Notification

×

Iklan

Iklan

Parlindungan Purba Rayakan Deepavali bersama Umat Hindu dan Apresiasi Pasar Murah Walikota Medan

13 Nov 2023 | 19:19 WIB Last Updated 2023-11-13T12:19:21Z



GREENBERITA.com- Tokoh keberagaman Sumatera Utara Dr Parlindungan Purba menyampaikan salam hari Perayaan Deepavali kepada warga umat Hindu yang merayakannya pada Minggu, 12 November 2023.



"Deepavali mempunyai filosofi yang baik karena salah satu perayaan Agama Hindu yang berarti Festival Cahaya yang melambangkan kemenangan Kebaikan (Dharma) atas Keburukan (Adharma) dan melambangkan perayaan serta harapan manusia," ujar Dr Parlidungan Purba.


Parlindungan Purba berharap perayaan Deepavali yang dihiasi Lampu-lampu dan Cahaya tradisional Diya dan dirayakan pada bulan 'Ashwayuja' memberikan sukacita dan harapan baru kepada semua umat yang merayakannya.



"Lampu-lampu dan Cahaya tradisional Diya yang dirayakan pada bulan 'Ashwayuja' ino semoga memberikan sukacita dan harapan baru kepada semua umat yang merayakannya," ucap Anggota DPD RI 2004-2019 ini.


Secara khusus, Dr Parlidungan Purba memberikan apresiasi kepada Wali Kota Medan Bobby Nasution yang menggelar Pasar Murah Deepavali 2023 untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok menyambut Hari Raya Deepavali 2023.


"Karena setiap hari raya besar keagamaan lazimnya sering bahan pokok mengalami kenaikan harga, ini sebuah komitmen yang baik dari Pak Walikota," ujar Parlindungan Purba.


Sebelumnya, Walikota Medan Bobby Nasution membuka Pasar Murah Deepavali 2023 di Lapangan Baronet Medan, Sumatera Utara (Sumut), Kamis.


Pemkot Medan menginginkan warga Kota Medan yang merayakan Hari Raya Deepavali 2023 dengan penuh suka cita, tanpa memikirkan kenaikan harga bahan pokok.


Menurut Walikota Medan, pasar murah digelar untuk membantu masyarakat setempat memenuhi kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Deepavali 2023.


Adapun harga bahan pokok ditawarkan di Pasar Murah Deepavali 2023, yakni beras Rp10.800/kg, gula pasir Rp14.000/kg, tepung terigu Rp8.000/kg, telur ayam ras Rp1.200/butir, mentega Rp10.500, minyak goreng Rp13.500/liter, dan sirop pohon pinang Rp24.000/botol.


"Antisipasinya, kami mengadakan pasar murah. Mudah-mudahan ini bisa membantu, dan meringankan bagi masyarakat yang merayakan Deepavali," ujar Bobby Nasution.


Sementara itu Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kota Medan Benny Iskandar Nasution melaporkan tujuan digelarnya pasar murah ini untuk meningkatkan daya beli warga Kota Medan.


"Pasar murah ini akan berlangsung selama satu minggu. Bagi masyarakat yang ingin berbelanja silakan langsung datang ke lokasi pasar murah," ujarnya lagi.


(Gb-Ferndt01)