Notification

×

Iklan

Iklan

Bawaslu Samosir Akan Patroli Tangkap Pelaku Money Politik Pemilu

8 Apr 2019 | 13:59 WIB Last Updated 2019-09-19T07:14:03Z
Ketua Bawaslu Samosir, Anggiat Sinaga
SAMOSIR, GREENBERITA.com - Menyikapi dugaan maraknya praktik Money Politik (Politik Uang) di Samosir, Kapolres Samosir menyatakan akan melakukan penyelidikan dan penangkapan terhadap pelaku money politik pada Pemilu 2019 ini.

Terkait hal ini, Bawaslu Samosir mendukung dan mengapresiasi rencana Polres Samosir ini dan siap mendukung dan melakukan operasi bersama melakukan OTT (operasi tangkap tangan)   di lapangan.

"Kita mengapresiasi komitmen Polres Samosir untuk mencegah dan menindak  penyebar money politik, dan kita tetap melakukan koordinasi dan Bersinergis melalui sentra Gakumdu untuk menindak pelaku money politik, " ujar Ketua Bawaslu Samosir, Anggiat Sinaga ketika dikonfirmasi greenberita.com diruang kerjanya, Senin, (8/4/2019).

Kedepannya, Bawaslu Samosir akan menginstruksikan pengawas pemilu di semua tingkatan di Kabupaten Samosir untuk melakukan patroli patroli di lapangan mencegah dan menindak pelaku money politik.

"Dimasa tenang nanti, kita akan apel bersama dan menginstruksikan seluruh jajaran pengawas kita melakukan patroli dilapangan untuk mencegah pelaku money politik yang mencoreng nilai nilai demokrasi ini, " tambah Anggiat.

Menurut pengamatan Bawaslu Samosir, praktik money politik biasanya dilakukan pada masa injury time seperti dimasa tenang tanggal 14-16 April 2019 nanti.

"Inikan seperti main sepakbola, fase-fase nya ini biasanya kan di injury time menyerang seperti di masa tenang, tapi tidak tertutup juga sebelum masa tenang," tegas Anggiat, mantan penggiat LSM ini.

Sebelumnya diberitakan, akibat maraknya dugaan politik uang di Samosir disikapi dengan tegas oleh Polres Samosir dengan mengerahkan anggotanya untuk melakukan penyelidikan dan penangkapan kepada para pelaku money politik.

"Kita akan mengerahkan anggota untuk melakukan penyelidikan dan bila ditemukan akan melakukan penangkapan terhadap pelaku money poltik karena ini sudah meresahkan masyarakat dan merusak demokrasi sehat di pemilu kita ini," ujar Kapolres Samosir AKBP. Agus Darojat kepada greenberita.com ketika ditemui diruang kerjanya beberapa waktu lalu, Kamis, (5/4/2019).

Kapolres yang mahir menyanyi bahasa batak ini juga menghimbau seluruh masyarakat untuk berani  melapor bila menemukan praktik politik uang dilingkungannya.

"Bila ada masyarakat menemukan indikasi-indikasi nya dan mencurigai terjadi praktik money politk, laporkan kepada saya, kami akan menindak tegas dan kami akan menjamin keamanan dan merahasiakan identitas pelapor," tambah Agus Darojat.

(green-ft)