Notification

×

Iklan

Iklan

KIP Kuliah Beri Kesempatan Abituzar Nizam Al Taqi Kejar Cita Cita Jadi Arsitek di ISTP Medan

31 Des 2023 | 10:41 WIB Last Updated 2023-12-31T05:52:35Z

 

Abiyuzar Nizam Al Taqi bersama Rektor ISTP Semangat Debata Raja.ST.MT


GREENBERITA.com- Abiyuzar Nizam Al Taqi  salah satu peraih beasiswa KIP di ISTP Medan, menyampaikan terima kasih mendalam untuk Presiden Joko Widodo dan  khususnya dr Sofyan Tan atas beasiswa yang di terimanya sehingga cita citanya uuntuk jadi Arsitek bisa terwujud.


"Tidak ada kata yang bisa di ucapkan saat pertama kali menginjakkan kaki di Kampus ini, selain ucapan syukur kepada Allah atas nikmat dan rahmat yang di berikan dan ucapan terima kasih yang sedalam dalamnya dari lubuk hati saya untuk dr Sofyan Tan dan tak lupa untuk Rektor ISTP Semangat Debata Raja dan Wakil Dekan  Torang Partogi Simanjuntak " ucap Abiyuzar dengan terharu dan bahagia saat di wawancarai Greenberita pada 31 /12/2023


Abiyuzar adalah satu dari sekian banyak Mahasiswa yang menerima program beasiswa melalui KIP yang di canangkan pemerintah untuk pelajar yang kurang mampu 

Adapun profil dari ISTP tempat Abiyuzar kuliah di Jurusan Arsitektur sebagai berikut


Institut Sains dan Teknologi TD Pardede (ISTP) merupakan pendidikan tinggi pertama yang dirintis oleh T.D Pardede. Akademi Tekstil Pardede (ATP) merupakan cikal bakal ISTP, di bawah yayasan TD Pardede Foundation. ISTP mengemban misi untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi untuk menghasilkan lulusan berdaya saing yang memiliki jiwa disiplin, kejujuran, kreativitas, beriman dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. 


"Jika kalian tertarik dalam bidang sains dan teknologi, kampus ini dapat menjadi pilihan belajar," ujar Rektor ISTP Semangat Debata Raja.


Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan ISTP berdiri tahun 1987. Fakultas ini mengelola 1 (satu) Jurusan Teknik Arsitektur dan Program Diploma D-III Interior Desain dengan jumlah alumni lebih dari 193 orang. Jika Quipperian berminat dalam bidang arsitektur, dapat melanjutkan kuliah di fakultas ini.


Meski tergolong sebagai salah satu jurusan di Fakultas Teknik, Jurusan Arsitektur sebetulnya tidak melulu membahas masalah teknik, bahkan cenderung ke bidang seni dan estetika. Di Program Studi Arsitektur, kamu bakal mendesain bangunan sesuai kebutuhan dan tentu saja dengan memperhatikan nilai fungsi, keindahan, dan keamanan, ya! Tidak cuma berhenti sampai menciptakan desain nih, Quipperian juga akan dibekali dengan kemampuan perencanaan anggaran yang berguna saat membuat bagunan. 


Di jurusan Arsitektur tentu saja Quipperian akan belajar merancang sebuah bangunan. Mulai dari bentuk luar bangunan yang menarik, analisis kebutuhan ruang dari fungsi bangunan itu sehingga bisa optimal, mendesain denah serta interior, sampai gimana bikin tampilan bangunan semakin menarik. Kamu juga akan belajar struktur bangunan, tapi tidak sedalam Teknik Sipil. Selain itu, Quipperian akan dibekali cara mengatur rancangan anggaran dari material bangunan yang kamu rancang tadi. Jangan lupa juga, kamu harus memperhatikan aspek-aspek luar seperti alam, lingkungan, hingga hukum tata bangunan dalam merancang sebuah bangunan.


Mata kuliah yang bakal kamu temui selama 8 semester atau 4 tahun kuliah di jurusan Arsitektur antara lain Estetika Arsitektur, Mekanika Teknik, Arsitektur Digital, Teknologi Bahan, Perancangan Kota, Perancangan Perumahan, Metode Pemrogaman Desain Arsitektur, Metode Transformasi Desain, Studio Desain Arsitektur, dll. Tugas akhir yang umumnya dikerjakan oleh mahasiswa Arsitektur tentu saja merancang sebuah bangunan kemudian ditampilkan deh maketnya!


Saat ini beberapa kampus juga ada yang membuka jurusan Arsitektur Lanskap. Jadi, kalau Quipperian tertarik masuk jurusan Arsitektur tapi juga peduli sama pelestarian ekologis, cocok banget memilih Arsitektur Lanskap. Karena kamu bakalan belajar ilmu arsitektur yang memadupadankan seni dan arsitektur di bidang tata ruang luar. Di sini tantangannya bukan sekadar bagaimana merancang bangunan, tapi juga gimana kamu bisa memodifikasi iklim. Misalnya nih, gimana supaya daerah yang panas dan gersang bisa jadi lebih sejuk serta terhindar dari bencana alam.


Prospek Kerja

Prospek kerja yang menanti lulusan jurusan Arsitektur sangat banyak, Quipperian. Mulai dari pemerintahan, developer, hingga kontraktor. Lulusan Arsitektur bisa juga terjun ke bisnis kebutuhan lanskap, seperti tanaman taman, pot hias, material paving, dan lainnya. Mantap kan? Tinggal pilih deh bidang yang kamu banget, Quipperian!


Soal gaji, jangan khawatir, dijamin kompetitif kok. Apalagi jika kamu memiliki banyak pengalaman sebagai project architect. Sebenarnya, lulusan Arsitektur nggak melulu kerja di bidang rancangan bangun, tapi bisa lho masuk ke sektor pendidikan, perbankan, maupun media. Di situ kamu juga bisa mengembangkan potensimu. Misalnya di perbankan, kamu bisa masuk ke bagian kredit kepemilikan rumah. 


Atau di bidang media, kamu bisa jadi jurnalis untuk majalah desain rumah. Berikut ini beberapa pilihan karier yang bisa kamu tekuni:

Penilai Real Estate

Bagian perencanaan dan pengembangan Real Estate

Drafter

Resepsionis ( FO)

Operator Computer Aided Design (CAD)

Arsitek

Dosen

Wirausaha (Enterpreneur)


Wawancara di tutup dengan sebuah kata semangatbdari Abiyuzar Nizam Al Taqi untuk para calon penerima beasiswa selanjutnya 

Mengutip dari ucapan dr Sofyan Tan kata Abiyuzar


 " Kuliahlah dengan sungguh sungguh dan jadilah orang sukses,  supaya nanti bisa membantu rakyat miskin lainnya untuk bisa sekolah", dengan senyum penuh bahagia Abiyuzar melepas team  saat berpamitan meninggalkan kediaman Abiyuzar Nizam Al Taqi di sebuah gang kecil.di daerah Asam Kumbang.


Semoga apa yang di cita citakan dr Sofyan Tan dan juga Abiyuzar Nizam Al Taqi menjadi jalan anak muda generasi penerus bangsa ini menjadi anak muda cerdas dan bermartabat di masa yang akan datang.


(GB-RizalDM)