Keren, Polisi Simanindo Jadi Contoh Dorong Warga Aktif Beternak Ayam

VIDEO

Keren, Polisi Simanindo Jadi Contoh Dorong Warga Aktif Beternak Ayam

Green 5
Kamis, 07 Februari 2019


SIMANINDO, GREENBERITA.com - Kapolsek Simanindo Iptu. T. L.Tobing melakukan pemantauan kegiatan inovasi Bhabinkamtipmas di Desa Garoga yang dilakukan Bripka Y.R Munthe.

Adapun kegiatan tersebut berupa pembinaan kepada masyarakat perorangan maupun kelompok peternak ayam kampung yang berada di dusun satu Desa Garoga Kecamatan Simanindo.

Kegiatan ternak binaan Bhabinkamtipmas ini tidak terlepas dari peran Kapolesk Simanindo sebagai pimpinan yang selalu mendorong Bhabinkamtibmas agar dapat berinovasi ditengah-tengah masyarakat dengan tujuan agar dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di sana.

Sementara itu, BRIPKA Y.R Munthe ketika dikonfirmasi wartawan pada Kamis (7/2/2019), menghargai semangat para warga dalam berwirausaha.

"Peluang usaha untuk peternakan ayam kampung sangat baik dan saya sendiri pun telah ikut mulai beternak sejak tahun 2014 hingga sekarang dan selama itu tidak menemukan masalah dalam pemeliharaan ayam, hanya saja ada kendala dipemasaran mengingat daya serap pembeli ayam kampung di Kabupaten Samosir masih sangat kecil. Untuk itu Bhabinkamtibmas dan peternak sangat berharap kepada pemerintah Kabupaten Samosir agar dapat membantu pemasaran ayam kampung tersebut sampai keluar wilayah Kabupaten Samosir guna memperlancar usaha para peternak ayam kampung masyarakat ini," ujar Munthe.

Dijelaskan juga bahwa ayam kampung yang diternakkan adalah ayam kampung super yang lama pemeliharaan nya selama 3 bulan dapat menghasilkan per ekornya rata-rata 1,2 kilogram per-ekor dengan metode pemberian pakan olahan yang dibuat sendiri namun tidak mengurangi sumber protein yg dibutuhkan oleh ayam tersebut.

"Jadi tidak seluruhnya menggunakan pakan pabrikan (Voer/pellet). Ini berguna untuk menekan biaya operasional mengingat harga pakan ternak sangat mahal," pungkas Munthe. (Rel)
loading...