Notification

×

Iklan

Iklan

Asyik, Rute ke Samosir Saat Ini Makin Mudah dan Nyaman

6 Jun 2019 | 15:00 WIB Last Updated 2019-11-10T13:38:47Z
KMP Ihan Batak
PANGURURAN,GREENBERITA.com- Pulau Samosir, pulau indah yang jadi ikon wisata Indonesia ini sekarang lebih gampang untuk dilalui dengan moda transportasi yang semakin memanjakan wisatawan sehingga selalu menarik disambangi wisawatan dalam negeri dan manca negara. 
Terletak di tengah Danau Toba, pulau vulkanik yang berjarak 206 km dari kota Medan ini menjadi tujuan destinasi utama yang tiada tandingnya di Nusantara. Buat Anda para traveller yang ingin bertandang ke Pulau Samosir, jangan ragu dan bimbang, pasalnya ada beragam cara untuk menginjakan kaki disana.
Untuk menuju ke Pulau Samosir, ada beberapa cara yang bisa Anda pilih untuk menyebrang ke Pulau Samosir, hal ini dikarenakan tempat-tempat penyeberangan berada di beberpa wilayah. Tak hanya itu, untuk menyeberang ke Pulau Samosir, tak selalu harus menggunakan kapal ferry, Anda juga bisa menggunakan speed boat, kapal wisata dan kapal penumpang bila Anda tidak menggunakan kendaraan pribadi.
Bila anda pingin naik Fery, ada 4 pelabuhan yang menyediakan penyeberangan dengan KMP Fery yang baik dan nyaman.
Pertama Pelabuhan Ajbata Fery Ihan Batak dari Ajibata menuju Ambarita di Samosir dengan kapasitas 32 unit mobil sekaliangkut.  Fery Ihan Batak ini adalah wujud tindak lanjut janji Presiden Jokowi ketika menyambangi Danau Toba beberapa waktu lalu.
Dan ini jadwal keberangkatan KMP Ihan Batak:
- Dari Pelabuhan Penyeberangan Ajibata, di Toba Samosir pukul 08.00 WIB, pukul 11.00 WIB, pukul 14.00 WIB dan pukul 17.00 WIB.
- Dari Pelabuhan Penyeberangan Ambarita, Pulau Samosir, pukul 09.30 WIB, pukul 12.30 WIB, pukul 15.30 WIB dan terakhir pukul 18.30 WIB.
Kedua, juga dari Pelabuhan Ajibata menuju Tomok di Pulau Samosir. Pelayanan penyebrangan kapal ferry ini beroperasi mulai pukul 08.30 dengan dua kapal ferry KMP Tao Toba I dan KMP Tao Toba II yang masing-masing mampu menampung 25 unit mobil.
KMP  Danau Toba
Pada hari biasa, penumpang tidak akan seramai pada saat liburan, sehingga hanya KMP Tao Toba II saja yang beroperasi. Sedangkan KMP Tao Toba I akan beroperasi bila ada lonjakan penumpang saat Natal, Tahun Baru, Idul Fitri ataupun libur nasional lainnya.
Waktu berlayar ferry ini dari Ajibata menuju Tomok hanya 30 menit dengan laju pada kecepatan rendah. KMP Tao Toba I dan Tao Toba II ini memiliki kapasitas 28 dan 40 unit kendaraan bermotor. Dengan biaya mobil beserta penumpang 4 orang sekita Rp 118 ribu sudah include asuransi dari PT Jasa Raharja.
Ketiga, dari Pelabuhan Tigaras-Simanindo. Fery yang dikelola Dinas Perhubungan Sumatera Utara yang bekerjasama dengan PT Pembangunan Prasarana ini melayani penyeberangan dari Dermaga Pelabuhan Tigaras mmenuju Simanindo. 
Pelabuhan ini lebih dekat bila Anda dari Medan dibandingkan harus ke Parapat. Dari pelabuhan ini, kapal yang melayani penyeberangan adalah KMP Sumut I dan II yang beroperasi sejak 2011 lalu, dengan masing-masing fery mampumenampun 12 unit kendaraan.
Dan yang Keempat, penyeberangan dari Dermaga Muara ke Sepinggan di Nainggolan, Pulau Samosir. Jalur ini dilayani oleh KMP Merah Putih dengan muatan sebanyak 12 unit kendaraan.
Penyeberangan dari Kecamatan Muara ini, tidak mngharuskan pengunjung melalui jalur Ajibata, Parapat. Ini memudahkan Anda yang melakukan perjalanan dari daerah Tapanuli. 
Namun, Anda yang tidak menggunakan kendaraan bermotor tak perlu khawatir, selain bisa menggunakan kapal ferry, bisa juga menggunakan kapal penumpang umum untuk sampai ke Pulau Samosir. 
Ada 9 trayek paala peumpang umum yang bisa Anda gunakan untuk menyeberang ke Samosir dari berapa dermaga kecil seperti Balige, Ajibata, Haranggaol dan Tiga Raja, dengan tujuan ke Onan Runggu, Nainggolan, Mogang, Simanindo, Pangururan dan Tomok (Lopo Parindo).
Setiap trayek kapal penumpang umum ini, setiap harinya ada yang melakukan perjalanan 1 kali sehari, 5 kali hingga 10 kali seharinya. Sedangkan untuk trayek kapal wisata, lebih banyak dari Parapat yakni Ajibata menuju Tomo Tour 14 kali sehari dan dari Tiga Raja menuju Tuktuk 8 kali sehari. Untuk tariff penyeberangan Rp10 ribu untuk kapal penumpang umum dan Rp15 ribu untuk kapal wisata.
Ada pilihan lain dengan speed boat, memang harga sedikit mahal dan goncangan ombak akan lebih kuat dibanding dengan yang lainnya. Untuk speedboat Anda akan dikenakan biaya Rp500 ribu, mahal memang tapi Anda lebih puas untuk menjelajah Danau Toba sebelum sampai ke Samosir.
Dan pilihan terakhir adalah melaluijalur darat yaitu dari Tele langsung menuju Ibu Kota Kabupaten Samosir di Pangururan.
Keindahan Jalan Tele
Saat ini perjalanan darat Tele begitu memukau dengan pemandangan yang spektakuler ditambah ruas jalan yang semakin luas dan kualitas jalan yang semakin baik dan rambu rambu lalu lintas yang lengkap.
Jadi, tunggu apalagi? Ayo ke Samosir dan nikmati alam indah ciptaan Tuhan yang luar biasa ini. Anda pasti nyaman, bahagia serasa dirumah sendiri dengan budaya yang tinggi dan penduduk yang ramah.
(green-ft)