Notification

×

Iklan

Iklan

Pemkab Toba Libatkan Warga Sukseskan Aquabike World Championship 2023

22 Nov 2023 | 22:42 WIB Last Updated 2023-11-22T15:42:25Z



GREENBERITA.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toba, Sumatra Utara (Sumut) melibatkan seluruh lapisan masyarakat untuk menyukseskan perhelatan bertaraf internasional Aquabike Jetski World Championship 2023 atau Aquabike Jetski Danau Toba 2023.


 Berbagai persiapan pun telah dirampungkan Pemkab setempat.


"Persipaan sudah semua dilakukan, jadi kami sudah siap untuk menyukseskan event itu (Aquabike Jetski World Championship 2023)," kata Kepala Dinas Kominfo Toba Sesmon Toberius Butarbutar saat ditemui di Media Center Aquabike Jetski World Championship 2023 yang berlokasi di Pelabuhan Penyeberangan Danau Toba, Balige, Rabu (22/11/2023).


Penyelenggaraan Aquabike Jetski World Championship 2023 dikatakannya bakal mengukir prestasi dan sejarah baru, khususnya bagi masyarakat Toba. 


"Toba akan benar-benar menjadi tempat orang berwisata. Destinasi pariwisata Danau Toba akan semakin mendunia," ujar Sesmon.


Pemkab Toba sejak sebulan lalu sudah melakukan berbagai persiapan, baik dari sisi infrastruktur, pelibatan UMKM, penataan tempat wisata, akomodasi, dan juga sosialisasi ke masyarakat.

Masyarakat diberitahu bahwa ada event berskala internasional hadir di Toba, sehingga peran mereka menjadi penting untuk turut menyukseskan event itu. Apalagi diperkirakan, minimal 30.000 sampai 75.000 pengunjung akan mendatangi Toba.


"Kita lakukan sosialisasi bahkan di rumah ibadah, termasuk gereja. Tujuannya apa? Tujuannya adalah agar masyarakat juga mempersiapkan diri untuk menyambut para tamu yang datang dengan keramahan yang sejatinya dimiliki oleh masyarakat Toba," jelas Sesmon.


Selain sosialisasi, melengkapi infrastruktur penunjang juga diakukan dengan cermat. Dalam hal ini, tidak banyak yang dibenahi dan hanya melengkapi yang sudah ada, karena sebelumnya juga diselenggarakan event internasional, F1 Powerboat 2023.


"Jadi untuk event kali ini tinggal melengkapi dari apa yang sudah ada, karena sebelumnya ada F1 Powerboat 2023. Kalau kemarin ada yang kurang kita lengkapi, contoh salah satunya adalah mengenai penataan stand-stand UMKM. Jadi saya kira semua persiapan sudah selesai dilakukan dan Pemkab Toba sendiri siap menyukseskan event itu," pungkas Sesmon.


Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba digelar di empat kabupaten sekaligus yaitu Toba, Karo, Dairi, dan Samosir pada 22-26 November 2023.


Aquabike Jetski World Championship 2023 dimulai dengan nomor ketahanan lebih dulu pada 22 November 2023 di Kabupaten Karo yang bertajuk Karo Cup yang diikuti oleh 41 rider. Kemudian, Dairi Cup yang digelar di Kabupaten Dairi dan berlangsung sehari setelahnya. Kemudian nomor ini akan ditutup dengan Samosir Cup pada 24 November 2023 di Kabupaten Samosir. 


Secara total para pembalap akan melewati rute sejauh 188 km di nomor ini.

Setelah itu, Grand Prix (GP) Danau Toba 2023 akan memainkan nomor sirkuit di Kota Balige, Kabupaten Toba pada 25-26 November yang diikuti oleh 77 rider. Dalam nomor ini, ada lima kategori yang dipertandingkan yakni Ski GP1, Runabout GP1, Ski Ladies GP1, Freestyle, dan Parallel Slalom. 



(Gb-reel)