Notification

×

Iklan

Iklan

Ada Bunga Desa di Sipira, Bupati Samosir: Pupuk Ada Sudah Kita Bagi, Stop Ngeluh di Medsos

7 Sep 2023 | 17:36 WIB Last Updated 2023-09-07T13:09:41Z
Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom tegaskan bahwa pupuk organik sudah disalurkan ke desa-desa di Kabupaten Samosir, (7/9/2023)




GREENBERITA.com - Program Bupati Samosir Ngantor di Desa (Bunga Desa) berlanjut kembali dan kali ini digelar di Desa Janji Matogu dan Desa Sipira, Kecamatan Onan Runggu, Kamis 07 September 2023.


Bunga Desa adalah sebuah pola pelayanan dari Bupati Samosir Vandiko Gultom untuk mendengarkan apa yang menjadi keluhan warganya serta sekaligus membawa pelayanan langsung dari beberapa SKPD seperti Kesehatan, Pertanian, KB, Dukcapil, Perijinan dan lainnya.


Di Desa Sipira, usai disambut seribuan rakyatnya, Vandiko Timotius Gultom menyinggung tegas pihak-pihak yang selalu mengeluh dan berkoar tak ada pupuk dikalangan petani.


Bupati Samosir mengaku Dinas Pertanian sudah melakukan pembagian sekaligus pelatihan penggunaan pupuk organik kepada kelompok tani (Poktan) di desa-desa.


"Jadi saya tidak mau nanti ada yang berkoar koar di sosial media tidak ada pupuk, kalau ada yang mengatakan itu berarti dia malas, saya pastikan," ujar Vandiko Gultom.


Vandiko Gultom mengklaim bahwa penggunaan pupuk organik hasilnya tidak kalah dengan pupuk kimia dengan bukti di beberapa kelompok tani seperti Poktan Siriaon dan lainnya di Desa Onan Runggu.


"Bahkan bila masyarakat bisa membuat sendiri pupuk organik cair, bisa kita jual menambah perekonomian masyarakat Petani, biarlah mereka yang malas itu yang membelinya," jelas Vandiko Gultom.


Dia menginstruksikan kepada Dinas Pertanian dan Kepala Desa Sipira untuk menempelkan Pupuk Cair tersedia di desanya.



Hadir pada acara Bunga Desa di Sipira Anggota DPRD Samosir Parluhutan Samosir dan Magdalena Sitinjak, Asisten I Pemkab Samosir Tunggul Sinaga, Kadis Pendidikan Jonson Gultom, Kadis Kesehatan Dr Dina Hutapea, Kadis Pariwisata Tety Naibaho, Kadis Perijinan Pilipi Simarmata dan OPD lainnya serta Kades Sipira Pahala Hutabalian, Danramil Nainggolan Kapten Inf Judiar Sinaga dan Camat Onan Runggu Agus Bonar P Gultom.



(Gb-Ferndt01)