Notification

×

Iklan

Iklan

Wali Kota Siantar Sampaikan Nota Jawaban Atas Tanggapan Pemandangan Umum Fraksi di DPRD

13 Sep 2023 | 09:31 WIB Last Updated 2023-09-13T02:37:01Z

Wali Kota Siantar Sampaikan Nota Jawaban Atas Tanggapan Pemandangan Umum Fraksi di DPRD







GREENBERITA.com - Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA mengapresiasi tanggapan, pertanyaan, saran, harapan, imbauan, dan masukan yang telah diberikan melalui Pemandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD kota Pematang Siantar.



Hal ini disampaikan dr Susanti dalam Penyampaian Nota Jawaban Wali kota  Pematang Siantar Atas Tanggapan dalam Bentuk Pemandangan Umum Fraksi DPRD Kota Pematang Siantar terhadap Ranperda tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran (TA) 2023 di Gedung Harungguan DPRD Kota Pematang Siantar, Selasa (12/09/2023) sore. 



Dalam nota jawabannya, dr Susanti menyadari hal-hal yang disampaikan fraksi-fraksi merupakan gambaran kepedulian dan komitmen yang kuat antara DPRD dan Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar, yang mencerminkan rasa tanggung jawab bersama dalam rangka meningkatkan kinerja untuk mensukseskan tugas-tugas penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pembinaan kemasyarakatan untuk mewujudkan masyarakat Kota Pematang Siantar yang Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas.  



dr Susanti pun menjawab seluruh pertanyaan yang disampaikan sebelumnya melalui Pemandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD Kota Pematang Siantar.



Secara garis besar, menjawab Fraksi Partai Demokrat, tentang program yang akan dilakukan Pemko Pematang Siantar terkait layanan dasar seperti pendidikan, kesehatan, dan perekonomian di P-APBD, dr Susanti  menyampaikan pengelolaan belanja diarahkan pada program dan kegiatan yang benar-benar merupakan prioritas pembangunan untuk Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas. Inu sesuai  tema Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023, yakni peningkatan kualitas kesehatan, pendidikan, dan ekonomi masyarakat.  



Terkait pertanyaan Fraksi PAN Persatuan Indonesia dalam mendukung Kota Pematang Siantar sebagai kota yang menjunjung tinggi toleransi dan kearifan lokal, dr Susanti menegaskan Pemko Pematang Siantar tetap berkomitmen dan selalu berupaya agar Kota Pematang Siantar menjadi kota toleran yang diimplementasikan dalam setiap keagamaan, kebudayaan, dan kepemudaan. 



Selanjutnya, menanggapi pemandangan umum Fraksi Partai Golkar, dr Susanti menegaskan sudah menjadi komitmen bersama sebagai wujud tanggung jawab Pemko Pematang Siantar bagi kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat. 



Sementara itu, menjawab pemandangan umum Fraksi Partai Hanura terkait lebih selektif dalam pelantikan pejabat di lingkungan Pemko Pematang Siantar, dr Susanti menjelaskan proses pengangkatan pegawai dalam suatu jabatan tertentu tetap dilakukan dengan selektif dan hati-hati. Juga mempedomani peraturan dan ketentuan yang berlaku sesuai syarat dan kompetensi yang dimiliki pegawai tersebut, serta memenuhi syarat untuk menduduki jabatan tertentu.



Menanggapi pemandangan umum Fraksi Partai Gerindra mengenai keluhan dan laporan warga terkait seringnya air Perumda Tirta Uli tidak mengalir khususnya di siang hari, dr Susanti mengutarakan Pemko Pematang Siantar akan selalu berupaya mendorong Perumda Tirta Uli agar lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. 



Kemudian, menanggapi pemandangan umum Fraksi PDI Perjuangan terkait permasalahan kemacetan di Jalan Sisingamangaraja menuju Simpang Dua, dr Susanti menjelaskan dalam mengatasi kemacetan di jalan tersebut, Pemko Pematang Siantar melaksanakan rekayasa lalu lintas dengan pengalihan arus lalu lintas melalui penggunaan jalur alternatif, yaitu Jalan Manunggal, Jalan Bahkora dan ring road (jalan lingkar).



Selanjutnya, menjawab pemandangan umum Fraksi Partai NasDem terkait strategi agar Silpa APBD TA 2023 ditekan seminimal mungkin, atau bahkan menjadi nol, dr Susanti menjelaskan penyediaan anggaran pada SKPD harus terukur dan disesuaikan dengan kebutuhan nyata pada masing-masing kegiatan.



"Pemerintah kota secara terus-menerus dan konsisten melakukan langkah-langkah percepatan penyerapan anggaran tahun 2023," tukas dr Susanti. 



Hadir pada kegiatan ini, Ketua DPRD Kota Pematang Siantar Timbul Marganda Lingga SH, Wakil Ketua DPRD Ronald Darwin Tampubolon SH, sejumlah anggota DPRD, para Staf Ahli, Asisten, para pimpinan OPD, dan camat. 




(GB -RizalDM)