Notification

×

Iklan

Iklan

Jelang Pendaftaran Capres di KPU, Persaingan Kursi RI 1 Panas

3 Okt 2023 | 09:45 WIB Last Updated 2023-10-03T09:17:35Z
Anies Ganjar Prabowo calon RI 1 5 tahun kedepan


GREENBERITA.com - Persaingan kursi RI 1 tahun depan masih panas dan menyisakan berbagai teka-teki, salah satunya terkait koalisi. Terbaru, Anies Baswedan meminang Muhaimin Iskandar dan Partai Demokrat berlabuh memberikan dukungannya pada Prabowo Subianto.


Banyak pihak kini menebak siapa yang akan menjadi pendamping Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. Pergeseran peta koalisi inilah yang membuat persaingan Capres tahun depan masih dinilai sengit.


Aturan tersebut menyatakan bahwa "Pasangan calon diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20% (dua puluh persen) dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25% (dua puluh lima persen) dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya."


Berikut ini rincian syarat presidential threshold yang telah dipenuhi untuk pencalonan presiden dan wakil presiden di Pilpres 2024.


Anies Baswedan

Anies yang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) telah mendapat dukungan tiga partai politik dari parlemen. Ketiganya yakni Partai Nasdem yang memiliki 59 kursi di parlemen, PKB 58 kursi, dan 50 kursi milik PKS.


Dukungan tiga partai politik untuk Anies mengalami penyesuaian usai Partai Demokrat hengkang dan PKB masuk ke KPP. Dengan demikian, Anies lolos presidential threshold dengan adanya 167 kursi parlemen yang mengusung.


Selain itu, dia juga didukung satu partai di luar parlemen yang lolos dan akan mengikuti Pemilu 2024, yakni Partai Ummat.


Parpol koalisi pendukung Anies Baswedan


NasDem: 59 kursi


PKB: 58 kursi


PKS: 50 kursi


Total: 167 kursi



Prabowo Subianto

Setelah mengalami dinamika politik, dukungan untuk Prabowo turut berganti. Saat ini, Prabowo didukung tiga partai politik dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), yakni Partai Gerindra yang memiliki 78 kursi di parlemen, 85 kursi milik Partai Golkar, dan 44 kursi PAN.


Jika digabungkan, Prabowo telah memenuhi syarat untuk ikut bertanding dalam Pilpres 2024 dengan adanya 227 kursi parlemen. Selain itu, Prabowo juga didukung partai dari luar parlemen, yakni PBB dan Partai Gelora.


Keputusan Demokrat dukung Prabowo akan menambah kekuatan 54 kursi di parlemen. Dukungan itu didapatkan Prabowo usai Partai Demokrat memutuskan tak mendukung Anies di Pilpres 2024.


Parpol koalisi pendukung Prabowo Subianto


Gerindra: 78 kursi


Golkar 85 kursi


PAN: 44 kursi


Demokrat: 54 kursi


Total: 261 kursi


Ganjar Pranowo

Ganjar merupakan satu-satunya bakal calon presiden yang bisa diusung PDIP tanpa harus berkoalisi dengan partai lain karena telah memiliki 128 kursi di parlemen. Meski demikian, ada satu partai parlemen lain yang bergabung memberikan dukungan kepadanya dengan 19 kursi, yakni PPP.


Jika ditotal, Ganjar memiliki 147 kursi yang siap mendukungnya di Pilpres 2024. Meski demikian, ada beberapa partai lain di luar parlemen yang turut mendukung Ganjar, seperti Perindo dan Partai Hanura.


Parpol koalisi pendukung Ganjar Pranowo


PDIP: 128 kursi


PPP: 19 kursi


Total: 147 kursi

(GB-RDM)