Notification

×

Iklan

Iklan

Parlindungan Purba Apresiasi dan Dukung Event Aquabike World Championship 2023 di Danau Toba

1 Nov 2023 | 09:38 WIB Last Updated 2023-11-01T02:38:07Z
Tokoh Masyarakat Sumatera Utara Dr Parlindungan Purba SH


GREENBERITA.com - Tokoh Masyarakat Sumatera Utara Dr Parlindungan Purba SH, MM mengapresiasi serta mendukung pelaksanaan event besar Aquabike World Championship dari tanggal 22 hingga 26 November 2023 mendatang.


Pernyataan tersebut disampaikan Dr Parlindungan Purba ketika dikonfirmasi greenberita pada Selasa malam, 31 Oktober 2023.


"Sungguh saya apresiasi kepada Pemerintah Pusat, Provinsi sumut, dan para kepala daerah sekitar Danau Toba yang menggelar acara ini, secara pribadi saya sangat mendukung kegiatan ini," tegas Parlidungan Purba.


Dia juga mengajak masyarakat untuk mensukseskan event olahraga air internasional ini karena dianggap dapat mendatangkan wisatawan mancanegara negara serta domestik.


"Yang pasti menjadi sorotan dunia, saya berharap dapat berkelanjutan terus sehingga menjadi agenda international dan para turis asing dan lokal dapat terus menghadiri setiap tahun dan mendatang devisa bagi masyarakat sekitar," jelas Parlidungan Purba.


Sebagai pebisnis, dirinya yakin event ini pasti akan mengundang para investor dalam membangun Kawasan Danau Toba.


"Tentunya akan menggerakkan para investor untuk menanamkan modalnya disekitar Kawasan Danau Toba yang pada akhirnya semakin membuka perekonomian masyarakat lokal," pungkas Parlidungan Purba.


Sebelumnya diberitakan Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom bersama Bupati Toba, Bupati Dairi dan Bupati Karo yang dipimpin Pj Gubernur Sumatera Utara Hassanudin menghadiri Press Conference persiapan gelaran Aquabike World Championship 2023 di Gedung Kemenko Marves, Jakarta, Selasa (31/10/2023).


Kejuaraan event internasional Jetski Dunia tersebut direncanakan akan digelar di empat kabupaten kawasan Danau Toba yakni Kabupaten Karo, Kabupaten Dairi, Kabupaten Samosir dan Kabupaten Toba, yang akan dimulai 22 hingga 26 November mendatang.


Event Aquabike World Championship 2023 merupakan kejuaraan pertama kalinya digelar di kawasan Danau Toba dan akan diikuti 118 riders dari 20 negara dan 10 riders lokal dalam negeri atau riders dari Indonesia.


"Perhelatan Aquabike World Championship bakal mengukir prestasi sejarah baru karena akan dilaksanakan di danau Toba, danau vulkanis terbesar di dunia," ujar Bupati Samosir Vandiko Gultom Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom usai mengikuti press conference di Kantor Kementerian Bidang Kemaritiman dan Investasi


Aquabike World Championship juga menciptakan kolaborasi perdana antara empat Kabupaten di Kawasan Danau Toba.


Semenetara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengharapkan, berbagai kejuaraan dunia yang diselenggarakan di Danau Toba, dapat mendorong pembangunan sport tourism di Indonesia. Apalagi danau Toba telah sukses menyelenggarakan kejuaraan dunia F1 Powerboat pada tahun 2023 ini. 


“Mengingat kesuksesan F1 Powerboat 2023 di Danau Toba yang menjadi stimulus industri olahraga air di Indonesia, ini merupakan amanat dari Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), dan upaya pembangunan sport tourism yang menjadi instrumen penting bagi pemberdayaan ekonomi masyarakat”, ujar Dito.


Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wiroatmodjo menyampaikan, bahwa F1 Powerboat 2023 berhasil menarik 25 ribu pengunjung dengan dampak perekonomian senilai Rp1,7 triliun.


"Kita berharap kesuksesan yang sama seperti F1 Powerboat 2023 dapat terulang pada Aquabike World Championship," tegas  Kartika Wiroatmodjo.


Terpisah, Direktur Marketing InJourney Maya Watono selaku penyelenggara Aquabike World Championship saat konferensi pers menjelaskan akan ada 4 cup dan 2 Championship selama 5 hari pelaksanaan kompetisi.


Adapun ajang ini akan mengambil lokasi mulai dari Kabupaten Karo, Dairi, Samosir, hingga berakhir di Balige.


“Untuk detail acaranya sendiri, kita akan ada 5 hari dengan 5 kategori: ada roundabout, Ski GP, Freestyle, Parallel Slalom, Endurance dan juga ada Special Sky Ladies serta Evening Slalom,” papar Maya.


“Terkait lokasi acara, ini memang luar biasa, dari utara ke selatan, mulai dari Karo Cup, Dairi Cup, Samosir Cup, dan Toba/Balige Cup. Jadi akan ada 4 cup yang diperebutkan dan 2 Championship Endurnace serta Circuit Championship di 4 daerah selama 5 hari,” ujarnya.


Adapun Jadwal dan lokasi event Lake Toba Jetski Aquabike World Championship 2023 :


Hari Rabu, (22 Nov 2023), berlokasi di Pantai Sinalsal, Tongging, Kabupaten Karo.


Hari Kamis, (23 Nov 2023), berlokasi di Dermaga Wisata Pantai Silalahi, Kabupaten Dairi.


Hari Jumat, (24 Nov 2023), berlokasi di Waterfront City Pangururan, Kabupaten Samosir.


Dan Hari Sabtu – Minggu (25-26 Nov 2023) berlokasi di Venue F1 Powerboat, Pelabuhan Mulia Raja Balige, Kabupaten Toba.



(Gb-Ferndt01)