Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Samosir Telah Tentukan Nama Sekda, Ini Jawaban Kepala BKD Rohani Bakara

19 Mar 2024 | 18:35 WIB Last Updated 2024-03-20T07:16:10Z

Kepala BKD Samosir Rohani Bakara 

GREENBERITA.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir, Provinsi Sumatera Utara melalui Panitia Seleksi Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Secara Terbuka Kabupaten Samosir tahun 2024 melakukan gelar lelang jabatan untuk mengisi jabatan Sekretaris Daerah, Satu Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik dan tiga kursi eselon II B atau setara jabatan kepala dinas yang sedang kosong.


Hal tersebut disampaikan Kepala BKD Samosir Rohani Bakara ketika dikonfirmasi greenberita pada Selasa, 19 Maret 2024.


"Dari hasil seleksi tersebut, Panitia Seleksi Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Secara Terbuka Kabupaten Samosir tahun 2024 pada tanggal 29 Februari 2024 yang lalu telah memutuskan 3 nama untuk jabatan Sekretaris Daerah yaitu Hotraja Sitanggang, Marudut Tua Sitinjak dan Waston Simbolon," ujar Rohani Bakara.


Sementara untuk 3 nama untuk jabatan Staf Ahli Bupati Samosir bidang Hukum dan Politik, Panitia Seleksi memutuskan nama Arnold Sitorus, Saut Mariasi Manihuruk dan Tommy Christmas Naibaho.


Dari ketiga nama khusus untuk jabatan Sekretaris Daerah tersebut lalu diajukan Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom kepada Komisi ASN (KASN) untuk diberikan rekomendasi dan setelahnya disampaikan satu nama oleh Bupati Samosir kepada Gubernur Sumatera Utara untuk kemudian disetujui.


"Dari tiga nama tersebut, Pak Waston Simbolon telah resmi pensiun pada 01 Maret 2024 yang lalu," jelas Rohani Bakara.


Ketika dikonfirmasi satu nama yang dipilih dan diajukan oleh Bupati Samosir dari 3 nama tersebut kepada Gubernur Sumatera Utara, Rohani Bakara menjawab diplomatis.


"Kalau masalah itu, sudah berproses administrasi setelah KASN telah memberikan rekomendasi tetap kepada tiga orang tersebut walaupun satu sudah pensiun," ujar Rohani Bakara.


Ketika didesak wartawan apakah nama yang telah dipilih Bupati Samosir sebagai Sekretaris Daerah nya adalah Marudut Tua Sitinjak, dijawab Rohani Bakara untuk bersabar menunggu pelantikan.


"Nantilah setelah pelantikan, rencananya besok (Rabu, 20 Maret), itu saja karena sifatnya kan rahasia, tapi yang pasti pilihan Bupati melalui surat ke Gubernur Sumatera Utara sudah dikirim Jumat yang lalu," terang Rohani Bakara.


Direncanakan pelantikan pada Rabu, 20 Maret 2024 adalah untuk jabatan Sekretaris Daerah dan Staf Ahli Bupati bidang Hukum dan Publik setelah diumumkan Gubernur Sumatera Utara melalui aplikasi.


"Tapi khusus untuk jabatan Kepala Dinas Kependudukan dan Capil karena jabatan ini sudah semi vertikal, walaupun sudah ada rekomendasi dari KASN, tapi Dirjen Dukcapil Kemendagri harus melakukan assessment terhadap 3 orang tersebut," sambung Rohani Bakara.


Sampai saat ini pejabat setingkat eselon II yang masih lowong di Kabupaten Samosir adalah Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Kadis PUTR dan Asisten III serta satu jabatan yang akan ditinggalkan oleh Sekretaris Daerah terlantik.


(Gb-Ferndt01)