal ini merupakan langkah baik untuk menstimulasi pembentukan sel darah baru.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jika Anda sedang giat membakar kalori dalam tubuh, memilih untuk menjadi relawan pendonor darah adalah keputusan yang tepat. Dengan menyumbangkan sekitar 450 ml darah, akan terjadi proses pembakaran sekitar 650 kalori. Jumlah kalori ini sudah cukup banyak untuk dapat mengurangi berat badan.
Meski begitu, mendonorkan darah seharusnya tidak menjadi alternatif berolahraga, kalori yang terbakar mungkin sebagai manfaat sesekali bagi beberapa orang.

4. Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan Psikologis

Memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain, pastilah akan memberikan kepuasan psikologis tersendiri. Sebuah penelitian mengatakan, jika orang usia lanjut dan rutin menjadi pendonor darah bisa merasakan hidup lebih berenergi dan bugar.
  • Menghilangkan stres

Mengetahui bahwa mendonorkan darah dapat membantu kehidupan orang lain, tindakan terpuji ini dapat menghilangkan stres dan membuat Anda merasa lebih baik secara mental atau lebih baik daripada sebelumnya.
  • Merasa Senang Bisa Menyelamatkan Nyawa Orang Lain

Sungguh perasaan yang luar biasa dapat membantu dokter untuk menyelamatkan nyawa orang lain. Tidak ada pengganti sempurna untuk darah manusia. Darah yang Anda sumbangkan dibagi menjadi berbagai komponen sesuai dengan kebutuhan pasien. Setiap komponen dapat digunakan oleh penerima yang berbeda untuk berbagai keperluan.
Kebanyakan bayi yang baru lahir dapat mengambil manfaat dari donor darah tunggal karena kebutuhan darah mereka lebih ksedikit. Setiap kali mendonorkan darah, Anda dapat membantu hingga 3 atau 4 penerima individu. Berkat jiwa sosial Anda, manfaat donor darah dapat menyelamatkan jiwa orang lain.

5. Mendeteksi Penyakit

Prosedur standar sebelum mendonorkan darah adalah, darah Anda akan diperiksa dari berbagai macam penyakit, seperti HIV, hepatitis B, hepatitis C, malaria dan masih banyak lagi yang lainnya. Sangat penting untuk mengantisipasi penularan penyakit melalui tranfusi darah. Sisi baik bagi si pendonor adalah bisa mendapatkan informasi kesehatan secara langsung saat mendonorkan darah.

6. Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat donor darah yang selanjutnya adalah mengurangi risiko kanker tertentu pada orang yang secara teratur mendonorkan darahnya, berdasarkan sebuah studi yang dilakukan pada 2008. Ini termasuk kanker yang terkait dengan tingkat zat besi yang tinggi, termasuk kanker:
  • Hati
  • Usus besar
  • Paru-paru
  • Kerongkongan
  • Perut
Sebuah studi 2016 juga menemukan bahwa manfaat donor darah bagi tubuh dapat menurunkan penanda inflamasi dan meningkatkan kapasitas antioksidan.

7. Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Manfaat donor darah bagi tubuh selanjutnya adalah Anda bisa mendapatkan pemeriksaan kesehatan secara gratis. Ketika mendonorkan darah, Anda diwajibkan untuk menjalani pemeriksaan kesehatan. Seorang anggota staf yang terlatih akan melakukan pemeriksaan ini. Mereka akan memeriksa Anda mulai dari:
  • Nadi
  • Tekanan darah
  • Suhu tubuh
  • Kadar hemoglobin
Sementara darah Anda juga diuji untuk beberapa penyakit. Ini termasuk:
  • Hepatitis B
  • Hepatitis C
  • HIV
  • Virus West Nile
  • Sipilis
  • Trypanosoma cruzi

8. Mengurangi Kadar Zat Besi Dalam Darah

Sebuah penelitian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa 1 dari 2 ribu penduduk negara tersebut mengalami gangguan kesehatan yang disebut hemochromatosis yang terjadi karena kelebihan kadar zat besi dalam darah dan ironisnya para penderita cenderung tidak mengetahui kondisi kesehatan tersebut.
Telah dijelaskan sebelumnya, manfaat donor darah bagi kesehatan dapat mengurangi kadar zat besi yang juga bentuk pencegahan dari penyakit tersebut.

9. Merawat Kesehatan Organ Hati

Mengingat kelebihan zat besi dapat mengakibatkan gangguan kesehatan pada organ hati, sebuah penelitian menemukan bahwa penyakit seperti hepatitis C dan penyakit hati lainnya dapat disebabkan zat besi yang berlebih di dalam tubuh.

10. Menurunkan Kolesterol

Selain menurunkan detak jantung, tekanan darah, dan berat badan. Beberapa peneliti juga menemukan bahwa manfaat donor darah secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida. Tampaknya ini cara yang efektif untuk menurunkan kadar lipid Anda.
Namun, donor darah bukan satu-satunya alternatif menurunkan kolesterol, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan cara yang tepat untuk kolesterol

11. Panjang Umur

Berbuat baik untuk orang lain adalah salah satu cara untuk hidup lebih lama atau panjang umur, benarkah? Seperti dikutip dari time.com, sebuah studi di Health Psychology, menemukan bahwa orang yang secara sukarela karena alasan altruistik (naluri menolong orang lain) mengurangi risiko kematian signifikan sekitar empat tahun daripada mereka yang secara sukarela melakukannya untuk dirinya sendiri.
Meskipun manfaat donor darah bagi tubuh itu baik, jangan lupa siapa yang benar-benar Anda bantu. Satu sumbangan donor darah dapat menyelamatkan nyawa hingga tiga orang.

12. Mencegah Panuaan Dini

Selain panjang umur dan meregenerasi darah, manfaat donor darah secara berkala juga dapat memperlambat penuaan. Sebelumnya telah disebutkan bahwa kelebihan zat besi tidak baik bagi tubuh. Selain meningkatkan penyakit kardiovaskular, zat besi yang berlebihan meningkatkan radikal bebas, yang memicu penuaan dini.
(gb-frans)