Notification

×

Iklan

Iklan

Aquabike Semakin Sempurna oleh Kehadiran Taman Totem Dunia di Waterfront City Pangururan Samosir

18 Des 2023 | 12:59 WIB Last Updated 2023-12-18T06:03:08Z

Keunikan Taman Totem Dunia semakin melengkapi meriahnya Aquabike Jetski Internasional di Waterfront City Pangururan, 22-26 November 2023.

 
GREENBERITA.com- Event Aquabike Jetski Internasional akhirnya usai digelar di beberapa Kabupaten di Kawasan Danau Toba yaitu Kabupaten Dairi, Kabupaten Karo, Kabupaten Samosir dan Kabupaten Toba.


Aquabike Jetski World Championship Danau Toba sendiri diselenggarakan dari tanggal 22-26 November 2023. Ada 22 negara yang akan berpartisipasi dan melibatkan lebih dari 100 rider ditambah 200 official.


Di Kabupaten Samosir sendiri, event Aquabike digelar pada Rabu sampai Jumat atau 22-24 November 2023 di Waterfront City Pangururan.


Waterfront City Pangururan berada di Kecamatan Pangururan seluas 6,4 hektare yang berkonsep pembangunan di Pulau Samosir yang menghadap perairan Danau Toba dan menikmati Pulau Samosir.


Waterfront sepanjang 1,5 kilometer ini merupakan galeri terbuka yang menceritakan alam dan budaya Samosir. Waterfront City Pangururan menjadi museum terbuka karena akan memiliki lima segmen yang menunjukan beragam budaya. 


Bekerjasama dengan Injourney Kementerian Marves dan Kemenpora, Pemkab Samosir berhasil sukses menggelar Aquabike Jetski Internasional dengan antusias yang sangat tinggi dari puluhan ribu warga yang hadir menyaksikan event ini.


Event Aquabike Jetski Internasional ini semakin semarak dengan peresmian Taman Totem Dunia di Kawasan Water Front City Pangururan oleh Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom pada Kamis (23/11/2023).


Dibuktikan dengan Kehadiran masyarakat Suku Komoro dengan Tarian khas sukunya yang disambut dengan tarian Batak diiringi gondang alat musik tradisional Batak.


Terlihat Taman Totem Dunia berdiri Patung Si Tolu Harajaon dari Samosir  dan Totem Komoro dari Papua. 

Patung tersebut diresmikan dengan acara adat masing-masing suku.  Patung si Tolu Harajaon diresmikan Lembaga Adat dan Budaya Kabupaten Samosir bersama Bius Sitolu Hae Horbo Kecamatan Pangururan.



Peresmian Taman Totem Dunia ini merupakan perpaduan adat dari suku Komoro Kabupaten Mimika Provinsi Papua dengan Totem Dalihan Natolu adat Batak.



Dengan adanya Totem ini, Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom berharap akan ada totem-totem lainnya yang akan mengisi Taman Totem Dunia di Samosir.   



"Keberadaan Totem akan memiliki keunikan tersendiri yang menggambarkan bahwa dengan keberagaman budaya di Indonesia akan tetapi dapat berdiri bersama disamping meningkatkan pariwisata, keberadaan Totem juga semakin menguatkan bahwasanya Indonesia sebagai negara yang berbudaya sama halnya dengan Kabupaten Samosir sebagai peradaban suku Batak," ujarnya.



Usai menonton Aquabike Jetski Internasional, tampak para penonton langsung mengunjungi totem tersebut sembari berphoto bersama dengan keindahannya Danau Toba sebagai latarnya.



Ketika malam hari tiba, para pengunjung langsung mendekat kepada Taman Air Menari yang ada di Waterfront City lengkap dengan lampu yang begitu indah di latar Danau Toba.



Dimana, air mancur tersebut bisa menampilkan air yang menari ibaratnya manortor, bahkan bisa juga menampilkan film seperti menonton bioskop.



Yang paling menarik dari air mancur tersebut adalah, ketika airnya menari juga dihiasi dengan lampu-lampu yang sangat modern, sangat indah dan unik dilihat mata, sehingga nyaman ditontonan masyarakat.



Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua datang jauh-jauh, dan rela mengorbankan waktunya untuk melihat air mancur tersebut.



Pasca kesuksesan Aquabike Jetski Internasional ini, destinasi wisata di Samosir sudah mulai merata dan bergeser ke Ibu Kota Kabupaten Samosir yaitu Kota Pangururan.


Ini merupakan nilai tambah guna meningkatkan destinasi Pariwisata yang semakin mendunia sehingga menjadi tujuan wisata favorit di Indonesia. 


Samosir sang Negeri Indah Kepingan Surga semakin lengkap sebagai destinasi wisata diyakini akan berbanding lurus bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat nya. (Adv)