Notification

×

Iklan

Iklan

Wali Kota Siantar Kerjasama dengan Asosiasi Psikologi Pendidikan Indonesia Sumut

9 Des 2023 | 19:37 WIB Last Updated 2023-12-09T12:37:49Z

 

Wali Kota Siantar Kerjasama dengan Asosiasi Psikologi Pendidikan Indonesia Sumut



GREENBERITA.com-Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA menandatangani kerja sama antara Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar dengan Asosiasi Psikologi Pendidikan Indonesia (APPI) Wilayah Sumatera Utara (Sumut). Penandatanganan kerja sama tersebut bersamaan dengan kegiatan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) APPI Wilayah Sumut di ruang Serbaguna Bappeda Pematang Siantar, Sabtu (09/12/2023).


Mengawali sambutannya, dr Susanti mengucapkan selamat datang kepada para peserta Rakerwil yang hadir di Kota Pematang Siantar


"Di sini kami hidup penuh toleransi dengan berbagai suku, ras, dan agama. Kota Pematang Siantar adalah miniaturnya Indonesia dengan slogan Sapangambei Manoktok Hitei, yang artinya bergotong royong untuk tujuan yang mulia,” sebut dr Susanti.


Dalam kesempatan tersebut, dr Susanti mengajak peserta rakerwil untuk mengunjungi banyak situs sejarah dan wisata religi di Kota Pematang Siantar, termasuk UMKM serta kuliner yang bisa dikunjungi.


“Di sela-sela agenda rakerwil, dan esok city tour menggunakan becak BSA, yang merupakan ikon Kota Pematang Siantar," sebut dr Susanti. 


dr Susanti juga mengucapkan terima kasih dengan terpilihnya Kota Pematang Siantar menjadi tuan rumah Rakerwil APPI Wilayah Sumut.


"Kami akan menjadi tuan rumah yang baik. Pada saat ini ada dua momentum yang begitu penting bagi kita, yakni penandatanganan kerja sama antara Pemko Pematang Siantar dengan APPI Wilayah Sumut serta rapat kerja. Kiranya kegiatan ini dapat memperkuat perwujudan Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas demi Pematang Siantar Bangkit dan Maju dalam penataan program serta kontribusi yang positif pada pembelajaran psikologi secara umum," sebut dr Susanti.


dr Susanti juga berharap momen rapat kerja menjadi saat yang tepat bagi APPI Wilayah Sumut untuk melakukan evaluasi, koordinasi, dan rekonsiliasi, khususnya di dalam penataan program-program yang dapat memberikan kontribusi yang positif bagi kemajuan APPI itu sendiri.


“Dan tentunya ikut membantu di dalam mengoptimalkan pembelajaran, dan pendidikan psikologi secara umum di wilayah Sumatera Utara,” tutup dr Susanti..


Sebelumnya, Ketua Panitia Rizty Desta Mahestri Ginting MPsi Psikolog dalam laporannya menyampaikan Rakerwil berlangsung selama dua hari, yakni Sabtu (09/12/2023) dan Minggu (10/12/2023).


“Pembentukan panitia Rakerwil Sumut selama dua bulan sebelum raker, dan telah dilakukan beberapa kegiatan pra raker di antaranya pelatihan dengan praktisi 80 ilmuwan dan webinar nasional. Raker psikolog dihadiri 45 orang peserta dengan luring dan daring,” sebut Rizty Desta yang juga Ketua Ikatan Alumni Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara (USU) ini.


Rizty Desta juga menjelaskan tema Pra Rakerwil yang telah dilakukan sebelum raker adalah “Deteksi Ciri Korban Pelecehan Seksual dan Bully pada Siswa”.


Lebih lanjut Rizty Desta mengucapkan terima kasih kepada panitia serta relawan mahasiswa dari Fakultas Psikologi USU dan Universitas Prima Indonesia, serta Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti.


Desta yakin kegiatan tersebut dapat membawa manfaat bagi perkembangan psikologi pendidikan di wilayah Sumut. 


Sementara itu, Ketua APPI Wilayah Sumut Tarmidi Phd Psikolog mengatakan kegiatan APPI berkaitan dengan pendidikan dan parenting, serta dapat saling bekerja sama. Rakerwil diharapkan bisa menghasilkan program-program kemasyarakatan agar masyarakat semakin paham yang menjadi kebutuhan psikologi.


“Saatnya kita memberikan peran dalam membangun bangsa dan negara dengan bidang pendidikan psikologi,” ujarnya.


Acara dilanjutkan dengan penandatanganan Memorandum Of Agreement (MoA) antara APPI dan Pemko Pematang Siantar serta saling bertukar cenderamata.


Hadir dalam kesempatan tersebut, Dewan Pakar Pengurus APPI Dr Muthiya Nauli MSi Psikolog relawan mahasiswa dari USU dan Universitas Prima Indonesia, serta sejumlah pejabat Pemko Pematang Siantar di antaranya Staf Ahli Wali Kota Bidang Pemerintahan Dra Happy Oikumenis Daely, Kepala Bappeda Dedi Idris Harahap, Plt Kadisdik Barmen Manurung MPd, Kadis PP dan KB Hasudungan Hutajulu, Kabag Tapem Robert Sitanggang SSTP, perwakilan BKPSDM.



 (Gb-rijalDM)