Notification

×

Iklan

Iklan

MGR. Kornelius Sipayung OFM CAP Resmi Ditahbiskan Uskup Agung Medan

5 Feb 2019 | 11:13 WIB Last Updated 2019-02-05T04:13:36Z
MEDAN, GREENBRITA.com — Minsinyor (Mgr) Kornelius Sipayung OFMCAP resmi ditahbiskan menjadi Uskup Agung Medan, Sabtu (2/2) di Gedung Serbaguna Jalan Wiliam Iskandar, Medan , Sabtu (2/2). Disaksikan ribuan jemaat, para pastor, uskup, dubes serta undangan, putra asal Kabupaten Simalungun ini ditahbiskan MGR Piero Pioppo.

Kornelius Sipayung menggantikan Mgr Anicetus Sinaga yang memasuki masa pensiun di usia ke-75 tahun, selanjutnya akan bergelar Uskup Emeritus.

Mgr Kornelius Sipayung OFMCAP, lahir di Bandar Hinalang, Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, pada 26 Agustus 1970. Terpilih pada 8 Desember 2018 menggantikan Mgr Anicetus Bongsu Antonius Sinaga. Sebelumnya mengampu jabatan sebagai Uskup, Kornelius Sipayung merupakan Minister Provinsial Kapusin Medan.

Menjalani masa novisiat di Biara Kapusin Pematang Siantar dan menjalani pendidikan di Seminari Menengah Christus Sacerdos, Pematang Siantar. Menempuh studi lanjut di Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi (STFT) Santo Yohanes, Pematang Siantar. Pada 22 Agustus 1998, mengucapkan kaul kekalnya sebagai anggota Ordo Kapusin dalam Provinsi Medan. Menerima Sakramen Imamat pada tanggal 11 Desember 1999 oleh Uskup Agung Medan, Mgr. Pius Datubara, OFM Cap. Menerima
penugasan perdana di Paroki Santa Perawan Maria diangkat ke Surga, Kabanjahe, Kabupaten Karo.

Dilansir dari target24jamnews.com, Pada tahun 2002, ia ditugaskan untuk kembali menjalani studi dalam bidang teologi dogmatik di Universitas Kepausan Gregoriana, Roma dan juga mengikuti pelatihan bahasa Inggris di Brisbane, Australia. Sekembalinya ke Indonesia tahun 2005, ia menjadi formator di Seminari Tinggi Kapusin Pematang Siantar dan dosen dalam bidang teologi di STFT Santo Yohanes Pematang Siantar hingga 2015. Pada tahun 2012, ia terpilih menjadi staf dalam Provinsialat OFM Kapusin Medan dan kemudian menjadi Wakil Minister Provinsial Ordo Kapusin di Provinsi Medan.

Pada tahun 2015, ia terpilih menjadi Minister Provinsial Ordo Kapusin Medan, sebelum terpilih kembali pada Kapitel tanggal 12–16 Februari 2018. Ia pun merupakan anggota kolaborator dalam membentuk kerjasama jaringan antara Ordo Kapusin Provinsi Pontianak dan Medan, serta menjadi Kustodian untuk Sibolga dan Nias. Hal yang serupa dilakukannya juga dalam kapasitasnya sebagai anggota di wilayah Asia-Pasifik dalam Konferensi Kapusin Asia-Pasifik (Pacific-Asia Capuchin Conference, PACC). Menjadi anggota Komisi Teologi dalam Konferensi Waligereja Indonesia. Menjabat anggota Dewan Imam dalam Keuskupan Agung Medan dan menjadi Ketua Yayasan Harapan Jaya dan Caritas. (rel-marsht)