Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Bingung Sapa Nama Bawaslu Samosir, Ternyata Belum Pernah Beraudiensi

13 Sep 2023 | 14:04 WIB Last Updated 2023-09-13T10:00:23Z

Bupati Kebingungan Sapa Nama Bawaslu Samosir, Ternyata para Anggota Bawaslu Samosir Belum Pernah Beraudiensi 


GREENBERITA.com - Bawaslu Kabupaten dan Kota se-Sumatera Utara telah dilantik secara serentak di Bawaslu RI pada Agustus 2023 yang lalu.


Dan sebagai penyelenggara Pemilu yang beretika, Ketua  dan Anggota Bawaslu se-Sumatera Utara melakukan pertemuan beraudensi kepada kepala daerah baik Bupati dan Wali Kota guna memperkenalkan diri sebagai bagian adat masyarakat ketimuran.


Seperti Bawaslu Kota Siantar misalnya, melakukan audensi menemui kepala daerah nya pada 03 September 2023 yang lalu.


Namun tidak demikian dengan Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Samosir yang sampai pada Rabu, 13 September 2023 tidak melakukan audensi untuk memperkenalkan dirinya kepada kepala daerahnya yaitu Bupati Samosir.


Hal itu terungkap ketika Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom kebingungan menyebut nama Ketua Bawaslu Samosir dalam sambutannya pada acara Pelaksanaan Kunjungan Kerja Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Samosir menjelang Pemilu 2024.


"Yang saya hormati Bawaslu Samosir, Oh ya siapa namanya ya, kita belum pernah bertemu dalam audensi yah?" tanya Vandiko Timotius Gultom.


Hal tersebut secara sontak membuat para peserta yang terdiri dari Kepala Desa dan Perangkat Desa di seluruh Kecamatan Ronggur Nihuta, Pangururan dan Simanindo senyum kecut.


"Sungguh tidak beretika bila penyelenggara pemilu tidak melakukan audiensi kepada kepala daerah nya, bukan berarti beraudensi mengenalkan diri dan bersilaturahmi menjadi terganggu netralitasnya," cetus seorang kepala desa dari Simanindo yang tidak bersedia disebutkan namanya.


Ketika hal tersebut dikonfirmasi kepada Ketua Bawaslu Samosir terpilih, Robinson Simarmata, langsung pergi dari ruang pertemuan Aula Manihuruk.



(Gb-Ferndt01)